Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Cara Mudah Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Posting Komentar

Ketika mendirikan sebuah perusahaan, pastinya kita menginginkan agar perusahaan tersebut terus bisa bersaing. Selain modal salah satu syarat yang harus dipenuhi agar perusahaan bisa terus tumbuh dan mengikuti perkembangan zaman adalah memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Maka dari itu, diperlukan pelatih-pelatihan guna meningkatkan keahlian dari karyawan kita. Terlebih di era sekarang, dimana segalanya serba cepat termasuk perkembangan ilmu pengetahuan. Tentu saja pelatihan-pelatihan yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Saat ini persaingan dunia usaha sangat ketat. Agar mampu bersaing dan perusahaan bisa terus berkembang. Kita perlu memastikan bahwa sumber daya manusia yang kita miliki berkualitas. Tentunya sumber daya manusia yang berkualitas akan dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Sehingga perusahaan tetap bisa tumbuh mengikuti perkembangan zaman dan semakin berkembang. 

Lalu bagaimana kita dapat memastikan bahwa sumber daya manusia yang kita miliki berkualitas? caranya adalah dengan memberikan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pelatihan dan pengembangan tersebut meningkatkan skill dari karyawan. Sehingga nantinya perusahaan terus dapat mengembangkan eksistensinya.

Namun, adanya pandemi covid-19 menjadi hambatan agar kita dapat melakukan pelatihan-pelatihan SDM yang biasanya dilakukan. Larangan untuk tidak berinteraksi secara langsung dan pengetatan kegiatan yang mengundang kerumunan menjadi kendalanya. Padahal disisi lain perusahaan sudah menyiapkan anggaran untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Lalu bagaimana solusinya agar perusahaan dapat melakukan kegiatan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia? 

Nah, hadirnya pelatihan online menjadi solusinya. Adapun alasannya pelatihan online tidak perlu membutuhkan pertemuan langsung. Saat ini, kecanggihan teknologi memudahkan setiap invidu ataupun kelompok untuk melakukan kegiatan secara bersama tanpa perlu bertemu secara langsung, dan kini pelatihan dapat dilakukan secara digital.

Manfaat pelatihan peningkatan kualitas SDM

1. Meningkatkan kinerja karyawan

Kegiatan pengembangan akan mampu meningkatkan kinerja pegawai. Jika pegawai saat ini dirasa kurang dapat bekerja secara efektif, serta ditujukan untuk dapat mencapai efektivitas kerja sebagaimana yang diharapkan oleh organisasi.

2. Meningkatkan pruktivitas individu dan tim

Dengan mengikuti pelatihan pengembangan SDM maka karyawan akan memperoleh tambahan keterampilan dan pengetahuan baru. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat tidak untuk meningkatkan kinerja secara individu tetapi juga secara tim.

3. Meningkatkan fleksibilitas angkatan kerja

Melalui kegiatan pengembangan kualitas SDM maka karyawan akan lebih fleksibel dalam menyesuaikan diri terhadap perusahaan yang terjadi disekitar lingkungannya. Akhirnya karyawan dapat terus mengikuti setiap perkembangan teknologi yang berkembang.

4. Meningkatkan komitmen karyawan

Semakin banyak ketrampilan maka pegawai diharapkan dapat memiliki persepsi yang baik mengenai perusahaan tempatnya bekerja. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan komitmen serta dapat memotivasinya untuk menunjukkan kinerja yang baik. 

Untuk melakukan pelatihan kualitas sumber daya manusia, kita bisa memilih lembaga-lembaga yang menyediakan pelatihan bagi karyawan. Dalam memilih lembaga tersebut, pastinya kita menginginkan agar lembaga yang kita pilih benar-benar kredibilitas. 

Mungkin kita-kita pernah mendengar Learning Management System (LMS). Ya, LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.  

Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru. 

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan membuat proses pelatihan yang sangat nyaman untuk karyawan.

Dengan menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja.

Apakah efektif bagi karyawan? Bukankah jika pelatihan harus ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat?

Kekhawatiran seperti itu ternyata juga sudah diantisipasi oleh ruangkerja. Dengan menggunakan sistem learning journey, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk.

Kemudian terdapat fiur learning plan untuk karyawan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan. 

Selain itu, untuk menghindari rasa bosan dan membingungkan, pada aplikasi ruangkerja, desain dibuat dengan baik, agar enak dilihat, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Sehingga karyawan menjadi nyaman saat belajar.

Oh ya, ada hal menarik juga dari salah satu fitur yang diberikan oleh ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Jadi, ruangkerja membuat forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien kan.

Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan kita semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka akan dapat sertifikat.

LMS ruangkerja menawarkan kepada kita solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian. 

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal 

Oke, secara teknis ruangkerja memang sangat efektif, begitu juga berdasarkan waktu sangat efisien untuk digunakan. Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan? 

Jawabannya adalah IYA. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat. 

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan kita untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, perusahaan kita akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar