Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Ciri-ciri Rambut Menua dan Cara Mengatasinya

2 komentar

 

Rambut menua adalah adalah kondisi di mana rambut mulai mengalami proses penuaan yang membuatnya lebih rapuh, kering, dan kehilangan elastisitasnya. Meskipun umumnya rambut menua terjadi pada orang dewasa, namun kenyataannya, wanita usia 20-an pun bisa mengalami kondisi ini.

Faktor penyebab rambut mengalami penuaan

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut menjadi tua lebih cepat dari yang seharusnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan penuaan rambut.

1. Faktor cuaca (sinar UV)

Di Indonesia, sinar UV yang tinggi dapat berkontribusi pada penuaan rambut. Paparan sinar UV dari matahari dapat merusak struktur rambut, menyebabkan kehilangan protein dan kerusakan pada lapisan luar rambut. Hal ini dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan kehilangan kilau alami.

2. Polusi

Selain sinar UV, polusi udara juga dapat menjadi faktor penyebab penuaan rambut. Polusi mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak protein rambut dan membuat rambut kehilangan kelembaban alami. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan alami minyak dan kelembaban pada rambut, sehingga menyebabkan kerusakan dan kehilangan elastisitas. Selain itu partikel polutan yang menempel pada rambut dan kulit kepala dapat menyebabkan iritasi dan peradangan.

3. Makanan tidak sehat

Kekurangan nutrisi pada rambut seperti magnesium juga menjadi salah satu faktor terjadinya penuaan rambut. Makanan dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan rambut mengalami penuaan lebih cepat. Hal ini karena makanan ini dapat menyebabkan magnesium keluar dari dalam tubuh. Selain makanan dengan kadar gula tinggi, soda juga menyebabkan tubuh kehilangan magnesium sehingga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. 

Ciri-ciri rambut menua

Penuaan yang terjadi pada rambut menyebabkan sel pigmen yang berfungsi sebagai pemberi warna memburuk. Sehingga membuat warna rambut menjadi keabu-abuan atau biasa dikenal dengan nama uban. Tapi sebenarnya ciri-ciri rambut menua tidak hanya itu saja. Rambut kering, kusam, mudah patah dan kasar itu juga merupakan tanda rambut menua. Namun sayangnya seringkali wanita tidak menyadari bahwa permasalahan rambut yang dialaminya merupakan penuaan rambut.

Maka dari itu penting sekali bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri rambut menua agar bisa segera memberikan penanganan yang tepat. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ciri-ciri rambut menua.

1. Rambut kering

Salah satu ciri utama dari rambut menua adalah rambut kering. Rambut bisa menjadi kering karena beberapa alasan, seperti penggunaan produk perawatan yang tidak cocok, terlalu sering keramas, seringnya penggunaan alat pemanas seperti hair dryer atau catok, paparan sinar matahari berlebihan, kurangnya kelembapan alami di udara, atau kurangnya asupan nutrisi yang tepat. Kondisi rambut kering menyebabkan rambut rapuh dan kusut

2. Rambut kusam

 Selain rambut kering, rambut yang menua juga cenderung menjadi kusam. Rambut yang sehat akan memantulkan cahaya dengan baik, tetapi rambut yang kusam akan tampak tidak bercahaya dan kurang hidup. Hal ini juga berkaitan dengan hilangnya kelembapan dan nutrien yang diperlukan oleh rambut untuk tetap sehat dan berkilau.

3. Rambut mudah patah 

Ciri lain dari rambut yang menua adalah mudah patah dan. Rambut patah disebabkan oleh hilangnya protein dan keratin di dalam batang rambut, yang menyebabkan rambut kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Rambut yang mudah patah juga cenderung sulit untuk diatur dan sering kali tampak kusut.

4. Rambut kasar

Setelah rambut kering, biasanya akan menimbulkan rambut kasar. Rambut kasar muncul karena berbagai faktor seperti kurangnya kelembapan alami, paparan sinar matahari berlebihan, penggunaan produk perawatan yang mengandung bahan kimia keras, penggunaan alat pemanas secara berlebihan. Selain itu kurangnya nutrisi atau kondisi kesehatan tertentu juga dapat menimbulkan rambut kasar

Solusi mengatasi rambut menua

Setelah mengetahui ciri-ciri rambut menua. Langkah selanjutnya yang kita ambil adalah melakukan perawatan rambut yang tepat agar rambut tetap sehat dan indah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk perawatan rambut:

1. Melindungi rambut dari paparan sinar UV dan polusi udara

Untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang berlebihan, kita bisa gunakan penutup kepala atau aksesoris pelindung rambut saat beraktivitas diluar ruangan. 

Selain itu, gunakan hair care atau hair vitamin yang mengandung UV &heat protection agar rambut lebih terlindungi dari paparan sinar UV. 

2. Kurangi menggunakan alat styling rambut

Kurangi menggunakan alat styling panas seperti hair dryer, catok, atau curly yang dapat merusak rambut. Sebaiknya biarkan rambut kering secara alami dan hindari menyisir rambut saat masih basah serta gunakan sisir yang tepat untuk menghindari kerontokan.

3. Konsumsi makanan sehat

Jaga pola makan yang sehat dan seimbang. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin A, B, C, dan E serta mineral dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menyehatkan rambut dari dalam.

4. Perawatan rambut

Salah satu kunci utama untuk mencegah rambut menua adalah dengan melakukan perawatan rambut. Beberapa langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut serta menggunakan vitamin rambut secara rutin. Untuk hasil perawatan rambut yang lebih maksimal gunakan vitamin rambut yang diperkaya dengan Moroccan Oil atau Argan Oil, antioksidan dan mengandung UV dan heat protection. Hal ini karena kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menutrisi, menghidrasi serta melindungi rambut dari paparan sinar UV dan alat styling rambut.

Dengan menjaga kesehatan rambut sejak dini, kita dapat mencegah rambut menua lebih dini dan menjaga kecantikan rambut hingga usia tua nanti. Ingatlah untuk selalu konsisten dalam merawat rambut dan menjaga pola hidup sehat agar rambut tetap sehat dan indah.

Solusinya?

Tidak perlu bingung lagi cara melawan penuaan rambut, karena Hair Vitamin Ellips memiliki kandungan yang lengkap dan siap menjaga rambut kita dari kerusakan. Hair Vitamin Ellips merupakan kunci untuk melawan penuaan rambut karena:

  1. Mengandung Moroccan Oil yang berperan sebagai antioksidan
  2. Memiliki kandungan UV &Heat Protection untuk melindungi rambut bukan hanya dari styling tools tapi juga dari panas matahari
  3. Mengandung vitamin A, C dan E yang dapat memberi nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut

Cara pemakaiannya juga gampang sekali, tinggal buka kapsulnya dan ratakan kepada batang rambut setiap habis keramas. Rambut pasti akan terasa lembut dan sehat!

Gunakan Ellips secara rutin ya, untuk melawan penuaan rambut sehingga #RambutTetapMuda.


Related Posts

There is no other posts in this category.

2 komentar

  1. Mba Sulis pas banget sekarang rambutku lagi rontok parah setelah beberapa waktu kemarin saya tinggal lama di area panas, sekarang jadi rontok parah, mungkin bisa jadi karena menua, sering juga di rumah pakai vitamin ini buat rambut, suka dengan semua wanginya

    BalasHapus
  2. Mba Sulis pas banget sekarang rambutku lagi rontok parah setelah beberapa waktu kemarin saya tinggal lama di area panas, sekarang jadi rontok parah, mungkin bisa jadi karena menua, sering juga di rumah pakai vitamin ini buat rambut, suka dengan semua wanginya

    BalasHapus

Posting Komentar