Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Segera Hindari! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Cepat Rusak

1 komentar


                    Sumber: id.pinterest.com

Karena kegunaannya yang mampu menyejukkan ruangan dengan cepat, AC atau air conditioner menjadi kebutuhan yang wajib ada di setiap rumah. Apalagi, di sejumlah daerah di Indonesia diketahui memiliki suhu yang lebih panas daripada daerah lainnya. Sehingga untuk menyejukkan ruangan terkadang tidak cukup hanya menggunakan kipas angin. Maka dari itu, AC menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mendinginkan ruangan dengan efektif tanpa perlu waktu lama. 

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Cepat Rusak

Biasanya, AC digunakan di tempat kerja maupun rumah untuk memberikan kenyamanan saat beraktivitas. Namun, saat menggunakan AC kamu perlu bijak dalam menggunakannya, agar AC bisa lebih awet dan berumur panjang. Tahukah kamu, bahwa ada beberapa kebiasaan yang kerap kali dianggap sepele, tapi ternyata bisa mempercepat kerusakan AC. Ingin tahu apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Yuk, intip selengkapnya berikut ini!

1. Jarang Membersihkan AC

Sumber: id.pinterest.com

Barang elektronik yang digunakan setiap hari perlu diberikan perawatan yang ekstra. Tidak terkecuali AC, yang dimana memiliki cara kerja dengan menyaring udara kotor menjadi bersih, sehingga mengakibatkan banyak debu terkumpul.

Kalau tidak dibersihkan, kinerja AC akan menurun, dan membuat banyak bakteri, kotoran, serta jamur bersarang di dalam AC. Akibatnya, selain mempercepat kerusakan AC, kesehatan kamu dan keluarga juga akan terpengaruh. Oleh karena itu, jangan malas untuk membersihkan AC, ya. Idealnya, AC perlu dibersihkan minimal 3 bulan sekali. 

2. Mengatur Suhu AC Terlalu Rendah

                 Sumber: id.pinterest.com

Kebiasaan satu ini sering kali dilakukan banyak orang. Udara panas di luar ruangan memang membuat kita mudah gerah dan berkeringat, jadi tidak sedikit dari kita yang kerap kali mengatur suhu AC paling rendah agar mendapat kesejukkan yang nyaman. Tetapi, kebiasaan ini ternyata bisa berakibat buruk pada usia AC, lho. 

Saat mengatur suhu AC terlalu rendah, yaitu berada di angka 16 derajat celcius, kompresor AC akan bekerja lebih ekstra. Nah, kompresor yang bekerja secara berlebihan akan mudah mengalami kerusakan. Tak hanya itu, mengatur suhu AC terlalu rendah juga bisa memakan banyak daya listrik. Karenanya, kamu bisa mengatur suhu AC pada angka 22-24 derajat celcius, cukup dingin dan juga hemat listrik.

3. Mengalami Kebocoran pada Freon

               Sumber: id.pinterest.com

Freon adalah bagian dari AC yang berguna sebagai zat pendingin udara. So, kamu perlu memastikan kondisi freon terjaga dengan baik. Freon umumnya bisa bekerja sekitar 4-5 tahun untuk memerlukan pengisian ulang. Kebocoran menjadi salah satu masalah yang umum terjadi pada freon, kesalahan sambungan instalasi pipa atau masalah di kapasitor

Ciri-ciri freon yang mengalami kebocoran biasanya akan timbul bunga es di pipa sambungan dengan outdoor. Kebocoran freon bisa terjadi sebab bagian pipa saluran untuk mengalirkan udara dingin keluar yang tersumbat oleh kotoran dan debu. 

4. Menggunakan AC Secara Berlebihan

             Sumber: id.pinterest.com

Menyalakan AC seharian penuh tanpa memberikan waktu istirahat juga menjadi penyebab AC cepat rusak. Karena, penggunaan AC yang secara berlebihan akan membuat kapasitor AC menjadi cepat rusak. 

Selain itu, menyalakan pendingin ruangan AC secara sering juga akan membuat mesin mengeluarkan daya konsumsi yang lebih besar, maka jangan heran jika tagihan listrik di rumahmu melonjak tinggi saat sering menggunakan AC. 

5. Langsung Menyalakan AC 

                      Sumber: id.pinterest.com

Kita tentu tidak bisa menghindari pemadaman listrik yang terjadi tiba-tiba, saat sedang menyalakan AC. Namun, ketika listrik sudah kembali hidup, sebaiknya jangan langsung menyalakan AC karena dampaknya berbahaya pada komponen dalam AC, terutama untuk kompresor. 

Pasalnya, kompresor akan bekerja secara mendadak saat kamu langsung menyalakan AC. Hal tersebut akan memperbesar resiko kerusakan pada AC. Maka dari itu, cobalah untuk menunggu beberapa menit sebelum kembali menyalakan AC. 

Demikian ulasan tentang lima kebiasaan yang bisa merusak AC. Semoga informasi diatas bisa membantu kamu merawat AC agar lebih awet dan tahan lama, ya. 












Related Posts

1 komentar

  1. Beberapa poin di atas, aku selaku jalanin, kayak service ac secara teratur 3 bulan sekali. Ganti freon, ga pernah ngidupin AC 24 jam. Tapi yg ttg suhu paling rendah , agak susah, Krn aku sendiri termasuk yg ga kuat panas sedikitpun. Jadi memang semua AC di rumah terbiasa di pasang di suhu terendah. Kalo cuma 22-24 aku dan anak2 ga berasa sejuk mba. Mungkin Krn udah terbiasa paling rendah tadi ya .Kalo biaya listriknya, udah resiko memang. Tapi setidaknya dengan perawatan teratur 3 bulan sekali, syukurnya masih awet banget semua AC di rumah.

    BalasHapus

Posting Komentar