Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Alasan Website Harus SSL

 

Untuk melindungi website kita, penggunaan sertifikat SSL sangatlah penting. Kenapa penting? Hal ini karena berkaitan dengan dengan informasi atau data penting yang harus kita lindungi. Terlebih untuk website e-commerce yang memiliki data penting pelanggan, tentunya sangat berbahaya jika sampai data tersebut bocor lalu disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Apa yang di maksud dengan SSL? 

Sebelum membahas lebih lanjut alasan website harus SSL, kita harus terlebih dahulu memahami pengertian SSL. SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer yang merupakan suatu lapisan keamanan yang berfungi untuk melindungi kegiatan transfer data dalam website. Sehingga transfer data dalam website tersebut aman dan terenkripsi. Ketika sebuah website menggunakan SSL akan ditandai dengan alamat url yang berubah dari http menjadi https. 

Saking pentingnya SSL bagi website, Google Chrome melabeli website yang tidak menggunakan SSL sebagai Not Secure. Adanya label Not Secure merupakan usaha dari Google agar website menggunakan SSL. Ketika website kita menggunakan SSL maka pengunjung akan merasa aman saat melakukan transfer data. 

Alasan penting website perlu sertifikat SSL

Pada intinya, penggunaan SSL diperlukan untuk mengamankan website kita dari ancaman keamanan. Selain soal keamanan ada alasan-alasan khusus yang mengharuskan kita menggunakan SSL untuk website. Berikut ini adalah alasan khusus yang dimaksud;

1. Mencegah pencurian data

Penggunaan sertifikat SSL pada website dapat melindungi website kita dari pencurian data. Caranya adalah dengan melakukan sebuah enkripsi atau dengan melakukan filter data yang sensitif agar tidak ada oknum yang berusaha menggunakan data-data kita secara ilegal

2. Website terkesan lebih profesional

Sekarang sudah banyak penggunaan internet yang paham teknologi. Sehingga mereka tahu mana website yang aman dan tidak aman. Menggunakan sertifikat SSL dalam website membuat website terlihat kredibel dan terpercaya di mata pengunjung. 

Selain penggunaan sertifikat SSL, penggunaan top level domain juga salah satu indikator yang menunjukksn bahwa website dikelola secara profesional. Tidak perlu khawatir soal harga domain karena kita bisa cari domain murah yang harganya sesuai dengan kantong kita. 

2. Menghindari kesalahan pengiriman data

Dengan menggunakan SSL, data yang dikirim akan diidentifikasi lalu dicek kebenarannya. SSL akan memastikan bahwa data atau informasi dikirimkan ke server yang seharusnya dituju. Dengan demikian info yang terkirim tidak akan salah kirim dan tidak akan sampai kepada pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab. 

3. Meningkatkan reputasi website

Jika website kita sudah menggunakan SSL, di internet Explorer biasanya akan muncul notifikasi berwujud block berwarna hijau di Adress Bar. Sedangkan di Firefox dan Google Chrome notifikasinya dalam bentuk gembok yang dikunci. 

Adanya notifikasi tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan reputasi website kita di mata pengunjung. Sehingga pengunjung website tidak ragu lagi saat akan mengakses website kita. Begitupun website e-commerce, calon pembeli tidak akan ragu untuk melakukan pembelian di website tersebut. 

4. Menaikkan ranking website pada SERP

Google, sebagai salah satu mesin pencari terbesar, lebih mengutamakan website yang menggunakan SSL untuk ditampilkan pada halaman depan mesin pencarian. 

Ketika website menggunakan SSL, kita dapat meningkatkan performa SEO website kita. Sehingga website kita dapat muncul pada halaman SERP seperti Google. Sehingga dengan demikian traffic website kita juga akan meningkat pesat. 

5. Menghilangkan iklan ISP

Dengan menggunakan SSL makan iklan ISP tidak akan muncul di website kita. Iklan ISP atau Internet Service Provider adalah iklan yang sering kali dimasukkan oleh penyedia layanan internet ke dalam website yang akses oleh pelanggannya. 

Tentunya hal ini cukup merugikan pemilik website, karena iklan tersebut dapat mengganggu pengunjung website kita. Selain itu juga, kode iklan ISP juga dapat merusak tampilan website kita. 

6. Mencegah Not Secure Sites

Ketika sedang mencari sebuah informasi di ini internet lalu web yang kita tuju tampilannya ada tulisan Not Secure Sites. Maka biasanya yang terlintas dipikiran kita adalah website tersebut tidak aman. Sebagai pengguna biasanya kita akan pergi meninggalkan halaman website tersebut. Tentu saja jika itu terjadi pada website kita maka akan berdampak pada turunnya traffic. Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi maka kita harus menggunakan sertifikat SSL dalam website kita. 

7. Mematuhi aturan transaksi di internet

Jika kita memiliki website e-commerce yang menyediakan sistem pembayara menggunakan kartu kredit maka SSL menjadi hal wajib yang harus kita gunakan. Terdapat aturan bernama Payment Card Industry Data Security yang mengharuskan website menggunakan sertifikat SSL. Sebab jika website kita tidak menggunakan SSL lalu terjadi kebocoran data, kita bisa di denda sebesar $5.000 sampai $500.000

Kesimpulan

Di era digital yang serba canggih seperti sekarang ini, menjaga keamanan data sangatlah penting. Jangan sampai data kita bocor lalu disalahkan gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka setelah mengetahui pengertian SSL dan manfaatnya maka kita tidak perlu menimbang banyak hal untuk menggunakannya. Penggunaan sertifikat SSL tidak hanya melindungi website kita tetapi juga melindungi data pengunjung dari ancaman kejahatan siber. 



Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar