Tips menjaga kebersihan helm saat musim hujan



tips menjaga kebersihan helm
Musim hujan telah tiba, senang rasanya karena udara panas berganti dengan durasi dingin yang menyejukkan. Sehingga tidur menjadi semakin nyaman. Menghadapi musim hujan ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Terutama jika setiap harinya kita keluar rumah. Persiapan tersebut diantaranya adalah menyiapkan jas hujan, selalu memeriksa kondisi kendaraan. Karena kondisi dingin musim hujan bisa membuat mesin mogok. Oleh karena sebelum digunakan kita harus mengecek kondisi kendaraan.

Selain jas hujan ada juga yang harus kita perhatikan saat musim hujan tiba yaitu helm. Jika setiap hari kita selalu menggunakan helm saat berangkat maka kondisi kebersihan helm harus kita jaga. Karena jika kita kehujanan otomatis helm yang kita pakai juga akan basah. Sehingga kita harus berupaya untuk menjaga agar helm tersebut lekas kering. Kalau helm tersebut tetap kita biarkan basah makan kondisi helm akan lembab. Lama kelamaan kondisi lembab tersebut mengakibatkan tumbuhnya jamur dalam helm kita. Ketika helm kita ditumbuhi jamur maka akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Dimana bau ini akan ikut menempel pada rambut kita dan kalau berjilbab makan jilbab kita akan berbau tidak enak. Tentunya menjadi hal yang tidak menyenangkan bukan jika tiba ditempat kerja lalu buka helm dan tercium aroma tidak sedap. Bisa saja orang sekitar kita akan terganggu kenyamanannya karena bau tidak sedap tadi.

Sebenarnya jika kita punya dua helm akan lebih mudah perawatannya. Jadi ketika helm satu basah makan kita bisa menggunakan helm yang satunya. Sementara helm yang basah tadi kita bersihkan. Tetapi jika kita cuma satu helm sebenarnya juga tidak masalah asalkan kita rajin-rajin saja merawatnya saat musim hujan.

 Tips menjaga kebersihan helm

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk merawat helm yang basah karena kehujanan.
Pertama, setelah sampai rumah helm yang basah tadi segera kita lap, kemudian jika agak basah kita bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan bagian dalamnya. Selanjutnya taruh helm ditempat yang cukup mendapatkan cahaya.

Kedua, dicuci. Sebenarnya di beberapa tempat sudah terdapat cuci helm, tetapi kita juga bisa melakukannya sendiri. Oya, saat mencuci helm ini usahakan kita punya cadangan helm yang lain. Kita bisa membeli ataupun meminjam karena untuk pengeringan bagian dalam helm jika dicuci sendiri membutuhkan waktu yang agak lama. Untuk mencuci helm kita gunakan deterjen yang busanya sedikit.

Kalau busa bagian dalam helm bisa dilepas kita lepas dahulu. Namun jika tidak dilepas juga tidak apa-apa. Kita bisa langsung mencucinya. Setelah diberi deterjen selanjutnya kita bilas kembali hingga bersih kemudian kita jemur dengan kondisi terbalik. Jadi bagian dalam helm berada di atas. Jemur hingga benar-benar kering. Karena jika tidak helm akan lembab dan jamur akan kembali tumbuh. Selanjutnya jika helm sudah benar-benar kering kita bisa menyemprotkan pengharum ke dalam helm tersebut. Supaya helm menjadi lebih harum

Itulah tadi cara merawat helm supaya helm tetap bersih dan kita juga akan nyaman memakainya

Comments