Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Ramadhan Bersama Audiobook Storytel

Ramadan bersama storytel

Seiring dengan perkembangan teknologi buku pun ikut bertransformasi. Dulu biasanya untuk membaca buku kita harus membuka satu persatu halaman buku. Sekarang tidak demikian lagi sebab sudah tersedia yang namanya audiobook atau buku audio. Apa itu audio book? Audiobook adalah buku dalam bentuk suara. Biasanya audio book merupakan teks buku yang dibacakan oleh penyuara. Saat ini audio book sedang menjadi treen, sebab memberikan banyak kemudahan. Diantaranya tidak perlu capek-capek lagi membawa buku kemana-mana. 

Untuk mendengarkan audio book caranya juga mudah cukup mendownload aplikasi audiobook melalui PlayStore atau AppStore. Bagi saya hadirnya audiobook Indonesia sangat membantu saya yang sering kali tidak punya banyak waktu untuk membaca buku. Sebab waktunya sering kali habis untuk pekerjaan rumah tangga. Tidak dipungkiri pula bahwa keinginan mendengarkan buku merupakan impian saya sejak dulu. Saya ingin ketika saya tidak punya waktu untuk membaca, buku tersebut akan berbicara sendiri. Akhirnya, dengan adanya audio book keinginan saya bisa terwujud dan audiobook yang saat ini sedang saya pakai adalah Storytel

Satu hal lagi yang membuat saya senang dengan aplikasi ini adalah karena terdapat Harry Potter audiobook. Dulu saat masih kuliah Harry Potter ini merupakan salah satu novel favorit. Tetapi karena saya membacanya melalui minjam jadi kurang bisa menikmati saat membaca bukunya. Sebab sudah ditunggu oleh antrian selanjutnya. 

Tidak hanya itu sebagai pecinta fiksi ilmiah seperti The Hunger Games. Saya bisa dengan mudah menemukan novel yang bergenre sejenis tersebut. 

Selain itu juga sebagai penggemar dari karya Ika Natassa, saya bisa dengan mudah menemukan karya-karyanya. Seperti Divortiare, Critical Eleven, The Architecture of Love, dan Antologi Rasa. 

Mengenal Storytel

Storytel adalah salah satu layanan streaming audio boox dan e-book berlangganan terbesar di dunia. Di dalam aplikasi audio book storytel kita dapat mendengarkan dan membaca lebih dari 500.000 judul dalam skala global. Adapun visi dari Storytel adalah menjadikan dunia tempat yang lebih berempati dan kreatif dengan kisah-kisah hebat untuk dibagikan dan dinikmati oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, tanpa batas jarak dan waktu. Saat ini storytel beroperasi di lebih dari 20 pasar di seluruh dunia dan memiliki kantor pusat di Stockholm, Swedia. 

Keunggulan storytel

Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh storytel, berikut ini adalah keunggulannya;

1. Ada banyak pilihan buku

Storytel menyediakan berbagai macam jenis buku. Baik buku fiksi maupun nonfiksi dari berbagai macam genre. Jadi kita bisa memilih yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

Tidak hanya buku untuk orang dewasa, buku cerita untuk anak juga tersedia. Bagi orang tua yang tidak punya banyak waktu untuk membacakan buku cerita, aplikasi storytel bisa jadi pilihan untuk membacakan buku cerita bagi anak. 

Dalam aplikasi storytel kita bisa memilih buku dari berbagai macam kategori. Misalnya buku best seller dari luar negeri seperti Game of Thrones, Shopee dan Sapiens . Sedangkan untuk buku-buku dalam negeri ada Dilan, Ayat-ayat Cinta dan juga Surga yang tak dirindukan. Untuk penggemar Tere Liye, kalian bisa mendengarkan buku Selamat Tinggal. 

Bagi pecinta novel fiksi, kita juga akan dimudahkan untuk mendapatkan novel-novel fiksi. Sebab dalam aplikasi storytel tersedia banyak novel fiksi. Misalnya novel fiksi bergenrekan romance-comedy seperti Mariposa.  

Dengan banyaknya pilihan buku yang disediakan. Maka aplikasi storytel merupakan aplikasi audiobook yang terlengkap. 

2. Bisa diakses secara online maupun offline

Kelebihan lainnya untuk mendengarkan buku di storytel selain diakses secara online juga bisa diakses secara onffline. Untuk mengakses secara offline kita harus terlebih dahulu mendownload buku yang ingin kita baca. 

3. Terdapat mode anak

Buku best seller

Aplikasi storytel tidak hanya menyediakan buku untuk orang dewasa, tetapi juga menyediakan buku-buku untuk anak. Ketika anak kita ingin membaca buku cerita anak kita tinggal mengaktifkan mode anak. Setelah itu buku-buku yang ditampilkan adalah buku khusus untuk bacaan anak. Jadi cukup download satu aplikasi bisa kita gunakan untuk seluruh anggota keluarga. 

4. Terdapat timer

Salah satu yang saya suka dari aplikasi storytel ini adalah adanya timer membaca. Biasanya hal ini saya gunakan saat menjelang tidur. Jadi timernya saya pasang pada durasi ke 60 menit. Setelah 60 menit maka audiobooknya akan berhenti. Sehingga saya tidak khawatir lagi audiobooknya akan terus berbicara sampai pagi. Dengan adanya timer ini sangat memudahkan kita dalam mengatur waktu untuk membaca buku. 

5. Terdapat pengaturan target cerita

Dengan adanya pengaturan target membaca ini akan memudahkan kita disiplin dalam mendengarkan buku. Sebagaimana kita ketahui dengan adanya target maka kita biasanya lebih termotivasi dan lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. Begitupun dengan adanya target cerita, maka kita akan lebih disiplin dan lebih semangat agar targetnya tercapai. 

Pengalaman menggunakan storytel

Sebenarnya memang sejak lama saya menginginkan buku yang bisa bicara. Hal ini karena saya seringkali tidak punya banyak waktu luang untuk membaca. Jadi saya ingin ketika melakukan pekerjaan rumah tangga, saya tetap bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dengan cara mendengarkan audio book. Bersyukur ada teman yang menginformasikan bahwa ada aplikasi audiobook yaitu storytel. Selanjutnya saya segera mengunduh aplikasi tersebut melalui PlayStore agar bisa segera menikmati audiobook tersebut. 

Rekomendasi buku

Setelah masuk beranda kemudian saya berselancar memilih buku yang sesuai keinginan. Senang sekali akhirnya saya menemukan buku yang dulu pernah ingin saya baca yaitu dunia Shopee dan Sapiens. Waktu itu ada teman saya yang punya, tetapi yang mau pinjam buku tersebut antriannya sudah panjang sehingga saya mengurungkan niat untuk meminjamnya. Tidak disangka melalui storytel akhirnya saya menemukan buku yang dulu sangat saya inginkan. 

Setelah menemukan buku yang sesuai saya selanjutnya langsung mendengarkannya. Saat pertama mendengarkan saya jadi teringat tentang sandiwara yang ada di radio. Sebab naratornya berbicara seperti orang bercerita dan intonasinya juga berubah-ubah sesuai dengan karakter tokoh yang ada di buku tersebut. 

Jujur saya cukup senang dengan hadirnya aplikasi ini sebab sambil mengerjakan pekerjaan rumah saya tetap bisa mendapatkan informasi melalui audisi buku tersebut. Tidak hanya itu ketika menjelang tidur dan saya susah tidur maka saya menggunakan audiobook tadi sebagai dongeng pengantar tidur. 

Keuntungan menggunakan aplikasi storytel

Berikut ini adalah kemudahan dan juga keuntungan yang saya rasakan saat menggunakan aplikasi storytel

1. Lebih hemat biaya

Jika dibandingkan dengan membeli buku, biaya berlangganan audiobook jauh lebih murah. Dengan biaya langganan selama satu bulan kita bisa membaca berbagai macam jenis buku yang ada diaplikasi tersebut. 

2. Lebih hemat waktu

Kita tidak perlu menunggu pekerjaan rumah selesai  atau mencari waktu khusus untuk membaca buku sebab mendengarkan buku lewat audio bisa kita lakukan sambil mengerjakan pekerjaan rumah. Misalnya sambil mengepel, mencuci, menyapu dan memasak. Hal ini berbeda ketika kita membaca buku karena membaca buku tidak bisa kita lakukan dengan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lain kita harus fokus pada buku yang dibaca. 

3. Praktis

Dengan menggunakan aplikasi ini jika ingin membaca buku saya tidak perlu membawa buku kemana-mana. Cukup dengan handphone yang terdapat aplikasi storytel saya bisa mendengarkan buku dimana saja dan kapan saja. 

4. Sebagai pengganti dongeng bagi anak 

Anak saya yang masih kecil seringkali meminta saya untuk membacakan buku cerita. Tetapi karena keterbatasan waktu yang saya miliki, saya tidak bisa setiap saat mewujudkan keinginannya. Kini dengan aplikasi storytel dengan mudah saya mewujudkan keinginan anak saat ia ingin mendengarkan buku cerita. 

Fitur yang terdapat dalam aplikasi storytel

Berikut ini adalah fitur yang terdapat dalam aplikasi storytel;

1. Beranda

Dalam fitur beranda kita akan disediakan buku dari berbagai macam genre baik yang menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Kita bisa memilihnya sesuai dengan keinginan kita. 

2. Fitur cari

Dalam fitur ini kita bisa mencari buku yang kita inginkan dari berbagai macam genre dan tags. Caranya adalah dengan mengetikkan judul buku/nama pengarang dalam kolom pencarian. 

3. Rak buku

Rak buku adalah tempat untuk menyimpan buku-buku favorit kita. Ketika kita menyukai sebuah buku maka kita bisa menekan gambar hati pada halaman buku tersebut. Maka secara otomatis buku tersebut akan tersimpan dalam fitur rak buku. 

4. Fitur profil

Fitur profil berisi data pribadi kita. Selain itu dalam fitur profil kita bisa membuat target cerita dan juga melihat statistik dari buku yang kita dengarkan. 

Ramadhan bersama storytel

Senang sekali Ramadhan ini saya bertemu dengan aplikasi storytel. Sebab saya bisa menambah ilmu tentang keagamaan melalui aplikasi ini. Waktu-waktu luang yang saya miliki bisa saya isi dengar mendengar buku dari aplikasi. Dalam aplikasi ini adanya banyak buku Islami, misalnya Pribadi Hebat,  Aminah: Senandung Rindu Bunda Rasul dan Ibnu Khaldun. 

Selain itu juga terdapat banyak novel Islami seperti negeri lima menara, ayat-ayat cinta, dan cinta di ujung sajadah. 

Mendengarkan buku melalui aplikasi storytel adalah kegiatan Ramadhan yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi saat-saat menunggu waktu berbuka. Dulu saya ngabuburitnya keluar rumah jalan-jalan keliling daerah sekitar. Tapi sekarang gak perlu keluar rumah lagi, membaca buku saat ngabuburit merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan. Hal ini karena waktu untuk berbuka serasa berjalan lebih cepat. Tidak terasa waktu berbuka sudah dekat saja. 

Adapun rekomendasi buku dari saya untuk menemani ngabuburit kalian adalah pribadi hebat, Change Your Habits, dan juga negeri lima menara. 

Sekilas tentang pribadi hebat dari Buya Hamka

Negeri lima menara

Salah satu buku yang saya dengarkan dari aplikasi storytel adalah pribadi hebat karya buya Hamka. Adapun isi dari buku pribadi hebat karangan buya hamka adalah berisi tentang untaian kata-kata bijak untuk memunculkan pribadi hebat dalam diri kita. 

Dalam diri kita yang membuat berharga adalah kepribadian kita bukan penampilan fisik kita. Kepribadian inilah yang menjadi pembeda kita dengan orang lain. Dengan budi yang tinggi dan ilmu pengetahuan yang kita miliki maka hal ini akan memunculkan pribadi hebat dalam diri kita. 

Lalu bagaimana cara agar kita bisa memiliki kepribadian yang hebat? Hal ini bisa kita dapatkan dari pergaulan dan juga lingkungan. Semua itu adalah guru yang dapat memunculkan pribadi yang hebat. Jika memiliki pribadi yang hebat maka kita dapat memberikan pengaruh positif bagi orang lain dan lingkungan sekitar, tidak hanya itu kita pun juga bisa bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara kita. 

Kesimpulan

Bagi kalian yang penasaran dengan buku-buku yang ada di aplikasi audiobook storytel bisa langsung mengunduh aplikasi storytel untuk iOS atau aplikasi storytel untuk android. Yuk buruan download sekarang ya mumpung ada harga promo Rp 39.000/perbulan, tidak hanya itu kalian juga bisa mendengarkan secara gratis selama 7 hari. 

Dengan aplikasi storytel baca buku online jadi lebih mudah. Kalian bisa dengan mudah mendapatkan akses ke banyak buku dan kegiatan ngabuburit kalian makin berwarna dan menyenangkan dengan mendengarkan audio book Storytel. 

Related Posts

16 komentar

  1. jadi penasaran juga pengen cobain, jadi sambil dengerin cerita kita juga bisa nyambi kerjaan lain. Praktis juga

    BalasHapus
  2. aplokasi yang asyik ya, bisa sambil tiduran santai

    BalasHapus
  3. Hemat ya pakai storytel. Cuman 39 ribu per bulan sudah bisa dengerin banyak cerita. Lebih hemat daripada beli bukunya langsung

    BalasHapus
  4. Aku install ini dan akhirnya milih utk langganan buat anak2 mba 😄. Selama ini mereka suka banget dibacain dongeng tiap malam. Nah kadang aku tuh ada masa2 males juga bacain apalagi kalo udh capek. Pas baca storytell, LGS tertarik, setidaknya ini bisa gantiin aku kalo sedang males bacain buku.

    Tapi buatku pribadi ini ga cocok. Krn aku suka bgt baca buku fisik dibanding cuma mendengar. Pernah coba sih mba, dengerin gini, tapi malah pertama aku ga nangkep isi cerita, kedua aku malah ketiduran 🤣🤣🤣. Jadi balik lagi mending baca LGS. Untuk anak2 aja jadinya

    BalasHapus
  5. Wah ngabuburit nya bermanfaat nih dan pastinya gak bikin bosen. Storytel memang bikin ketagihan dengerin cerita. Tahu tahu udah maghrib aja. Buka puasa deh.

    BalasHapus
  6. Keren banget inovasinya. Ini cara pembayarannya gimana mba sulis? Apakah rumit harus pakai CC gitu?

    BalasHapus
  7. Nggak ada alasan lagi buat nggak menikmati buku ya. Terkadang akupun suka nggak bisa ngabisin baca buku sampai selesai karena terlalu banyak distraksi. Tapi kalau streaming gini auto gampang deh dengerin isi buku.

    BalasHapus
  8. Terima kasih sharingnya kak, jadi tahu lebih lanjut soal storytel. Sepertinya memudahkan bgt buat bantu bacain dongeng ke anak²

    BalasHapus
  9. Wah kok keren sih teknolog jaman now. Dulu ada masa pengen banget baca buku tapi karena aktivitas yang padet banget jadi gak sempat baca buku, dam sekarang ada storytel ini ya yang menjawab masalahku itu. Cusss ah mau nyobain dulu. Btw makasih mbak infonyaaaa

    BalasHapus
  10. Isi buku nya lengkap kah? Aku pengen baca novel novel lama apa ada

    BalasHapus
  11. Waaah makin keren ya teknologi jaman sekarang, bisa juga nih jadi temen tidur anak², soalnya anakku seneng banget klo di dongengin ihihihi

    BalasHapus
  12. Memang jatuhnya lebih hemat lho kalau langganan storytel. Cuma dengan 39ribu udah bisa menikmati ribuan buku.

    BalasHapus
  13. Baru tau nih aku tentang Storytel ini. Kayaknya asik juga dengerin audiobook sambil nunggu waktu buka puasa, daripada ngelamun gak ngapa-ngapain wkwkwke

    BalasHapus
  14. Wah bagus banget sih ini aplikasinya, bisa sebagai pengingat supaya mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat

    BalasHapus
  15. langsung tertarik pas baca ada audiobook Harry Potter! vibesnya udah kebayang seru bangettt :D

    BalasHapus
  16. Wah, unik dan beda dari biasanya ya bun. Mau coba juga buat Nbi. Siapa tahu Nbi suka dan bisa rutin buat pengganti dongeng sekaligus belajar.

    BalasHapus

Posting Komentar