Sabtu, 26 Desember 2020

Tips memasak nasi agar pulen

Tips memasak nasi agar pulen

Memasak nasi adalah kegiatan yang dianggap mudah dan semua orang bisa melakukannya. Tetapi jika tidak mengetahui teknik memasak nasi maka nasi yang di masak hasilnya tidak memuaskan. Bisa jadi nasi yang dimasak hasilnya lembek atau malah sebaliknya nasinya keras. Maka dari itu kita perlu tips memasak nasi supaya hasilnya pulen. Nasi yang pulen tentu akan membuat kita lebih nikmat saat mengkonsumsinya.

Sebelum membahas teknik memasak nasi agar pulen. Kita perlu membahas terlebih dahulu tentang cara membersihkan beras yanng benar. Sebab selama ini banyak anggapan yang salah mengenai cara mencuci beras. Nah, berikut ini adalah cara yang benar dalam mencuci beras.

1. Jangan mencuci beras hingga airnya bening

Selama ini orang beranggapan bahwa mencuci beras baru dikatakan bersih jika air bilasannya berwarna bening. Ini adalah anggapan yang salah, sebab kalau airnya bening berarti sudah banyak zat gizi beras yang hilang. Oleh karenanya, cuci beras dua kali saja.

2. Cuci beras dengan cara diaduk 

Cara mencuci beras yang benar selanjutnya adalah dengan cara diaduk-aduk. Jadi bentuk jari tangan menyerupai cakar untuk mengaduk beras tersebut. Jangan membersihkan beras dengan cara diremas. Karena hal ini juga akan membuat zat gizi dalam beras hilang dan beras hancur.

Cara memasak nasi agar pulen

Berikut ini adalah teknik memasak nasi yang pulen dengan menggunakan kompor dan rice cooker.

A. Memasak dengan menggunakan kompor

Berikan ini adalah tahapan memasak nasi dengan kompor agar hasilnya pulen.

1. Cuci beras 

2. Siapkan air lalu didihkan

3. Setelah mendidih lalu masukkan beras selanjutnya aduk-aduk sebentar

4. Kemudian tunggu hingga airnya habis

Catatan

Hal penting yang harus diperhatikan agar hasil nasinya pulen adalah perbandingan air dengan jumlah beras harus seimbang. Sebab jika terlalu banyak air maka nasi yang dihasilkan akan lembek. Sedangkan kalau jumlah airnya kurang beras tidak bisa mengembang akhirnya nasinya menjadi keras. Selanjutnya hal yang harus diperhatikan lagi adalah jangan memasukkan beras sebelum airnya mendidih. Karena nanti nasi yang dihasilkan juga akan keras tidak bisa mengembang sempurna 

Adapun keuntungan memasak nasi dengan teknik ini adalah nasinya mengembang sempurna. Jadi meskipun dingin nasinya tetap empuk dan lembut. Meskipun tanpa sayur nasi yang dimasak dengan teknik ini sangat mudah ditelan. Nasi yang dimasak dengan teknik ini sangat cocok dimakan dengan lauk ikan bakar ataupun ayam bakar yanh disertai dengan sambal lalapan. Kekurangan dari teknik masak nasi dengan cara ini adalah ketika dibuat nasi goreng nasinya agak lembek. Sehingga kalau dibuat nasi goreng perlu diaduk lama agar nasinya tidak begitu lembek dan menjadi lebih kering.

B. Memasak nasi dengan menggunakan rice cooker

Adapun teknik memasak agar nasi pulen dengan rice cooker adalah sebagai berikut

1. Cuci beras lalu taruh ke dalam rice cooker

2. Masukkan air ke dalam panci lalu didihkan

3. Setelah mendidih selajutnya masukkan air tersebut kedalam rice cooker, kemudian tekan tombol cook

4. Ketika sudah matang segera aduk-aduk nasinya. 

Catatan

Jadi memasak nasi dengan rice cooker kuncinya adalah dengan menggunakan air yang sudah mendidih untuk memasak nasinya. Selanjutnya setelah matang segera diaduk-aduk nasinya. Dengan diaduk-aduk maka nasinya akan semakin pulen. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah perbandingan air dengan beras harus seimbang. Sama seperti memasak dengan kompor jika kurang air maka nasinya menjadi keras. Sebaliknya jika terlalu banyak air nasinya akan lembek, bahkan jika menggunakan rice cooker nasinya akan lebih lembek lagi jika dibandingkan dengan masak menggunakan kompor.

Keuntungan memasak nasi dengan cara ini adalah hemat listrik. Jika biasanya membutuhkan waktu satu jam untuk memasak nasi dengan cara ini hanya butuh kurang lebih 25 menit saja, nasi sudah matang. Adapun keuntungan lainnya nasi yang dihasilkan dengan cara ini bulir-bulirnya utuh dan misah. Nasi yang dimasak dengan teknik ini sangat cocok dibuat nasi goreng. Adapun kekurangan adalah ketika nasi dingin nasinya akan sedikit keras. Maka dari itu usahakan nasi tetap dalam kondisi hangat saat mau dikonsumsi. Kalaupun dimakan dalam kondisi dingin usahakan untuk menambah kuah sayur supaya nasinya mudah untuk ditelan.

Nah, itulah tadi cara memasak nasi menggunakan kompor dan rice cooker supaya pulen. Masing-masing teknik memiliki keuntungan dan kekurangan. Jadi kita bisa menyesuaikan sendiri cara mana yang akan digunakan untuk memasak nasi. Jika untuk digoreng sebaiknya menggunakan nasi yang dimasak dengan rice cooker. Sedangkan jika akan dikonsumsi dengan lauk ikan dan sambal lalapan, sebaiknya memasak dengan menggunakan kompor. 


Previous Post
Next Post

0 Comments: