Sabtu, 19 Desember 2020

Makanan sehat untuk jantung sehat



Jantung memiliki ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Meskipun ukurannya kecil tetapi jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita. Sebab jantung berfungsi memompa dan menyebarkan darah serta mengangkut oksigen keseluruhan tubuh. Mengingat fungsinya yang sangat vital maka kita perlu menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari penyakit jantung. Memberikan makanan sehat untuk jantung sehat merupakan salah satu usaha untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Bebicara makanan sehat untuk jantung, berikut ini adalah makana sehat yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung kita

1. Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan fitonutrien. Fitonutrien adalah senyawa alami yang biasanya terdapat dalam sayur dan buah yang berfungi untuk menyehatkan jantung sehingga jantung tetap berkerja secara optimal. Selain maya fitonutrien kacang juga kaya akan serat dan air sehingga membuat kita cepat kenyang. Kacang juga kaya akan antioksidan sehingga sangat baik mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi diantara adalah

A. . Kenari

Kacang Kenari merupakan makanan sehat yang baik untuk jantung. Kacang ini kaya akan omega 3, lemak sehat dan juga serat yang menyhatkan bagi tubuh. Kacang kenari mampu menurunkan kolesterol dan melindungi arteri jantung dari perandagan. Kandungan lemak omega 3 dari tanaman teemasuk kacang kenari ini disebut dengan alfa-linoleat (ALA). Berdasarkan penelitian dengan mengkonsumsi ALA setiap hari mampu menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 10,%. Untuk mendapatkan manfaat ini kita bisa menganti camilan tidak sehat kita dengan mengkonsumsi kacang kenari.

B.. Almond

Kacang almond kaya akan lemak baik yang baik untuk jantung kita. Selain itu, kacang almond juga kaya serat Antioksidan, flavonoid dan juga vitamin E yang berfungi melindungi organ vital kita agar tetap bekerja secara optimal . Kandungan lemak baik yang terdapat di kacang almond mampu mencegah oksidasi dari kolesterol jahat yang berpotensi menimbulkan penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi almond sebesar 20 dari kebutuhan kolari dapat mengurangi Lemak jahat sebesar 12,m/dl.

C. Edamame

Edamame adalah bahasa Jepang untuk kedelai. Kandungan protein yang terdapat dalam edamame dapat membantu menghancurkan lemak yang menumpuk dalam tubuh. Selain itu kacang ini juga bermanfaat sebagai zat anti Islam. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan ini peradangan dapat disembuhkan secara cepat. 


3. Biji-bijian Utuh

Salah satu makanan sehat yang baik untuk jantung adalah yang berasal dari biji-bijian utuh. Sebab biji-bijian mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B dan mineral. Adapun biji-bijian utuh yang bagus bagi jantung adalah gandum, beras merah dan jagung. Selain sebagai sumber utama karbohidrat, biji-bijian tersebut dapat menurunkan berbagai macam resiko penyakit. Misalnya, penyakit jantung, diabetes dan obesitas. 

3. Memperbanyak konsumsi buah

Buah merupakan makanan yang kaya akan serat, kalium, magnesium dan juga rendah lemak. Beberapa buah yang bagus untuk kesehatan jantung diantaranya adalah

1. Anggur

Buah anggur kaya akan serat dan flavonoid, sehingga buah ini sangat baik untuk mencegah kerusakan jantung. Selain itu buah anggur juga mampu mencegah hipertensi.

2. Apel

Apel kaya akan vitamin C, serat dan flavonoid yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu buah apel juga mengandung yaitu epicatechin. Senyawa ini adalah zat antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga secara tidak langsung bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

3. Bluberi

Buah bluberi tingg serat, vitamin c dan antioksidan yang mampu mencegah radikalis bebas, menurunkan kolesterol, melebarkan pembulu darah. Sehingga mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu rasa manis dalam buah bluberi juga tidak memicu timbulnya diabetes.

4. Avokad

Buah avokad rendah gula dan kaya akan kalium. Kalium sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Sebah kalium mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga mengontrol tekanan darah, selain itu buah avokad juga mampu mencegah stroke.

5. Kiwi

Buah kiwi kaya akan kandungan vitamin C sehingga mampu menangkal radikal bebas dan membuat pembuluh darah menjadi elastis. Sehingga peredaran darah lancar dan jantung menjadi kuat.

6. Jeruk

Jeruk memiliki serat percitin yang dapat menurunkan kolesterol. Buah jeruk juga memiliki kalium yang membantu mengendalikan tekanan darah. Tekanan darah yang terkendali akan mengurangi risiko munculnya penyakit jantung.

4. Memperbanyak konsumsi sayur.

Sayur kaya akan serat, vitamin, dan mineral seperti kalium dan magnesium . Konsumsi sayuran hijau dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan yang terdapat dalam sayuran hijau mampu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah dan juga mengatasi peradangan. Penasaran dengan jenis sayuran yang baik buat kesehatan jantung. Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Bayam

Sayur bayam kaya akan kandungan kalium. Perlu diketahui satu porsi bayam memiliki kandungan kalium lebih tinggi dibandingkan dengan pisang.  Kalium  membantu meredakan stres pada  dinding pembulu darah dan membantu tubuh membuang kelebihan natrium. 

2. Sayur kale.

Sayur kale kaya nitrat yang dapat meningkatkan aliran darah. Kandungan nitrat dalam sayur kale dapat melebarkan pembulu darah dan membuka arteri. Hasilnya banyak darah yang kaya oksigen yang mengalir melalui pembulu menuju otot jantung. Sehingga tekanan darah menurun dan jantung tidak perlu memompa terlalu keras.

3. Brokoli

Sayur brokoli kaya akan vitamin C, vitamin E dan antioksidan. Antioksidan yang terdapat di sayur brokoli dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan cara melawan radikal bebas yang merusak sel. Usahakan masak brokoli dangan cara direbus sehingga kandungan gizinya tetap terjaga. Misalnya masukkan sayur brokoli ke dalam sayur sup.

4. Pakcoy

Sayur pakcoy mengandung folat, kaya vitamin dan juga kalsium. Folat merupakan nutisi penting untuk pertumbuhan sel sehat. Nutrisi ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan homosistein. Selain menurunkan risiko penyakit kardiovaskular kandungan gizi dalam sayur pockay juga bersifat anti kanker.

5. Buncis

Sayur hijau lainnya yang baik untuk jantung adalah buncis. Buncis kaya akan serat dan folat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu buncis juga mengandung vitamin A, B, C dan senyawa yang disebut lutein. Kandungan vitamin A dalam buncis berfungsi mencegah peradangan dan hipertensi. 

5. Ikan Salmon

Salmon kaya akan omega 3, sehingga Salmon dianggap sebagai makanan terbaik untuk jantung. Omega 3 adalah lemak sehat yang mampu mengurangi risiko ganggu ritme jantung dan menurunkan tekanan darah. 

6. Tuna

Selain Salmon tuna juga merupakan makanan sehat yang baik untuk jantung. Tuna juga kaya akan omega 3. Supaya kandungan gizinya tetap terjaga hindari masak tuna dengan minyak. Sebaiknya ikan tuna dimasak dengan cara dibuat sayur atau dipanggang.

7. Oatmeal

Serat yang terdapat dalam oatmeal dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab serat dalam oatmeal menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Seporsi oatmeal bisa membuat kita kenyang selama berjam-jam. Sehingga mencegah kita dari ngemil, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini tentu bermanfaat sekali bagi penderita diabetes dan juga menghindarkan kita dari obesitas.

8. Youghurt rendah lemak

Selain baik untuk tulang, produk olahan dari susu juga mampir mengontrol tekanan darah tinggi. Misalnya youghurt, minuman ini kaya akan kalsium dan kalium. Pilih youghurt rendah lemak,  agar kita benar-benar merasakan manfaat kalium dan mengurangi asupan lemak yang terdapat dalam youghurt.

Selain mengkonsumsi makanan yang baik, olahraga yang rutin juga diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Yuk! Sayangi jantung kita. 


Previous Post
Next Post

0 Comments: