Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Rahasia Membuat Website Sukses

Apa itu website dan domain? 

Hadirnya internet mempermudah kita untuk mendapatkan informasi. Sekarang berbagai macam informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet. Kita tinggal mengetikkan nama domain dari website yang menyajikan berita yang kita inginkan. 

Lalu pertanyaan selanjutnya apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan website dan domain? 

Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang terdapat dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam World Wide Web (WWW) di internet. Adapun fungsi utama dari website adalah menyampaikan informasi. 

Sedangkan domain adalah alamat yang akan mengantarkan kita ke website yang dituju. Pada dasarnya, domain merupakan pengganti dari penggunaan alamat IP yang berupa kombinasi angka. 

Saat ini jumlah website bertambah banyak sehingga membuat kombinasi angka pada alamat IP semakin sulit dihafal pengguna. Maka untuk mempermudah pengguna dibuatlah sistem penamaan dengan domain. 

Jika kita ini ingin berbagi informasi yang kita miliki atau ingin membangun bisnis kita bisa menggunakan website. Dengan website informasi yang akan kita sampaikan akan lebih mudah tersampaikan ke publik, tidak hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri. 

Tertarik untuk membuat website? Yuk simak informasi berikut ini! 

Rahasia membuat website sukses

1. Menentukan tujuan pembuatan website

Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum membuat website adalah menentukan jenis website. 

Apakah itu akan menjadi situs web e-niaga yang gunakan untuk menjual produk?

Apakah web tersebut digunakan untuk mempromosikan layanan?

Apakah website tersebut kita gunakan untuk menuliskan pendapat dan ide yang kita miliki? 

Dengan mengetahui tujuan pembuatan website makan akan memudahkan kita untuk menentukan nama domain dan juga desainnya. 

 2. Menentukan nama domain

Pemilihan nama domain ini juga memiliki peranan penting dalam menjaring pengunjung. Maka dari itu nama domain harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan website. Lalu bagaimana caranya memilih domain yang bagus. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan ketika akan memilih nama domain;

  • Mengambarkan isi dari website kita
  • Mudah diingat
  • Sangat mudah untuk dieja.
  • Idealnya di bawah 14 karakter; tetapi semakin pendek, semakin baik
  • Bebas dari angka, tanda hubung, atau karakter tidak biasa lainnya.
  • Memiliki ekstensi yang diakui dan dapat dipercaya 

Selain itu juga sebaiknya pilih domain yang ramah SEO yang menyertakan salah satu kata kunci terpenting dari website kita. 

3. Menentukan layananan hosting

Hosting atau web hosting adalah tempat penyimpanan semua file dan data website agar banyak orang dapat mengaksesnya secara online. File dan data website dapat berupa video gambar email teks aplikasi dan database.

Hosting memiliki peran penting bagi website dan bisnis. Adapaun perannya adalah untuk menjamin proteksi situs, menjaga performanya, hingga meningkatkan kredibilitas bisnis online. Maka dari kita harus pintar-pintar memilih penyedia hosting terbaik. Usaha sebisa mungkin untuk pilih hosting yang menjanjikan uptime hingga 99% sehingga situs bisa terus menyala 24 jam. Selanjutnya, pastikan juga data center-nya terbaik agar kita website aman dan lancar.

4. Gunakan VPS

VPS (Virtual Private Server) adalah server virtual untuk menyimpan data dan file di situs web Anda. VPS umumnya digunakan untuk situs web yang membutuhkan banyak sumber daya. Ini karena pengguna tidak harus berbagi sumber daya dengan situs lain seperti dengan shared hosting.

Jika kita menggunakan VPS maka keuntunganannya adalah lebih cepat dan andal daripada server shared hosting. Selain itu juga privasi lebih terjamin. Saat ini harga VPS bervariasi tetap jika jeli kita bisa mendapatkan VPS harga murah dengan kualitas yang bagus. 

5. Gunakan Responsive Web Design

Langkah selanjutnya adalah membuat tampilan halaman website secara responsive. Sehingga nantinya tampilan website kita akan menyesuaikan ukurannya jika dilihat diberbagai macam perangkat berbeda. Sekarang ini orang lebih banyak penggunaan mobile dibandingkan penggunaan desktop. Maka dari itu Responsive web design itu 100% harus. Agar pengguna nyaman saat mengunjungi website kita

6. Gunakan Logo, Font & Warna

Ketika membuat website kita harus konsisten dalam menampilkan logo, font, warna & bahasa. Karena hal ini akan menjadi indentitas atau branding dari website kita. Maka dari itu kita tidak boleh asal menganti logo ataupun font, warna dan bahasa. Sebab itu akan mempengaruhi reputasi kita. 

7. Gunakan Foto Yang Eye-Catching 

Website tidak hanya berisi tulisan saja, agar tampilan lebih menarik kita bisa menambahkan gambar dalam website kita. Jadi pilihlah foto-foto yang bagus yang menggambarkan informasi yang disampaikan oleh website kita. 

8. Gunakan Navigasi Yang Jelas dan Tersusun Rapi 

Salah satu alasan orang tidak berlama-lama di website kita adalah karena navigasi yang tidak jelas. Maka dari itu kita harus membuat yang navigasinya mudah agarpara pengunjung betah untuk mengekplorasi halaman isinya dan mendapatkan lebih banyak informasi. 

Kesimpulan

Jika kalian ingin beli nama domain dan sekaligus mencari harga VPS murah, maka Niagahoster adalah pilihan terbaik. Sebagai bagian Hostinger Group, Niagahoster menjadi tempat beli domain dan VPS hosting terpercaya di Indonesia. 

Di kalangan developer, saat ini Niagahoster sudah sangat populer. Hal ini karena reputasi layanannya yang bagus. Hingga saat ini Niagahoster sudah dipercaya ribuan klien sebagai penyedia domain dan hosting terbaik dalam negeri. Di Niagahoster tersedia berbagai macam pilihan domain untuk segala keperluan dengan harga yang sangat terjangkau. Kita bisa dengan mudah menemukan domain nasional, internasional dan populer. 

Tidak hanya lengkap dan murah, Niagahoster juga memberikan layanan support 24 Jam dan menyediakan kontrol penuh terhadap domain yang sudah kita beli. Selain itu Niagahoster juga sudah terdaftar dan terakreditasi di lembaga resmi ICANN. Jadi gak perlu lagi untuk membeli domain dan VPS hosting di Niagahoster. 



Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar