Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Belajar Coding untuk Anak Bersama HACKTIV8

1 komentar
Belajar coding untuk anak

Perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini membuat profesi progammer banyak diminati orang. Perkembangan teknologi khususnya perangkat lunak tidak terlepas dari peran para programmer. Sebab progammer tersebut telah mengkoding aplikasi tersebut. Lalu apa yang dimaksud dengan coding? Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman.

Saat ini untuk belajar coding bisa dilakukan sejak usia anak-anak. Bagi anak-anak belajar coding untuk anak sangat bagus untuk mengembangkan imajinasi dan saraf motoriknya. Tidak hanya itu skill ini juga akan sangat bermanfaat buat masa depannya. Karena ke depan teknologi akan semakin berkembang dan profesi menjadi progammer cukup menjanjikan. Untuk belajar coding anak bisa mengambil kursus coding untuk anak ataupun les coding anak.

Manfaat belajar coding bagi anak 

Berikut ini adalah manfaat belajar coding untuk anak;

1. Membekali anak dengan skill di bidang IT sejak dini

Ke depannya jenjang karir di bidang perangkat lunak cukup menjanjikan, agar memenangkan persaingan maka harus memiliki keahlian di bidang IT. Jika sejak kecil sudah belajar tentang coding maka kemampuannya akan terasah dengan baik. Sehingga bisa memenangkan persaingan di dunia kerja.

2. Mengembangkan cara berfikir dalam menyelesaikan masalah

Belajar coding akan membuat anak belajar menyelesaikan permasalahan dan juga mencari langkah agar sebuah aplikasi dapat bekerja. Kemampuan ini akan membuat anak terbiasa dalam menghadapi masalah dan anak akan menjadi lebih mandiri.

3. Mampu berfikir logika

Saat belajar coding anak-anak akan dihadapkan pada masalah melalui media game dimana untuk menyelesaikannya harus menggunakan logika berfikir.

4. Menumbuhkan kreativitas anak

Coding menjadi salah satu wadah untuk menyalurkan kreativitas anak. Sebab coding akan membuat anak mengeksplor ide-ide yang dimilikinya. Misalnya saja, jika saya melakukan cara A hasilnya seperti apa? Lalu kalau cara B yang saya lakukan apakah hasilnya sama atau lebih cepat?

5. Membantu anak berinovasi

Ketika anak belajar coding anak akan belajar untuk membaca peluang disekitarnya. Dari sini kemudian anak akan berinovasi untuk menemukan solusi cerdas dengan menggunakan teknologi yang ia kuasai.

Mengingat manfaat belajar coding untuk anak sangat banyak. Maka sebagai orang tua kita perlu membekali anak kita dengan skill tersebut demi kebaikan masa depannya.

Sebagai orang tua mungkin kita kebingungan untuk mencari tempat belajar coding untuk anak SD-SMP yang tepat bagi anak. Hal ini juga saya alami, bersyukur kemarin saya mendapat informasi dari teman mengenai tempat kursus coding untuk anak. Tempat kursus tersebut adalah HACKTIV8. Lewat HACKTIV8 saya bisa memberikan les coding anak dengan mudah sebab bisa dilakukan secara online. Jadi saya tidak perlu susah-susah lagi mencari sekolah coding anak.

Lewat HACKTIV8 kita juga bisa menambah wawasan tentang coding dengan membaca artikel yang telah diterbitkannya. Selain menambah wawasan dan memudahkan kita untuk memahami materi tentang dunia coding,  artikel tersebut juga membuat kita semakin bersemangat dalam belajar coding.

Mengenal HACKTIV8

HACKTIV8 adalah Program pembelajaran untuk pemula yang ingin menjadi seorang Full Stack Developer.

HACKTIV8 adalah coding bootcamp pertama di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR).

CIRR adalah standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada siswa merupakan hal yang sangat penting. Sehingga siswa dapat mengetahui sejauh mana kemapuan yang mereka miliki.

Dalam HACKTIV8 untuk belajar coding buat anak melalui HACKTIVKIDZ. HACKTIVKIDZ  adalah tempat untuk mengenalkan keterampilan coding pada anak dengan konsep PictoBlox yang memungkinkan mereka membuat program sendiri dengan animasi.

Belajar coding untuk anak SD-SMP

Keuntungan belajar coding di HACKTIVKIDZ

Adapun keuntungan belajar coding buat anak di  HACKTIVKIDZ adalah sebagai berikut;

1. Kelas imajinatif

2. Anak dapat mengikuti kelas yang sesuai dengan kemampuan mereka.

3. Instruktur seru

4. Ada instruktur yang senantiasa menemani anak selama mengikuti kelas.

5. Pelajaran disampaikan dengan cara  menarik

6. Mengajarkan anak untuk memiliki pola pikir yang kritis dan sistematis.

7. Belajar sambil bermain sehingga membuat anak tidak bosan

8. Membebaskan anak berimajinasi dalam praktik membuat program.

Dengan demikian belajar coding untuk anak jadi mudah dan menyenangkan. Sebab penyampaiannya dilakukan dengan cara menarik dan sambil bermain.

Kurikulum yang didapat saat mengikuti kursus

Ada 3 kurikulum yang terdapat dalam HACKTIVKIDZ, yaitu Animation, Art dan games

Untuk kurikulum animation materinya meliputi;
1. Belajar block coding dengan animasi
2. Pengenalan coding dasar
3. Membuat animasi dengan aplikasi Pictoblox
4. Memberikan efek suara pada animasi
5. Membuat program animasi dengan storytelling

Sedangkan untuk kurikulum art materinya meliputi;
1. Belajar menggambar dengan coding
2. Memainkan efek suara pada animasi
3. Menggambar animasi dengan aplikasi Pictoblox
4.  Memberikan berbagai latar dengan animasi

Adapun kurikulum games, materinya adalah sebagai berikut;

1. Belajar logika programming

2. Mengenalkan konsep komputer untuk membuat game

3. Praktik coding dasar untuk membuat game

4. Membuat game sederhana dengan aplikasi PictoBlox

Untuk anak saya kemarin saya mengambil kursus games. 


Sekolah coding anak


Review HACKTIVKIDZ

Untuk bisa belajar coding tidak memerlukan syarat khusus, syaratnya cukup mudah yaitu niat. Jadi bagi siapa saja yang memiliki niat yang gigih untuk belajar coding dari yang terbaik maka kedepannya akan bisa dengan mudah menemukan pekerjaan di bidang industri teknologi. Dan inilah yang saya sampaikan pula kepada anak saya. Meskipun masih kecil tetapi ia harus bersemangat untuk belajar guna meraih masa depan yang lebih baik.

Terlebih ada banyak manfaat yang diperoleh dari penerapan ilmu melalui kursus yang dipelajari. Misalnya saja belajar coding untuk anak salah satunya adalah menjadikan anak problem solver. Ketika anak sudah terbiasa menyelesaikan masalah yang dihadapinya maka nantinya anak akan menjadi tangguh dan tidak mudah menyerah. Selain itu juga ketika menemukan kesulitan ia akan belajar untuk mencari langkah penyelesaian dari masalah yang dihadapinya.


Nah berkaitan dengan belajar coding tersebut, Beberapa hari yang lalu anak saya mengikuti kelas membuat game untuk melatih motorik anak. Berikut ini adalah review HACKTIVKIDZ setelah anak saya mengikuti kelasnya.

Sebelum menulis tentang review HACKTIVKIDZ saya akan bercerita alasan saya mengikutkan anak untuk belajar coding. Adapun alasan saya mengikuti anak saya untuk belajar coding adalah agar ia memiliki skill yang berguna untuk masa depannya. Jujur ini merupakan pengalaman pertama bagi anak. Karena anak saya tinggal di desa maka belum terbiasa dengan coding ini. Sehingga saat menawarkan kelas ini kepada anak, saya harus secara detail menjelaskan apa saja yang akan dipelajari didalam kelas tersebut.

Mendengar penjelasan saya anak saya cukup antusias dan tidak sabar menunggu kelas dimulai. Saat kelas dimulai anak saya awalnya cukup kebingungan karena memang hal pertama untuknya. Untuk mengatasi kebingungannya kemudian saya coba untuk membantunya. Tak lama setelah itu anak saya cukup bisa mengikuti instruksi dari instrukturnya. Apalagi memang instrukturnya sangat sabar dan telaten. Jadi kalau ada anak yang ketinggalan atau mengalami kebingungan ia akan dengan sabar mengulang kembali materi yang diberikan. Maka dengan demikian anak saya yang awalnya kebingungan perlahan-lahan bisa mengikuti materi dengan baik. 

Dalam mengikuti kelas ini anal saya cukup antusias. Apalagi kelas coding ini memang membuat project dimana project tersebut harus dihasilkan saat itu juga. Karena hal inilah anak saya sangat termotivasi sekali agar bisa menyelesaikan project tersebut. Ketika anak saya berhasil menyelesaikan project tersebut tampak sekali raut kebahagiaan diwajahnya. Seolah-olah ia baru saja memenangkan sebuah perlombaan. 

Melihat hal ini tentunya saya sangat senang sekali. Mengingat ini adalah hal yang baru pertama kali ia pelajari dan ia bisa mengikuti dengan baik yang dibuktikan dengan adanya sebuah project yang dihasilkan. Menariknya lagi di akhir kursus ada lembar penilaian bagi anak untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak terkait materi yang diberikan. Sehingga orang tua bisa dengan mudah memantau hasil dari kursus anak.

Belajar coding untuk anak

Kesan saya, saya cukup senang dengan metode pembelajaran yang diberikan. Karena membuat anak yang awalnya sama sekali tidak mengenal coding bisa dalam waktu singkat mempelajari coding dan menghasilkan project. Bagi saya ini adalah kursus yang langsung memberikan hasil nyata. Kelebihannya lagi ada evaluasi terhadap penyampaian materi. Sehingga saya sebagai orang tua bisa mengetahui materi apa yang belum dikuasai anak saya. Bagi saya Hacktiv8 adalah sekolah coding anak yang sangat recommended.

Nah bagi mom yang ingin membekali anaknya dengan skill di bidang IT,  tidak perlu bingung mencari sekolah koding anak, yuk ikutan kelas trial gratis di HACKTIVKIDZ tanggal 18 Desember 2021. Kelas ini bisa digunakan untuk belajar coding untuk anak SD-SMP. Kelasnya menarik dan instrukturnya akan mendampingi anak hingga anak menyelesaikan projectnya. Yuk buruan ya mom daftar, jangan sampai terlewat. 

Related Posts

1 komentar

  1. dijaman sekarang krn apa2 udh digital, jdi kita harus melek sama urusan koding mengoding ya kak. duh jdi pengen aku ngelanjutin elmu coding ke javascript dulu yg kode html udh bsa insyaAllah.

    BalasHapus

Posting Komentar