Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Yuk, Lakukan Kebaikan Bersama Lembaga Filantropi Terpercaya Milik Masyarakat Indonesia

Melakukan hal baik ternyata tidak hanya membuat orang lain bahagia tetapi juga memberikan kebahagiaan bagi pihak yang memberi. Berbuat baik memiliki dampak yang besar dalam menjaga kesehatan mental seseorang. Ketika melakukan kebaikan kita akan belajar menjadi orang yang lebih berempati, kemudian juga menjadi pribadi yang lebih bersyukur lagi. Dan dampak terbesar yang dapat kita rasakan adalah kita bisa merasakan ketenangan dan juga kedamaian. 

Bahkan bagi orang yang sedang mengalami sakit melakukan kebaikan bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kesembuhan. Dan hal ini pernah saya rasakan sendiri. Ketika itu saya sedang mengalami sakit dan sakit saya tidak kunjung sembuh. Kemudian saya mencoba melawan penyakit tersebut dengan melakukan kebaikan. Karena kondisi sedang sakit tidak banyak hal baik yang bisa saya lakukan. Adapun beberapa kebaikan yang saya lakukan adalah melakukan berdonasi. 

Ternyata setelah melakukan donasi saya merasakan kondisi tubuh menjadi lebih baik. Saya merasa memiliki manfaat dan merasa hidup saya memiliki arti. Dari perasaan inilah kemudian saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Hal ini selanjutnya membuat saya menjadi lebih bersemangat dan semakin hari kondisi tubuh semakin membaik. 

Manfaat berbuat kebaikan

Selain hal di atas tadi tentunya ada banyak manfaatkan positif yang bisa kita rasakan jika melakukan kebaikan. Lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa manfaat positifnya;

Mendatangkan kebahagiaan

Telah banyak orang yang membuktikan bahwa bersikap baik kepada orang lain membawa kebahagian di hati. Jadi jika kalian terus menerus merasa takut ataupun cemas. Untuk mengatasinya coba lakukan suatu kebaikan? Kemudian rasakan dalam hati dan pastinya kita akan merasa tenang dan bahagia. Ini juga berlaku untuk orang-orang yang terus-menerus mengkhawatirkan banyak hal. Kita dapat mengatasi rasa khawatir ini dengan bersikap baik kepada orang lain. Cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengubah suasana hati kita, sebab perbuatan baik dapat mengalihkan perhatian kita dari semua masalah yang kita alami. Sehingga stres berkurang dan hidup akan lebih damai dan tenang.

Meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Salah satu manfaat terbesar dari berbuat baik untuk diri sendiri adalah dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental kita dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya. Berbuat baik tidak hanya bisa meringankan beban orang lain tetapi juga bermanfaat bagi kita, sebab kita merasa berguna. 

Ketika melakukan hal-hal baik kita akan mendapatkan energi positif dan energi tersebut menyebar ke seluruh bagian tubuh termasuk juga mempengaruhi emosi. Ini jelas meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Karena melakukan kebaikan membuat suasana hati menjadi baik. Sehingga sistem imun akan meningkat sehingga dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit

Terbebas dari pikiran-pikiran negatif

Berbuat baik akan membuat kita tenang dan tentram, tentunya hal ini akan menjauhkan kita dari pikiran-pikiran negatif. Karena orang yang selalu berbuat baik seringkali memiliki keinginan untuk melihat masalah dengan bijak. Jadi, meskipun dalam kehidupannya memiliki banyak masalah, selama pikiran bijak dan positif. Maka sebesar apapun masalah yang dihadapi akan terasa ringan karena prioritas hidup mereka adalah berbuat kebaikan bukan masalah yang dihadapi. 

Berefek Positif pada Otak

Disaat melakukan kebaikan misalnya membantu seseorang yang memerlukan pertolongan. Maka secara ilmiah hal ini dapat meningkatkan kerja serotonin, neurotransmiter yang memiliki peranan penting dalam kebahagiaan dan kesejahteraan dalam diri seseorang. Selain itu jua ketika berbuat baik, secara alami tubuh juga akan melepaskan endorfin hal ini akan meningkatkan mood. Sehingga kita akan lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas harian kita. 

Mendatangkan kebaikan untuk diri sendiri

Ketika melakukan sebuah kebaikan maka kebaikan yang kita lakukan akan kembali ke diri kita melalui cara berbeda. Misalnya dalam bentuk kesehatan, kebahagiaan keluarga ataupun kesuksesan dalam hidup. Maka dari itu kita tidak boleh lelah dalam berbuat kebaikan. 

Melakukan kebaikan bersama Lembaga Filantropi Terpercaya Milik Masyarakat Indonesia

Berbicara tentang kebaikan ada banyak kebaikan yang bisa kita lakukan, misalnya saja bersikap ramah, tersenyum dan juga menolong orang lewat donasi. Di era digital ini kita sangat dimudahkan sekali jika ingin melakukan donasi. Sebab kegiatan tersebut bisa kita lakukan secara online melalui lembaga filantropi. 

Tentunya ketika kita akan melakukan donasi kita harus terlebih dahulu melihat profil dari lembaga tempat donasi tersebut. Pastikan lembaga filantropi tersebut amanah dan kredibilitasnya terpercaya. 

Adapun lembaga filantropi terpercaya milik masyarakat Indonesia untuk menyalurkan donasi ataupun zakat adalah Rumah Zakat. 

Profil Rumah Zakat

Sebelum menjadi Rumah Zakat nama awalnya adalah Dompet Sosial Ummul Quro (DSUQ) yang terbentuk pada 2 Juli 1998. Selanjutnya sejak 2007, Rumah Zakat mendapat legalitas sebagai LAZNAS melalui Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 42 Tahun 2007.

Rumah Zakat adalah lembaga filantropi milik masyarakat Indonesia yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana kemanusiaan lainnya secara lebih profesional dengan menitikberatkan program pendidikan, kesehatan, pembinaan komunitas dan pemberdayaan ekonomi sebagai penyaluran program unggulan.

Adapun visi dari Rumah Zakat adalah Lembaga filantropi internasional berbasis pemberdayaan yang profesional. Sedangkan misinya adalah Berperan aktif dalam membangun Jaringan filantropi internasional, memfasilitasi kemandirian masyarakat dan mengoptimalkan seluruh aspek sumber daya melalui keunggulan insani

Program Rumah Zakat

Adapun program dari Rumah Zakat diantaranya adalah sebagai berikut

Desa Berdaya 

Desa Berdaya ditujukan sebagai pendekatan program pemberdayaan wilayah binaan berdasarkan pemetaan potensi lokal dan mengintegrasikanya, sehingga mempercepat pemberdayaan masyarakat, dari mustahik menjadi muzaki.

Beasiswa Juara

Melalui ini , Rumah Zakat mengajak kita semua untuk turut serta membantu 10.000 anak asuh yatim dan dhuafa agar memperoleh pendidikan yang layak.

Sekolah Juara

Sekolah Juara adalah program kolaborasi bersama mitra membangun sekolah gratis berkualitas bagi anak-anak dari keluarga pra sejahtera.

Program ini bertujuan untuk mengurangi angka putus pendidikan formal bagi anak usia sekolah dengan jenjang SD, SMP, dan SMK. 

Ramadhan Berdaya

Melalui program ini Rumah Zakat memfasilitasi para donatur untuk Berbagi di bulan ramadhan dengan program istimewa antara lain Berbagi Buka Puasa (BBP), Kado Lebaran Yatim (KLY), Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK) Syiar Quran (SQ), dan Ramadhan Bebas Hutang (RBH).

Wakaf

Dengan program ini Rumah Zakat mengelola Wakaf produktif, adapun wakaf produktif akan disalurkan dalam bentuk wakaf kebun produktif, wakaf klinik, wakaf infrastruktur desa, dan program lainnya.

Donasi Bencana dan Kemanusiaan

Melalui program ini, Rumah Zakat turut aktif dalam upaya menanggulangi dampak bencana dan krisis kemanusiaan.

Sebagai lembaga yang amanah dan terpercaya, Rumah Zakat telah banyak mendapatkan penghargaan baik nasional maupun global. Adapun penghargaan yang sudah diraih diantaranya adalah Rumah GIFA Awards 2020 kategori Zakat Management, Global Good Governance Award 2021 dan 2022 untuk kategori Excellence in Social Impact dan Best Social Responsibility.

Melihat kredibilitas dan penghargaan yang sudah diraihnya tentunya kita tidak ragu lagi untuk melakukan donasi melalui rumah zakat. 

Berdonasi dan bayar zakat melalui Rumah Zakat

Jika kita ingin melakukan donasi melalui Rumah Zakat. Ada banyak jenis donasi yang kita pilih mulai dari donasi untuk yatim dhuafa, bencana banjir, renovasi masjid dan masih banyak lagi lainnya. Kita bisa memilih sendiri sesuai dengan keinginan kita. Rumah Zakat cukup transparan terkait dengan jumlah dana yang terkumpul sebab dimasing-masing donasi tercantum total pengumpulan dananya. 

Menariknya lagi platform rumah Zakat juga menyediakan kalkulator zakat. Lewat kalkulator zakat ini kita bisa lebih mudah untuk menghitung zakat penghasilan, tabungan, perdagangan dan emas yang harus kita keluarkan. 

Untuk lebih memudahkan kita dalam melakukan donasi rumah zakat menghadirkan aplikasi DIS (Digital Islamic Style Rumah Zakat) yang bisa diunduh melalui PlayStore. Aplikasi ini akan memudahkan kita dalam melakukan donasi kapanpun dan dimanapun. Dengan kemudahan ini tentunya akan membuat kita untuk lebih bersemangat dalam berdonasi. 

Yuk, lakukan donasi dan bayar zakat mudah klik http://rumahzakat.org/donasi. Jangan lelah berbuat kebaikan dan mari berlomba-lomba untuk berbuat baik. 




Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar