Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi adalah tekanan darah yang meningkat hingga 130/80 mmHg. Jika seseorang mengalami darah tinggi makan perlu menurunkan. Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi kita bisa memulainya dengan menjalani gaya hidup sehat, diet khusus dan mengkonsumsi obat. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena tekanan darah tinggi, diantaranya;

1. Usia lanjut

2. Faktor keturunan

3. Jarang berolahraga

4. Obesitas

5. Stress

6. Konsumsi makanan tidak sehat

7. Mengalami penyakit tertentu, misalnya diabetes, penyakit ginjal dan gangguan tiroid. 

Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu;

1. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan dapat membuat jantung bekerja lebih keras dan mengakibatkan hipertensi. Oleh karena itu, memangkas berat tubuh adalah salah satu cara efektif untuk mengendalikan dan menurunkan tekanan darah.

2. Terapkan pola hidup sehat

Konsumsi makanan yang sehat seperti biji-bijian untuh, buah-buahan, sayuran serta mengurangi makanan lemak jenuh dan kolesterol dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu konsumsi makanan yang mengandung kalium seperti pisang, jeruk wortel dan bayam juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

3. Membatasi konsumsi garam

Sodium (natrium banyak terdapat di dalam makanan ringan dan juga minuman ringan. Jika tubuh mengalami kelebihan sodium makan akan memicu munculnya hipertensi. Maka dari itu untuk mengurangi tekanan darah tinggi kita bisa mengurangi makanan yang banyak mengandung sodium. 

4. Hindari stress

Jika kita mengalami stress yang berkepanjangan makan dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Agar darah tinggi cepat turun, maka disarankan untuk mengelola stress. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan stress, misalnya melakukan hobi, mendengarkan lagu favorite ataupun jalan-jalan seventeen disekitar rumah. 

Nah, itulah tadi beberapa cara termudah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Makan-makanan yang sehat, olahraga teratur dan menghindari stress maka tekanan darah kita akan stabil. 


Related Posts

Posting Komentar