Tips mengatasi rasa gatal akibat ulat bulu


Hari ini ketika anak saya pulang bermain dari rumah temannya, kedua kaki dan tangannya bentol-bentol dengan ukuran agak besar. Entah bagaimana ceritanya dia bisa mengalami bentol-bentol tersebut. Kemungkinan saat pulang dijalan ia terkena bulu dari ulat bulu. Secara pastinya saya juga kurang tahu bagaimana ia mengalami bentol-bentol tersebut.

Sesampainya dirumah ia langsung menemui saya yang saat itu sedang didapur sambil menggaruk kedua tangan dan juga kakinya yang mengalami gatal-gatal. Ia bilang "buk gatal sekali". Seketika saya melihat kaki dan tangannya yang digaruk-garuk tadi. Ternyata kaki dan tangannya sudah bentol-bentol. Segera saya menyiapkan ramuan tradisional warisan dari nenek saya. Ramuan ini cukup sederhana hanya terdiri dari satu bahan saja yakni garam. Garam yang digunakan pun bebas boleh garam kasar atau garam halus uang beryodium.

Saya ambil garam sebanyak kurang lebih satu sendok makan, setelah itu kemudian saya balurkan ke bagian tubuh yang gatal-gatal. Agar lebih mudah untuk dibalurkan ada baiknya garam tersebut diberi satu tetes air. Dengan diberikan setetes air maka agar akan lebih encer sehingga lebih mudah lengket di kulit. Memang rasanya agak sedikit panas dan agak perih tetapi setelah itu rasa gatal akan berangsur-angsur hilang. Untuk rasa perih ini biasanya disebabkan karena luka lecet akibat kulit gatal yang digaruk. Jika tidak digaruk biasanya rasanya cuma sedikit panas dan itupun cuma sebentar.

Alhamdulillah setelah saya beri garam maka gatal-gatal yang dialami anak saya perlahan-lahan menghilang. Setelah rasa gatalnya hilang saya segera menyuruhnya mandi sekaligus untuk memberikan garam yang menempel.

Agar lebih mudah mengatasi gatal akibat ulat  bulu,  berikut ini saya akan berbagi tips mudah untuk mengatasi rasa gatal tersebut.

1. Saat  terasa gatal usahakan tidak usah digaruk, karena jika digaruk akan menimbulkan luka lecet.  Jika lecet maka saat diberikan garam akan terasa pedih.

2. Jangan memberikan bedak untuk mengatasi gatal karena ulat bulu karena gatalnya tidak akan sembuh tetapi malahan akan lebih menyebar.

3. Saat gatal karena ulat bulu usahakan jangan dibasuh dengan air atau bahkan mandi. Jika ini dilakukan maka rasa gatal tidak akan hilang malahan akan menyebar ke seluruh tubuh.

4. Saat gatal langsung saja siapkan garam. Caranya ambil satu sendok makan garam taruh dalam mangkuk kecil. Setelah itu beri satu hingga dua tetes air. Setelah agak encer maka segera balurkan ke bagian tubuh. Tunggu hingga kurang lebih 30 menit, baru kemudian mandi atau dibersihkan dengan air.

Nah, itulah tadi tips dari saya untuk mengetahui rasa gatal akibat ulat bulu. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar : Pixabay.com

Comments

  1. wah malah baru tahu kalau pakai garam, mksh infonya

    ReplyDelete
  2. Sumpah tiap tahu tulisan mb ani yg ini aku langsung buru2 pergi krn mrinding dg picture nya. Kali ini aku branikn bukak dg brush menghindar dr gambar. Hiiiii tp tipsnya bagus...

    ReplyDelete

Post a Comment