Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tips Kegiatan Me Time Agar Hidup Lebih Produktif

Posting Komentar

Rutinitas yang padat, seringkali membuat kita stres. Begitupun yang saya rasakan. Hari Senin sampai Sabtu bekerja. Libur kalau hari minggu dan tanggal merah saja. Selain harus bekerja saya juga harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Karena saya tidak punya asisten pribadi untuk mengerjakan tugas tersebut. 

Sebelum berangkat kerja saya harus menyelesaikan terlebih dahulu semua pekerjaan rumah tangga. Mulai dari memasak, mencuci piring, menyapu lantai rumah dan menyiapkan keperluan anak sekolah. Setelah pulang kerja saya juga tidak bisa langsung bersantai sebab saya harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga lagi. Seperti menyiapkan makan malam dan merapikan rumah. 

Dengan rutinitas yang demikian padat tersebut agar badan dan pikiran tetap segar. Kita memang harus pandai-pandai dalam mengatur waktu. Jika badan sudah capek dan pikiran sudah mulai kalut maka saja hanya mengerjakan pekerjaan utama saja. Seperti memasak dan menyiapkan keperluan sekolah. Dengan demikian saya bisa memiliki waktu luang yang cukup. 

Selain untuk beristirahat, waktu luang tersebut saya gunakan juga untuk me time. Agar pikiran saja tetap jernih dan tidak suntuk. Sebab agar kita bisa menjalankan semua pekerjaan dengan baik. Tidak hanya fisik sehat yang dibutuhkan tetapi pikiran yang jernih juga sangat dibutuhkan. Pikiran yang jernih akan membuat mental sehat. Sehingga selalu bersikap optimis dalam menjalani semua kegiatan. 

Saya orang yang lebih suka memilih kegiatan me time di dalam rumah dibandingkan harus keluar rumah. Karena menurut saya me time di luar rumah selain mengeluarkan biaya juga mengeluarkan waktu dan energi yang tidak sedikit. Sedangkan saya tidak punya banyak waktu dan energi. Kalau saya pergi ke luar rumah saya akan menjadi lebih capek dan ketika pulang saya tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang belum terselesaikan karena rasa capek tersebut. 

Maka dari itu saya lebih memilih kegiatan me time di rumah. Selain menghemat biaya, saya juga masih bisa memantau kegiatan anak-anak saya. 

Rekomendasi Kegiatan Me Time agar Hidup Lebih Produktif

Berikut ini adalah beberapa kegiatan me time yang biasa saya lakukan untuk merefresh kembali pikiran kita;

1. Bermain game

Salah satu kegiatan yang saya lakukan untuk menghilangkan kepenatan adalah bermain game. Menurut saya bermain game tidak hanya sekedar untuk menghilangkan kejenuhan tetapi ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan. 

Ada banyak manfaat dari bermain game, terlebih lagi jika game tersebut dilakukan secara teratur dengan cara yang tepat dan sehat. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah penjelasannya

  • Dapat meningkatkan kemampuan problem solving

Beberapa jenis game dimainkan dengan cara memecahkan teka-teki untuk dapat menyelesaikan misi permainan. Tentunya saja untuk dapat memecahkan teka-teki tersebut dibutuhkan cara berpikir yang kreatif dan logis. Cara berpikir seperti ini dapat meningkatkan kemampuan problem solving dan hal ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ketika seseorang sedang mengalami sebuah masalah. 

  • Dapat meningkatkan kemampuan reaksi

Banyak game yang cara permainannya membutuhkan pemain untuk bertindak cepat dan merespon dengan cepat terhadap situasi yang berubah. Hal ini dapat membantu meningkatkan kecepatan reaksi seseorang.

  • Meningkatkan keterampilan motorik

Ada game yang membutuhkan pemain untuk mengendalikan karakter dengan menggunakan controller atau keyboard. Penggunaan keyboard dan controller saat bermain game dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik seseorang.

  • Menghilangkan stres

Bermain game bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan stres dan memperbaiki mood seseorang. Bermain game juga dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang.

  • Meningkatkan keterampilan dalam mengambil keputusan

Dalam beberapa kondisi terkadang kita diminta mengambil keputusan dalam waktu yang singkat. Untuk meningkatkan kemampuan ini bisa dilakukan dengan cara bermain game. Dalam sebuah penelitian, pemain game online yang membutuhkan kecepatan, 25 % lebih cepat bereaksi dalam pertanyaan dari sebuah gambar yang baru dilihat dibandingkan yang bukan pemain. 

Nah, game online yang biasa saya gunakan untuk menghilangkan stres adalah https://www.mortgagecalculator.org/money-games/

Ada beberapa alasan kenapa saya memilih game di website tersebut. Berikut ini adalah alasannya;

  • Gratis
  • Banyak pilihan game
  • Tanpa iklan

Kategori Game dalam Mortgagecalculator

Dalam situs tersebut ada banyak jenis game yang disediakan. Beberapa kategori game yang disediakan diantaranya adalah

  • Money Games

Adalah permainan menghitung uang dan membuat kembalian. Kategori dalam game ini juga memiliki beberapa game yang menampilkan konsep uang baru termasuk Bitcoin dan tulip modern - NFT.

  • Game Real Estat

Ini merupakan game jual beli properti, buat kota LEGO yang berkembang pesat, dan bersihkan kekacauan atau kuman. Dalam game ini kita juga dapat membangun struktur yang stabil, atau menggunakan dinamit untuk meledakkan struktur.

  • Food Business Simulation Games

Dalam game ini disediakan permainan untuk menjalankan kedai kopi, toko kelontong, pertanian, atau restoran lain.

  • Business Simulation Games

Adapun isi dari game ini adalah membangun bisnis pertambangan, menjalankan toko perhiasan, menjadi penjual bunga, atau menjadi penguasa perusahaan.

  • Sofware Development Games

Game STEM yang mengajarkan anak-anak tentang logika pengkodean bersama dengan cara perangkat lunak dibuat dan diuji, bersama dengan game idle clicker yang berfokus pada membangun bisnis startup yang sukses

  • Office Politics Games

Game dalam kategori ini dapat digunakan untuk menjelaskan persaingan internal, resolusi konflik dan pembangunan tim

  • Other fun Games

Berisi game menyenangkan lainnya tetapi tidak cocok dengan salah satu kategori di atas. 

Dari beberapa jenis game yang disediakan mortgagecalculator, berikut ini adalah tiga game yang biasanya saya mainkan. Berikut ini adalah gamenya;

1. Burger shop


Burger shop adalah game simulasi dari sebuah restoran burger. Game ini memiliki 10 level permainan. Dalam permainan ini, kita harus dapat melayani pemesanan burger dengan tepat dalam durasi waktu yang sudah ditentukan. Jika waktu pengerjaan melebihi durasi waktu yang ditentukan maka kita tidak akan mendapatkan koin. 

Cara bermain

  • Lihatlah gelembung yang berisi gambar makanan yang dipesan oleh pelanggan. 
  • Kemudian ambil nampan untuk menyiapkan pesanan tersebut. 
  • Selanjutnya susun burger sesuai dengan gambar yang diminta oleh pelanggan. Dimulai dari mengambil roti lalu kemudian ditambahkan isian burger. Caranya penyusunnya dimulai dari bawah ke atas. 
  • Setelah pesanan burger selesai, maka kita akan mendapatkan koin.
  • Jika barang habis maka kita membelinya dengan menekan gambar koin yang terdapat di tempat barang yang habis. 
  • Capai target harian agar kita bisa naik ke level selanjutnya. 

Menurut ini game ini cukup mudah untuk dimainkan dan yang membuat kita senang dari permainan ini adalah jika kita berhasil mencapai target harian kita akan naik ke level selanjutnya dari permainan ini. 

2. The Amazing world of gumball tidy up

The Amazing world of gumball tidy up adalah permainan membersihkan rumah. Dalam permainan ini kita diminta untuk membantu Darwin membersihkan rumah Watterson dan mencari Gumball yang suka mengobrak-abrik kamar yang sudah dibersihkan.

Cara bermain

  • Klik pada bagian ruangan yang kotor beberapa kali hingga bagian tersebut dibersihkan. Setelah ruangan sudah bersih sepenuhnya makan akan muncul sebuah indikator yang menyatakan bahwa ruangan tersebut sudah bersih. 
  • Selanjutnya klik tanda panah untuk pergi ke ruangan lainnya. Lalu klik beberapa kali untuk membersihkan ruangan tersebut. 
  • Untuk menambah waktu kita klik pada gambar jam. 
  • Setelah semua ruangan dibersihkan selanjutnya kunjungi lagi tersebut untuk melihat ruangan mana yang dirusak lagi oleh Gumball dan harus dibersihkan kembali. 
  • Kemudian Klik pada bagian ruangan kotor lainnya sampai dibersihkan. Ketika sebuah ruangan telah dibersihkan sepenuhnya, sebuah indikator akan menyatakan bahwa ruangan tersebut telah dibersihkan.

3. Idle farming business

Idle farming business adalah game bertani. Dalam permainan ini kita akan menanam dan memanen beberapa jenis tanaman yang berbeda. 

Cara bermain

  • Panen kentang di plot pertama dengan cara klik pada kebun kentang
  • Selanjutnya gunakan keuntungan dari kentang untuk menanam dan memanen 8 jenis sayuran lainnya: wortel, gandum, tomat, mentimun, paprika, lobak, bawang merah, dan jagung.
  • Panen setiap petak secara berkala untuk mengumpulkan penghasilannya sehingga kita dapat terus berinvestasi kembali untuk membeli lahanat selanjutnya. 
  • Beli peningkatan untuk mempersingkat waktu produksi sayuran, mengumpulkan penghasilan, dan meningkatkan keuntungan.
  • Gali setiap area untuk memperbaiki tanah sehingga kita dapat menanam lebih banyak sayuran, yang akan meningkatkan hasil panen. Ketika kita menanam 25, 50, atau 100 dalam satu plot, maka waktu produksi terpotong setengahnya.
  • Untuk mengadakan tingkat panen pilih awan hujan dan pilih matahari untuk produksi yang lebih cepat.

2. Membaca buku

Membaca buku adalah salah satu yang saya lakukan untuk mengembalikan semangat dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Dengan membaca buku tidak hanya wawasan yang bertambah tetapi juga konsentrasi akan meningkat. Sebab ketika membaca kita membutuhkan konsentrasi agar kita memahami isi buku yang dibaca. Selain itu juga kegiatan membaca buku juga bisa memberikan kesenangan tersendiri yang tidak bisa tergantikan dengan kegiatan yang lain. 

Beberapa jenis buku yang menjadi favorit saya adalah buku-buku motivasi, buku-buku sejarah dan buku tentang pengetahuan umum. 

3. Menonton tayangan favorit

Selain membaca buku kegiatan me time yang saya lakukan adalah menonton film favorit. Kegiatan nonton ini saya pilih jika saya ingin benar-benar bersantai karena tidak membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Biasanya kegiatan ini saya lakukan jika saya benar-benar dalam kondisi capek. 

Beberapa tayangan favorit yang biasa saya tonton saat me time adalah tentang kuliner dan tempat-tempat wisata. 

Melakukan hobby

Jika jenuh dengan rutinitas yang ada untuk mengalihkannya saya biasanya juga melakukan kegiatan yang menjadi hobby saya. Beberapa kegiatan yang menjadi hobby saya adalah berkebun dan merajuk. 

Melakukan hobby selain dapat menghilangkan kejenuhan dapat memberikan kebahagiaan tersendiri. Sebab ketika hobby yang kita lakukan dapat menghasilkan karya maka akan muncul kegembiraan dan kebanggaan. Kedua rasa inilah yang kemudian memberikan semangat tersendiri, sehingga pikiran akan menjadi lebih fresh. 

Menulis

Bagi saya menulis merupakan salah satu kegiatan yang cukup ampuh untuk menghilangkan rasa penat. Selain itu menulis juga menjadi sarana untuk kita mengungkapkan apa yang kita rasakan. Biasanya agar pikiran kembali plong saya akan menuliskan apa yang saya rasakan. Setelah semuanya tertulis rasanya beban yang ada berkurang dan pikiran menjadi lebih lapang.

Kesimpulan

Sebenarnya menjadi hal yang wajar jika kita mengalami kejenuhan. Hal ini karena rutinitas yang kita jalani terlalu padat. Nah jika kita sudah mulai mengalami kejenuhan maka kita memerlukan me time untuk memperbaiki mood kita. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk me time seperti menonton tayangan favorit, membaca buku ataupun bermain game online. 

Bermain game online bisa jadi cara efektif untuk mengembalikan mood sebab bermain game membuat hati kita senang dan kita sejenak terlupa dengan beban pekerjaan. Game online yang bisa kalian jadikan pilihan adalah mortgagecalculator. Di website tersebut ada banyak game yang disediakan. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan keinginan kalian, tidak hanya itu game ini juga bisa digunakan untuk anak-anak. Jadi kita tinggal memilihnya sesuai dengan usia anak kita. 

Yuk tunggu apa lagi, jika ingin cari hiburan murah tanpa perlu ke luar rumah. Segera kunjungi website mortgagecalculator dan temukan game favorit kalian.


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar