Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tips sukses memasuki dunia kerja

Memasuki lingkungan baru, misalnya lingkungan kerja memang memerlukan adaptasi. Karena lingkungan kerja tersebut biasanya juga memiliki aturan dan tata cara tersendiri. 

Ada banyak cerita kerja saat seseorang baru memasuki dunia kerja. Ada cerita yang menyenangkan dan juga sebaliknya. Maka dari itu melakukan adaptasi perlu dilakukan agar kita bisa nyaman dengan lingkungan yang baru sehingga kita juga akan lebih produktif saat bekerja. 

Tips memasuki dunia kerja

Nah berikut ini adalah tips yang bisa kita coba ketika kita memasuki lingkungan kerja

1. Percaya diri

Biasanya orang baru segan atau canggung terhadap karyawan senior. Tetapi kita harus bisa menepis perasaan tersebut agar kita bisa akrab dengan karyawan senior. Sebab jika kita canggung atau malu makan orang lain juga akan canggung saat akan menyapa kita. Jadi tunjukkan rasa percaya diri kita. Kalau bisa sapalah terlebih dahulu karyawan senior, dengan cara demikian sebagai karyawan baru kita bisa langsung aktif untuk bersosialisasi. 

2. Pahami bahwa semua orang berbeda

Sangat penting bagi kita untuk memahami bahwa setiap orang memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Kita perlu memahami bahwa tidak semua orang nyaman ditanyai tentang kehidupan mereka, tapi disisi lain ada juga orang yang merasa tidak apa-apa ketika ditanyain tentang kehidupan mereka. Selanjutnya ada teman kerja yang selalu bisa diajak pergi setelah bekerja, tetapi ada pula yang tidak karena harus memprioritaskan keluarganya. 

Perbedaan-perbedaan karakter yang seperti ini sangat wajar jadi kita harus bisa memahaminya. Dengan memahami perbedaan tadi akhirnya kita bisa menjaga keseimbangan dalam bergaul. Sehingga teman-teman kita juga terasa nyaman saat bergaul dengan kita. 

3. Jangan gengsi untuk meminta tolong

Tidak dipungkiri saat pertama kali bekerja kita merasa kikuk, kita binggung apa yang harus dilakukan. Daripada kita bingung dan bertanya dalam hati alangkah lebih baik jika kita bertanya langsung kepada atasan ataupun teman kita. Tentu saja mereka akan membantu dan mengarahkan sehingga kita bisa bekerja dengan baik dan semua pekerjaan terselesaikan dengan baik. 

4. Berteman dengan tulus

Di dalam dunia kerja meskipun kita tidak terlalu dekat dengan teman kerja tapi ketika ada teman yang bercerita cobalah untuk mendengarkan cerita mereka. Kita mau mendengarkan kisah mereka bukan karena untuk menyenangkan mereka ataupun mendapatkan perhatian yang lebih tetapi murni karena kita berempati terhadap teman kita. 

5. Makan siang bareng

Ketika makan siang tiba, usahakan kita bergabung dengan teman-teman untuk makan siang bersama. Berbaurlah dan berceritalah mereka Ketika saling bercerita inilah makanan keakraban akan terjalin dan rasa canggung perlahan akan menghilang. 

6. Tidak membuat kelompok ekslusif

Tidak ada salahnya kita memiliki sekelompok teman kerja yang benar-benar dekat dengan lingkungan kerja. Tetapi yang perlu kita hindari adalah membuat kelompok tersebut ekslusif dan tidak bergaul dengan orang yang berada di luar kelompoknya. 

Itulah tadi berberapa tips yang bisa kita coba agar kita sukses memasuki dunia kerja. Selamat mencoba. 

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar