Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Rekomendasi Sistem Akses Kontrol pada Kawasan Pabrik dari Hikvision – HikCentral Enterprise

Pabrik merupakan tempat yang cukup perlu untuk diberikan pengamanan yang ketat. Keamanan yang dibutuhkan tentunya juga memerlukan sistem akses kontrol yang baik pula. Sistem akses kontrol adalah sistem keamanan yang memberlakukan pembatasan akses pada sumber daya yang ada. 

Pengguna dari sistem keamanan pabrik tentunya membutuhkan seseorang untuk mengakses. Orang tersebut adalah orang yang sudah diberikan hak istimewa untuk sistem akses kontrol yang ada. Dalam pabrik nantinya perlu orang pengakses dalam memasuki kawasan pabrik dengan menunjukkan tanda ataupun sertifikat izin yang kredibel.

Risiko Bila Tidak Ada Sistem Akses Kontrol di Pabrik

Umumnya, pabrik adalah tempat untuk menyimpan dan memproses berbagai macam bahan diantaranya bahan makanan, bahan mesin, bahan karet, dan lain sebagainya. Di dalam pabrik, tentunya juga akan terisi dengan mesin-mesin raksasa dan alat-alat untuk membuat produk. Tak heran juga ada bahan-bahan beracun yang disimpan di dalamnya. 

Dapatkah Anda bayangkan bila sebuah pabrik tidak memiliki sistem keamanan akses kontrol yang baik? Jika tidak diamankan dengan sistem kontrol yang baik, hal-hal beresiko pasti akan terjadi cepat atau lambat.

Tanpa adanya CCTV dan sistem keamanan yang memadai pada gedung pabrik akan membuat karyawan semena-mena dengan kawasan pabrik. Tidak menutup kemungkinan jika ada pihak-pihak yang ingin merusak atau mengambil sesuatu di kawasan terlarang.

Faktor Dalam Sistem Akses Kontrol 

Perlu Anda ketahui, jika Anda ingin memasang sistem akses kontrol yang baik untuk kawasan pabrik ada beberapa faktor yang butuh diketahui saat akan memasuki daerah kawasan terbatas. Faktor-faktor yang digunakan untuk keperluan autentifikasi diantaranya:

1. Sesuatu dari Kepemilikan Pengguna

Faktor selanjutnya yang digunakan untuk proses autentifikasi adalah Barang dari pengguna. Umumnya, pengakses diberikan sesuatu untuk dijadikan sebagai pembuka dalam sistem akses kontrol. Faktor ini biasanya dalam wujud kartu ataupun kunci. 

Perlu diketahui sebelumnya kartu ataupun kunci yang diberikan kepada si pengakses perlu diregistrasikan terlebih dahulu oleh pihak pengelola gedung. 

Namun, dengan bentuk wujud yang nyata, ada kekurangan yang muncul dari faktor ini. Hal ini dikarena bentuknya nyata dan dapat dipegang oleh siapapun bila kartu atau kuncinya hilang, akan susah bagi si pengakses untuk memasuki sistem akses kontrol. Lebih buruknya lagi, kemungkinan akan pemberian atau kehilangan kuncinya akan membahayakan pihak pabrik. 

2. Sesuatu yang Hanya Diketahui Pengguna

Bila memasuki suatu kawasan terbatas yang memiliki sistem akses kontrol yang baik tentunya akan memerlukan autentifikasi yang hanya diketahui oleh pengguna. Kode akses ini adalah hal yang bersifat rahasia. Dalam hal ini contohnya adalah penggunaan kata sandi ataupun Personal Identification Number (PIN). Kata sandi ataupun PIN awalnya diberikan oleh pihak pengelola untuk mengakses. Bagi orang yang telah diberitahukan PIN di dalam suatu sistem akses kontrol, dia akan memiliki keistimewaan dalam mengakses informasi tertentu dari pabrik.

Adapun bagian yang dimaksud bisa bagian jari, mata ataupun wajah. Pemilihan sistem akses kontrol ini dapat dikategorikan dalam sistem keamanan gedung yang canggih. Diperlukan orang-orang yang khusus untuk pemberian akses semacam ini. Faktor inipun bisa memperketat sistem keamanan. 

3. Sesuatu dari Bagian Pengguna (biometrik)

Faktor autentikasi ketiga dalam mengakses kawasan pabrik adalah sesuatu yang hanya pengguna saja yang punya atau unik. Ini adalah bagian dari tubuh si pengakses.

4. Kombinasi 

Untuk memperketat keamanan seringkali digunakan autentifikasi ganda, adalah kombinasi antara 3 faktor sebelumnya. Misal kombinasi antara kartu & PIN, kartu & biometrik, PIN & Biometrik.

Rekomendasi Sistem Akses Kontrol dari HikCentral Enterprise

Bila Anda berpikir sistem keamanan untuk sistem akses kontrol seperti di atas akan sulit ditemukan untuk kawasan pabrik Anda, kemungkinan besar Anda bisa menemukannya dengan produk dari Hikvision seri HikCentral Enterprise. 

HikCentral Enterprise adalah produk dari Hikvision yang menyediakan software yang diperuntukkan dalam memaksimalkan sistem akses kontrol di kawasan pabrik Anda. Teknologi yang ditawarkan tentunya sudah diintegrasikan dengan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Banyak sekali kegunaan dari sistem akses kontrol HikCentral Enterprise ini. Kegunaannya adalah membantu dalam membedakan jenis kendaraan, manajemen lokasi, manajemen orang dan barang di kawasan pabrik. Software yang ditawarkan juga dapat mendeteksi dan menganalisis area outdoor maupun indoor di kawasan tertentu. 

Tentunya semua kegunaan dari sistem akses kontrol di pabrik akan sangat membantu dalam memberikan perlindungan maksimal terhadap kecelakaan baik dari pihak pabrik dan orang-orang yang melakukan kegiatan di kawasan pabrik. Masih banyak lagi kegunaan dari sistem akses kontrol HikCentral Enterprise ini, Anda bisa pula meengakses website resminya untuk mengetahui lebih banyak https://www.hikvision.com/id/products/software/HikCentral-Enterprise-Series/


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar