Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Follow by Email

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Yuk mengenal vaksin covid

Mengenal vaksin covid

Virus corona merupakan virus yang dapat menyebabkan gangguan sistem pernafasan, pneumonia yang bersifat akut dan gagal ginjal. Hingga saat ini virus corona telah menginfeksi ratusan ribu orang di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia.  Virus ini sangat mudah menyebar ke manusia melalui berbagai perantara. Misalnya melalui benda-benda yang telah terkontaminasi virus corona, lalu benda tersebut disentuh oleh tangan. Selanjutnya tangan tersebut digunakan untuk menyentuh bagian wajah seperti hidung dan mulut.

Memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan virus corona. Selain mampu mencegah virus corona, imun tubuh yang kuat juga mampu mencegah kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Sebenarnya tubuh kita sudah dibekali sistem imun tubuh untuk melawan penyakit. Namun adakalanya karena sesuatu hal sistem imun tidak bisa bekerja secara optimal. Maka dari itu kita perlu menjaga sistem imun tubuh supaya tetap kuat.

Selain menjaga sistem imun tubuh, pemberian vaksin covid adalah pilihan untuk mencegah penularan penyakit covid-19. Saat ini vaksin covid menjadi harapan supaya kita bisa terhindar dari virus corona. Penasaran dengan vaksin covid, yuk ketahui lebih dekat mengenai vaksin ini.

Hal-hal yang perlu diketahui tentang vaksin covid

1. Pengertian vaksin covid

Vaksin adalah bahan antigenik, yang berfungsi untuk menghasilkan kekebalan tubuh guna melawan sebuah penyakit. Dalam konteks penyakit COVID-19, vaksinnya berasal dari virus corona baru yang sudah dilemahkan. Pemberian vaksin biasa dikenal dengan vaksinasi. Dengan pemberian vaksin covid ini, maka tubuh diharapkan bisa menciptakan kekebalan guna melawan penyakit covid 19.

2. Vaksin covid tidak menjamin kita 100 % terbebas dari covid 19 

Pemberian vaksin covid memang tidak menjamin kita 100% terbebas dari covid 19. Tetapi, jika kita tetap terinfeksi maka gejala yang ditimbulkan akan jauh lebih ringan. Setelah menerima vaksin covid 19 bukan berarti kita abai terhadap protokol kesehatan. Protokol kesehatan harus tetap dilakukan supaya pencegahan penularan penyakit ini efektif. Maka dari itu kita harus tetap menerapkan 3 m (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

3. Tujuan pemberian vaksin covid

Adapun tujuan pemberian vaksin adalah melindungi tubuh agar terhindar dari paparan virus corana. Selain untuk memberikan kekebalan, vaksinasi yang dapat menciptakan herd immunity akan dapat melindungi masyarakat secara luas, termasuk orang yang tidak menjalani imunisasi karena faktor tertentu.

4. Vaksin covid tidak menimbulkan penyakit covid 19

Meskipun vaksin covid berasal dari virus covid tetapi vaksin ini tidak akan membuat kita menderita penyakit covid. Sebab virus yang ada di dalam vaksin tersebut telah dinonaktifkan. Jadi virus tersebut tidak lagi memiliki potensi apapun untuk dapat melakukan infeksi terhadap tubuh.

5. Vaksin covid diberikan kepada orang yang sehat

Vaksin hanya bisa diberikan kepada orang yang sehat. Sedangkan orang yang sakit tidak bisa diberikan vaksin. Adapun alasannya adalah membuat proses penyembuhan semakin lama dan juga bisa memunculkan reaksi yang tidak diinginkan.

6. Cara kerja vaksin covid

Vaksin secara umum bekerja dengan merangsang pembentukan kekebalan tubuh untuk melawan bakteri/virus penyebab penyakit tertentu. Sehingga jika seseorang terpapar sebuah penyakit misal covid 19, maka orang tersebut dapat terhindar dari  risiko penularan ataupun jika tertular tidak mengalami risiko sakit berat.

7. Ada efek samping

Sama seperti vaksin lain, vaksin covid juga memiliki efek samping. Setelah uji klinis, ada laporan bahwa beberapa efek samping yang dialami diantaranya adalah demam dan nyeri otot. Tetapi efek samping dari vaksin bisa berbeda disetiap individu, tergantung respon dari sistem kekebalan masing-masing.

Aplikasi kesehatan halodoc

Dimasa pandemi ini berkunjung ke rumah sakit menjadi dilema tersendiri. Maka dari itu kehadiran aplikasi kesehatan dimasa pandemi sangat membantu sekali. Sebab kita tidak perlu keluar rumah untuk berkonsultasi masalah kesehatan yang sedang dialami. Salah satu aplikasi kesehatan yang bisa dijadikan andalan adalah  Halodoc. Halodoc merupakan sebuah aplikasi dan situs web asal Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. PT Media Dokter Investama, perusahaan aplikasi ini didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Jonathan Sudharta. 

Halodoc menawarkan kemudahan dan mempersingkat waktu untuk mengakses kesehatan ketika pengguna membutuhkan pertolongan dokter. Melalui aplikasi ini pengguna bisa memilih dokter yang sesuai dengan kebutuhan. Pengguna juga bisa melakukan komunikasi langsung dengan doker melalui beberapa pilihan yaitu fitur voice, video call dan chat. Menu lain yang terdapat dalam aplikasi halodoc diantaranya adalah beli obat. Jadi pengguna bisa memesan obat melalui aplikasi ini dan selanjutnya obat tersebut akan diantar langsung dalam waktu 60 menit.

Selain chat dokter dan beli obat, ada beberapa layanan yang diberikan oleh aplikasi ini. Adapun layanan lainnya adalah sebagai berikut;

  • Buat Janji RS


Melalui aplikasi ini kita bisa membuat janji dahulu dengan dokter, sehingga kita tidak perlu antre. 

  • Pengingat Obat

Kadang kita sering lupa minum obat, nah melalui aplikasi ini kita bisa minum obat secara teratur tanpa takut terlewat lagi

  • Kalkulator BMI

Menjaga berat badan supaya tetap ideal penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk mengetahui ideal tidaknya berat badan, kita bisa menghitungnya melalui kalkulator BMI yang terdapat dalam aplikasi ini. 

  • Tes COVID-19

Aplikasi halodoc juga menyediakan berbagai pilihan tes untuk COVID-19, baik Tes Rapid maupun PCR

Untuk memiliki aplikasi ini caranya cukup mudah, kita bisa mengunduhnya di playstore. Selanjutnya segera lakukan registrasi supaya bisa menggunakan aplikasi ini. Dengan mengunduh aplikasi ini kita bisa dapatkan layanan kesehatan hanya dalam satu genggaman.

Related Posts

Posting Komentar