Membuat telur dadar yang renyah dan berenda



Salah satu jenis olahan telur yang tidak pernah membuat kita bosan adalah telur dadar. Beberapa waktu yang lalu saya pernah membaca bahwa ada sebuah warung di Yogyakarta terkenal dan laris karena lauk telur dadarnya. Ini membuktikan bahwa telur dadar memiliki daya pikat tersendiri bagi penikmatnya. Memang tidak dipungkiri telur dadar memiliki cita rasa khas sehingga meskipun hanya berlaku telur. Tetapi mampu menciptakan kenikmatan makan yang sungguh lezat.

Telur merupakan lauk yang cepat dan juga praktis. Tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk memasak. Bahkan jika membuat telur ceplok hanya butuh kurang lebih 5 menit. Selain itu juga tidak dibutuhkan banyak bumbu. Cukup ditaburi garam saja, rasa telur sudah cukup menggoyang lidah kita. Olahan telur ini memang sangat cocok digunakan saat kita memiliki keterbatasan waktu dalam memasak. Masak singkat tetapi hasilnya cukup nikmat.

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi resep untuk membuat telur dadar yang gurih dan renyah. Adapun bahan yang kita perlukan untuk membuat telur dadar adalah sebagai berikut
1. Telur dua butir
2. Bawang daun
3. Cabai (kalau suka dengan pedas kalau tidak tidak perlu pakai cabai rawit)

Pertama iris tipis bawang daun. Oya,  gunakan bawang daun dalam jumlah yang cukup banyak  untuk dua telur kita bisa gunakan 6 batang bawang daun. Karena semakin banyak bawang daun yang dipakai makan akan semakin gurih telur dadarnya. Setelah itu pecahkan telur ke dalam mangkok. Kemudian masukkan bawang daun. Tambahkan garam dan penyebabnya. Jika sudah pedas tambahkan irisan cabai rawit. Selanjutnya aduk-aduk supaya tercampur semua dengan bumbunya.  Gunakan garpu untuk mengaduk telur tersebut. Usahakan buat busa yang banyak saat mengaduk  telur. Semakin banyak bisa yang dihasilkan makan akan semakin renyah dan semakin berenda telur dadar yang dibuat.

Agar garing dan juga renyah maka saat menggoreng kita gunakan minyak goreng dalam jumlah banyak.  Saat menuangkan telur tunggu minyak hingga benar-benar panas. Setelah panas kemudian masukkan telurnya. Kemudian siramkan minyak goreng tersebut ke atas telur supaya terbentuk renda-renda diatas telur. Selanjutnya tunggu hingga bagian bawah benar-benar matang baru kemudian dibalik. Setelah kedua sisnya matang selanjutnya angkat telur dadar tersebut.

Comments

Post a Comment