Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Efek smoothing rambut yang perlu kamu ketahui

Dampak negatif smothing rambut

Setiap perempuan pasti menginginkan rambut yang indah. Rambut yang lurus dan berkilau adalah dambaannya. Maka tak heran untuk mendapatkan hal tersebut banyak perempuan yang melakukan smoothing. Ternyata dibalik indahnya rambut hasil smoothing menyimpan banyak dampak negatif. Makanya sebelum melakukan smothing kita harus mengetahui terlebih dahulu efek smoothing rambut.

Proses dalam smoothing rambut menggunakan cairan kimia untuk membuka kutikula rambut, lalu merombak struktur aslinya. Proses pembukaan kutikula memang membuat rambut terasa halu dan licin. Tetapi jika tidak dirawat dengan baik, maka rambut akan menjadi kemerahan kering dan kusam. Efek samping ini mungkin tidak bisa terlihat secara langsung namun tanda-tanda kerusakan akan terlihat setelah beberapa bulan berikutnya.

Dampak negatif smoothing

Nah, berikut ini adalah dampak negatif yang ditimbulkan

1. Rambut rontok

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari smoothing adalah rambut rambut rontok. Hal ini karena penggunaan bahan kimia berbahaya dan panas dari alat smoothing membuat folikel rambut menjadi lemah. Akibatnya rambut mudah rontok.

2. Rambut kering

Setelah melakukan smoothing kita akan melihat rambut yang terlihat lurus alami. Tetapi hal ini bisa berbeda setelah kita melakukan keramas beberapa kali. Rambut akan terlihat kering, sebab bahan kimia yang digunakan saat proses smoothing dapat membuat rapuh sedimen pada rambut. 

3. Ruam pada kulit kepala

Ketika kita melakukan smoothing, mual dan pusing bisa terjadi. Hal ini karena penggunaan bahan kimia yang digunakan selama proses treatment. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif maka dampak yang ditimbulkan lebih parah. Sebab kulit kepala kita bisa mengalami ruam akibat penggunaan bahan kimia tersebut.

4. Rambut bercabang

Bahan kimia yang digunakan selama proses smoothing dapat menghisap kelembaban alami dari helai rambut yang menyebabkan ujung rambut bercabang dan folikel rambut juga lemah. Selain itu juga rambut bercabang juga dapat terjadi karena panas yang ekstrim yang diterapkan selama treatment smoothing rambut.

5. Dapat menganggu kesuburan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan formaldehyde yang ditemukan dalam bahan smoothing berisko menganggu kesuburan. Maka dari itu kita harus berhati-hati sebelum melakukan smoothing. Meskipun kebenarannya belum dapat dipastikan, tetapi kita perlu waspada terhadap dampak buruk dari formaldehyde.

 6. Meningkatkan Risiko Penyakit Kanker

Untuk mengurangi resiko kanker sebaiknya smoothing tidak dilakukan terlalu sering, maksimal dua hingga tiga kali dalam setahun. Sebab formaldehyde yang ditemukan dalam smoothing dan juga bahan-bahan kimia lainnya juga berisko memicu munculnya kanker. 

7. Perubahan warna rambut

Adanya perubahan warna rambut merupakan salah satu efek samping dari smoothing yang sering tidak disadari. Penggunaan serum selama proses smoothing dan penggunaan sampo berbahan kimia yang kuat passca perawatan keratin dapat menyebabkan rambut berubah prematur.

8. Kerusakan tekstur rambut

Dalam perawatan smoothing, ikatan asam amino dan sulfida rambut rusak kemudian diremajakan lagi dengan memberi struktur baru. Maka dengan demikian, struktur alami rambut kita akan hilang.

9. Dapat memicu munculnya ketombe

Smoothing juga menyebabkan ketombe. Hal itu karena bahan kimia yang digunakan saat perawatan penghalusan menumpuk dikulit kepala dan mengendap di kulit kepala menjadi sedimen. Sedimen ini akan menjadi katalis dalam produksi serpih ketombe, yang menyebabkan gatal, rambut rontok, dan berminyak.

10. Dapat menimbulkan stres

Ketika kita menginginkan rambut yang indah, maka kita harus memiliki komitmen dalam melakukan perawatan rambut. Kita harus mengerahkan segala upaya untuk mempertahankan agar rambut kita tetap sehat dan indah. Terlalu banyak tuntunan akan membuat kita stres. Ditambah oagi dengan banyaknya biaya yang harus kita keluarkan untuk melakukan perawatan rambut. 

Nah itulah tadi dampak negatif yang ditimbulkan smoothing. Untuk mendapatkan rambut yang bagus diperlukan keseimbangan perawatan alami dan buatan. Maka melakukan smoothing juga harus diimbangi perawatan rambut secara alami. Sehingga dapat meminimalisir dampak negatif smoothing dan kita tetap mendapatkan rambut yang indah.

Related Posts

Posting Komentar