Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tips memilih kos-kosan murah tapi nyaman

Saat kita pergi merantau entah itu untuk kuliah atau bekerja tentu kita membutuhkan tempat tinggal sementara. Biasanya untuk tempat tinggal sementara tesebut kita memilih kost. Untuk menemukan kos-kosan murah tapi fasilitas yang disediakan cukup lengkap memang gampang-gampang susah. Sebab kita harus bisa menyesuaikan antara anggaran dana dan kebutuhan. 

Maka dari itu kita harus pandai-pandai dalam memilih tempat hunian sementara tersebut. Sebab kos nantinya juga merupakan tempat tinggal utama saat kita merantau. Jadi usahakan tempat untuk penginapan selama dirantau tersebut juga nyaman untuk kita tinggali. 

Tips memilih kos-kosan murah dengan fasilitas cukup lengkap

Berikut ini adalah tips memilih rumah kos yang bisa kita gunakan agar kita bisa mendapatkan rumah kos yang sesuai dengan anggaran dan juga kebutuhan;

1. Lihat lokasi kost

Hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih tempat kost adalah lokasinya. Untuk mahasiswa(i) usahakan lokasi kos yang dipilih dekat dengan kampus. Begitupun dengan yang bekerja, usahakan lokasinya juga dekat dengan tempat kerja. Sebab lokasi yang dekat akan memudahkan kita untuk cepat sampai ke tempat tujuan. Selain itu juga lokasi yang dekat dengan tempat kerja atau kampus bisa lebih menghemat biaya transportasi terlebih lagi jika lokasinya bisa kita jangkau dengan jalan kaki. 

2. Cek Fasilitas Yang Tersedia

Sebagai anak kost, maka kita harus mengetahui dan memperhatikan secara detail fasilitas yang diberikan. Sebagai tempat hunian mahasiswa, pastikan fasilitas yang diberikan dapat menunjang perkuliahan. Selain itu juga fasilitas yang disediakan layak untuk digunakan. Ada baiknya sebagai mahasiswa kalian menanyakan fasilitas wifi yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan perkuliahan. 

3. Fasilitas dapur

Tips mencari kos sebagai hunian yang nyaman selanjutnya adalah melihat fasilitas dapur. Apakah tempat indekos tersebut memberikan fasilitas dapur. Jika terdapat fasilitas dapur tentu sangat membantu sekali dan kita juga akan lebih hemat dalam biaya makan. Sebab untuk makan sehari-hari kita tidak perlu membeli tetapi bisa memasaknya sendiri di dapur tersebut. 

4. Kamar Mandi

Ketika memilih kost kamar mandi juga merupakan hal penting yang harus kita perhatikan. Cek bagaimana kondisi kamar mandi tersebut, apakah dalam kondisi baik dan layak pakai. Jika kondisinya kotor, debi dan berlumut maka kamar mandi tersebut tidak layak untuk digunakan. Selain itu juga, usahakan untuk memilih kamar mandi dalam. Adapun alasannya selain lebih praktis kita juga tidak perlu antri saat ingin menggunakan kamar mandi tersebut. 

5. Perhitungkan keseluruhan biaya kost  

Ketika ingin mendapatkan indekos yang murah tentunya harga kost perlu diperhitungkan. Kita harus mencari tahu adakah ada biaya lain yang harus dikeluarkan selain biaya kamar yang ditawarkan. Apakah biaya yang ditawarkan tersebut sudah mencakup biaya listrik, air dan juga internet? Jangan sampai kita tergiur dengan biaya yang murah tetapi ternyata masih ada biaya lain yang harus kita keluarkan setiap bulannya. 

6. Cek Langsung Keadaan Lingkungan Sekitar Kost

Situasi dan lingkungan kost juga perlu menjadi bahan pertimbangan saat kita akan memilih tempat kost. Periksa apakah wilayah tersebut bebas banjir, bebas/minum kejahatan dan akses ke fasilitas umum seperti supermarket cukup dekat. Hal ini penting sebab berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan. Maka dari itu sebelum memutuskan alangkah lebih baik kita melakukan survei terlebih dahulu mengenai lokasi sekitar kos. 

Sebelum menentukan kost pilihanmu, situasi dan kondisi lingkungan sekitarnya juga harus kamu kenali. Periksa lagi apakah wilayahnya bersih, bebas atau minim kejahatan, dan akses ke tempat umum seperti warung atau minimarket cukup dekat.

7. Periksa kondisi kamar

Kondisi kamar kos juga menentukan kenyamanan, maka dari iri kita juga harus memperhatikannya. Perikasa pencahayaan apakah sudah mencukupi atau justru tidak ada. Periksa juga ketersediaan ventilasinya. Selain itu ukuran kamar juga perlu diperhatikan. Pilih ukuran kamar minimal 3x3. Ukuran tersebut sudah cukup layak untuk digunakan. Karena tidak terlalu sempit sehingga masih ada tempat untuk menaruh/menyimpan barang. Misalnya menaruh lemari ataupun barang keperluan lainnya. 

Penutup

Memilih kos-kosan murah dengan fasilitas yang cukup lengkap memang tidak mudah. Maka dari itu kita bisa mencari beberapa tempat indekos sebagai bahan perbandingan. Tidak hanya itu, beberapa tips diatas juga perlu kita gunakan agar kita benar-benar mendapatkan kos yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 


Related Posts

1 komentar

  1. Jadi inget masa2 kuliah dan pas cari kerja di Jakarta 😄. Seruu sih tapi cari kos itu. Sbnrnya agak mirip Ama cari jodoh hahahaha. Nyari yg sreg itu lamaaaa banget. Pas kuliah apalagi Krn di LN aku untungnya dibantu Ama staff kampus mba, dia bilang ada temennya yg punya kamar kosong dan memang disewakan, Chinese family. Aku LGS ke sana dan ternyata bagus, juga murah. Jadi ternyata di auntie pemilik rumah cuma pengen cari temen supaya ga sepi. Makanya murah. Aku betah di sana sampe lulus kuliah.

    Kalo pas kerja, sempet pindah bbrp kali. Walopun akhirnya mutusin mending di pusat kota kayak Sudirman ngekosnya. Mahal, tapi gampang kemana2. Dan Deket Ama tempat kerja. Mau pulang tengah malam kendaraan juga masih banyak. Aku lebih mentingin itu soalnya.

    BalasHapus

Posting Komentar