Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Pengertian Kronologi dan Manfaatnya Dalam Sejarah

Ketika kita sedang bercerita, saat ada teman yang tidak paham dengan cerita kita, maka teman kita akan menyuruh kita bercerita sesuai dengan kronologinya. Adapun tujuan teman kita meminta agar kita bercerita secara kronologis adalah supaya ia memahami peristiwa yang kita ceritakan. Nah, sebenarnya apa itu kronologi?

Secara etimologi pengertian kronologi berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘Chronos‘ yang berarti waktu dan ‘logos‘ yang berarti ilmu. Jadi kronologi bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang waktu.

Selain pengertian kronologi secara etimologi ada juga pengertian sejarah secara terminologi. Adapun pengertian kronologi terminologi adalah ilmu tentang waktu. Secara umum pengertian kronologi adalah urutan peristiwa dari peristiwa yang paling lama hingga yang paling akhir.

Lebih mudahnya kronologi adalah urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa. Kejadian ataupun peristiwa tersebut terjadi secara berkesinambungan sehingga terjadi periodisasi yang baik. Dalam hal ini, periodisasi runtut dan tidak terjadi lompatan waktu sehingga disebut dengan kronologi.

Dalam sejarah kronologi dilakukan agar  mengetahui bahwa dalam mempelajari dan menyusun peristiwa sejarah ini akan selalu terkait waktu. Adapun alasannya adalah waktu merupakan sesuatu yang akan selalu bergerak maju dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Selain itu juga kronologi juga menjelaskan bahwa peristiwa yang terjadi dimasa lalu selalu bergerak maju sehingga melahirkan peristiwa baru yang bisa saling berkaitan.

Manfaat Kronologi Dalam Sejarah

Nah berikut ini adalah manfaat kronologi dalam sejarah

1. Menghindari kerancuan

Sejarah menjadi jembatan dalam memberikan ilmu pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu. Dengan menggunakan kronologi maka akan menghindarkan kerancuan dalam peristiwa yang di ceritakan/ ditulis. 

Kronologi dalam sejarah membuat semua objek kajian dalam sejarah jelas kapan terjadinya peristiwa tersebut. Sehingga fakta-fakta yang disajikan benar-benar sesuai dengan waktu terjadinya.

2. Merekonstruksi peristiwa di masa lalu

Di dalam sejarah kronologi bermanfaat untuk merekonstruksi / mereke ulang peristiwa yang terjadi di masa lampau berdasarkan waktu kejadiannya. Sehingga dengan demikian, cerita sejarah yang disampaikan dapat mudah dipahami dan di yakini kebenarannya oleh orang banyak.

3. Menghubungkan peristiwa satu dengan peristiwa lainnya

Peristiwa sejarah yang terjadi pasti memiliki keterkaitan dengan peristiwa yang lainnya. Dalam hal ini kronologi  bermanfaat untuk membantu menghubungkan setiap kejadian yang terjadi di masa lalu antara peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain. Sehingga bisa dilihat hubungan sebab akibat mengapa sebuah peristiwa terjadi.

 4. Mempermudah dalam mempelajari sejarah

Kronologi sejarah membuat kita lebih mudah dalan mengingat peristiwa yang terjadi di masa lalu, sebab peristiwa tersebut disampaikan berdasarkan urutan waktu terjadinya. Sebaliknya jika sebuah cerita di sampaikan secara acak alias tidak kronologi, maka kita akan kesulitan untuk memahami peristiwa tersebut.

 5. Membandingkan peristiwa sejarah dari waktu ke waktu

Peristiwa di masa lalu yang berbeda-beda juga bisa dilihat berdasarkan dari kronologisnya. Sehingga dengan demikian kita bisa membandingkan sebuah peristiwa yang terjadi dari waktu ke waktu. 

 6. Memudahkan ingatan tentang peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu

Dengan berfikir secara kronologis pada dasarnya akan membuat peristiwa sejarah bisa menjadi lebih  mudah dipahami sehingga memudahkan kita untuk mengingat peristiwa yang teejadi dimasa lalu. Meskipun peristiwa tersebut sudah lama terjadi. 

7. Menarik minat orang yang mempelajari ilmu sejarah

Dengan pembagian waktu yang jelas, maka semua peristiwa sejarah tersebut mudah dipahami. Sehingga menarik minat orang untuk mempelajari peristiwa sejarah. 

Itulah tadi beberapa manfaat kronologi dalam sejarah. Dengan adanya kronologi maka peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa dengan mudah dipahami dan juga mudah untuk diingat. 


Related Posts

Posting Komentar