Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Bayar QRIS Pakai Mobile Banking, Berapa Batas Transaksinya?

image 1

https://www.freepik.com/free-photo/person-scanning-qr-code_23715039.htm#query=qris&position=3&from_view=search&track=sph

Teknologi mobile banking telah memudahkan orang-orang dalam melakukan aktivitas transaksi. Namun masih banyak yang belum memahami apa itu mobile banking. Padahal kegunaan dan manfaatnya sangatlah banyak, salah satunya menyediakan sistem pembayaran QRIS. 

Sistem pembayaran QRIS telah digunakan oleh banyak konsumen dan pelaku bisnis atau merchant. QRIS membuat transaksi menjadi lebih praktis baik dari segi waktu maupun tenaga bagi costumer dan seller. Transaksi dapat dilakukan tanpa perlu memakai uang konvesional dan tidak perlu menghitung pengembalian seperti ketika memakai uang kertas. 

Banyak toko atau merchant di kota-kota besar yang menerapkan sistem pembayaran QRIS. Pembeli dapat melakukan pembayaran QRIS dengan cara scan kode QR menggunakan platform keuangan digital yang ada di smartphone. 

Apa itu Mobile Banking?

Istilah mobile banking sudah cukup akrab didengar di era digital seperti sekarang. Namun masih banyak orang yang belum memahami apa itu mobile banking dan kegunaannya untuk kebutuhan keuangan. 

Mobile banking adalah aplikasi keuangan yang disediakan oleh perbankan untuk memudahkan transaksi bagi penggunanya. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone yang terhubung dengan internet. Mobile banking berfungsi sebagai pengganti ATM yang menyediakan berbagai layanan keuangan, kecuali tarik tunai dan setor tunai.

Dengan adanya mobile banking, pengguna dapat melakukan transaksi secara lebih efisien. Pengguna dapat memakai aplikasi ini untuk berbagai kebutuhan keuangan, termasuk pembayaran QRIS saat belanja. 

Apa Itu QRIS?

QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS adalah standar kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Teknologi QR menyatukan berbagai macam QR Code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). 

Bank Indonesia mengeluarkan QRIS sebagai upaya standardisasi untuk semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi keuangan digital, seperti OVO, GoPay, DANA, LinkAja, dan lainnya. QRIS berfungsi memudahkan proses transanksi agar lebih cepat dan aman. Selain itu, penerapan QRIS bertujuan mengintegrasikan seluruh metode pembayaran non tunai di wilayah Indonesia. 

Penerapan QRIS sebagai teknologi pembayaran telah diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran. Semua QR code akan terhubung dengan semua platfom pembayaran dengan satu jenis QR Code. Setiap penyedia PJSP lokal dan luar negeri yang berbasis QR code wajib menggunakan QRIS.

Manfaat QRIS untuk Pembayaran

image 2 

https://www.freepik.com/free-photo/person-scanning-qr-code_23715162.htm#query=qris&position=8&from_view=search&track=sph

Sistem pembayaran QRIS memberikan berbagai manfaat bagi dua belah pihak pelaku transaksi, yaitu constumer dan seller atau merchant. 

Manfaat QRIS untuk Costumer

  • Transaksi dapat dilakukan lebih mudah dan cepat, hanya melalui scan kode QR.
  • Tidak repot membawa uang tunai.
  • Transaksi lebih aman karena semua PJSP penyelenggara QRIS memiliki izin dan diawasi oleh BI.

Manfaat QRIS bagi Merchant

  • Menghindari uang palsu.
  • Tidak perlu menyediakan uang kembalian.
  • Transaksi akan tercatat dan tersimpan secara otomatis, serta bisa dilihat kapan pun.
  • Mencegah manipulasi atau kecurangan saat pembukuan keuangan.
  • Lebih mudah memisahkan uang usaha dan uang pribadi.
  • Membantu branding usaha.
  • Dapat meningkatkan penjualan.

Batasan Transaksi dan Biaya QRIS

QRIS memberlakukan batasan transaksi sebesar maksimal Rp10 juta per pembayaran. PJSP dapat menetapkan batas transaksi nominal kumulatif dalam harian atau bulanan. Penetapan batasan kumulatif menyesuaikan manajemen risiko keuangan masing-masing penggunanya. 

Biaya transaksi QRIS lebih kecil dan menguntungkan bagi merchant atau seller mitra. Dalam pembayaran QRIS terdapat istilah merchant discount rate (MDR), yakni tarif yang dikenakan kepada merchant oleh bank. MDR QRIS yang ditanggung oleh merchant adalah sebesar 0,7%. Beban biaya tersebut lebih ringan jika dibanding biaya switching di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebesar 1%.

Metode Pembayaran Melalui QRIS

BI menyebutkan ada beberapa mekanisme pembayaran QRIS melalui merchant atau seller. Berikut tiga cara menggunakan pembayaran QRIS.

Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Metode MDP dilakukan oleh merchant dengan memajang satu print out QRIS di toko. Pembeli atau costumer tinggal scan QR code untuk melakukan pembayaran melalui mobile banking. Jika sudah terhubung, selanjutnya costumer memasukkan nominal yang harus dibayarkan. Costumer akan diminta memasukan PIN dan klik untuk memproses pembayaran. 

Merchant dan costumer akan menerima notifikasi transaksi di masing-masing platform yang mereka gunakan. QRIS MPM Statis cocok digunakan bagi usaha mikro dan kecil. 

Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

Berbeda dengan metode sebelumya, pada cara ini QR akan dikeluarkan melalui satu device seperti mesin Electronic Data Capture (EDC) atau smartphone. Langkah ini bisa dilakukan secara gratis. Merchant perlu menginput nominal pembayaran terlebih dahulu, setelah itu pelanggan baru bisa melakukan scan QRIS. QRIS MPM dinamis sangat cocok digunakan oleh merchant skala usaha menengah dan besar, dengan volume transaksi tinggi. 

Customer Presented Mode (CPM)

Metode CPM masih dalam tahap uji coba. CPM dilakukan dengan cara pelanggan menunjukkan QRIS yang tersedia dalam aplikasi pembayaran. QR code dari pelanggan akan discan oleh merchant. QRIS CPM ditujukkan untuk kebutuhan transaksi dengan kecepatan tinggi seperti parkir, penyedia transportasi, dan ritel modern. 

QR Pay dari Mobile Banking PermataMobile X

Salah satu platform mobile banking yang menyediakan layanan pembayaran QRIS/QR pay adalah PermataMobile X dari PermataBank. Aplikasi yang disediakan oleh PermataBank ini bisa diunduh di Play Store bagi pengguna Android dan di App Store bagi pengguna Apple. 

PermataMobile X menawarkan beragam layanan dan memberikan berbagai kelebihan bagi penggunanya. Aplikasi ini juga memprioritaskan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Desain dan sistem aplikasi yang dihadirkan pun sangat mumpuni serta memudahkan transaksi keuangan.

Ada ratusan fitur yang disediakan dalam aplikasi ini, di antaranya cek saldo tanpa harus login, fitur Face ID dan Finger ID, transfer uang lebih cepat dan mudah hanya dengan nomor telepon, mobile cash, kartu kredit, WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, bayar tagihan, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di Permata ATM.

Sejumlah kelebihan lain yang diberikan oleh PemataMobile X, di antaranya gratis biaya admin, cashback dan beragam promo belanja, autodebet, dan sebagainya. Anda dapat mengetahui informasi lebih lengkapnya melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex

Related Posts

Posting Komentar