Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Era digital, mudahnya berbagi kebaikan melalui tulisan

2 komentar



                                                 Sumber gambar : Pixabay.com
Jujur, sebelumnya aku mengalami dilema ketika harus memilih tema untuk mengikuti lomba blog Nodi. Tema pertama bercerita tentang momen yang membuat kita bangga menjadi  blogger dan resolusi di tahun 2019. Selanjutnya tema kedua adalah cerita jika saat ini baru menulis di blog dan juga resolusi di tahun 2019. Ada beberapa hal yang membuatku bimbang dalam memilih salah satu dari tema yang disajikan. 

Pertama aku belum menemukan atau dengan kata lain mendapatkan momentyang membuatku bangga menjadi seorang blogger. Hal ini karena sebagai blogger pemula tentu tulisanku masih jauh dari bagus apalagi sempurna. Karena terkadang aku hanya menulis tentang curahan hati guna melapangkan rasa kalut yang melanda diri. Selain itu pula blogku juga belum pernah menghasilkan apa-apa, jangankan pundi-pundi rupiah sekedar buku give away saja belum pernah. Meskipun demikian aku tetap semangat untuk terus belajar. Alasan selanjutnya jika aku memilih tema yang kedua, yakni pertama kali menulis blog, rasanya tema ini kurang pas. Karena kali ini bukanlah pertama kalinya aku menulis di blog tetapi sudah berkali-kali. Meskipun demikian aku akui, kualitas tulisanku masih jauh jika dibandingkan dengan teman-teman senior blogger lainnya.

Akhirnya setelah sekian lama menimbang, aku pun memutuskan untuk mengakhiri dilema hati dengan memilih tema pertama. Karena setelah aku renungkan, ketika aku berhasil mengikuti lomba menulis di blog, itu adalah suatu moment yang membuatku bangga menjadi seorang blogger. Bagaimana aku tidak bangga? Karena tidak semua orang bisa mengikuti lomba ini dan hanya para blogger yang bisa mengikutinya. Iya kan? Bagiku moment mengikuti lomba menulis di blog adalah sebuah kemenangan tersendiri, karena aku telah berhasil mengalahkan rasa malas yang sering kali menggelayuti. 

Mengikuti lomba menulis di blog semakin menambah rasa percaya diriku dalam mempublikasikan tulisan. Karena tidak dipungkiri, ada rasa malu dan tidak percaya diri ketika mempublikan tulisan. Aku merasa tulisanku jelek, tidak bermanfaat dan hanya berisi sampah. Untuk mengikuti lomba menulis blog ini akupun harus mengeluarkan segenap keberanianku. Menepis segala perasaan negatif yang ada. Selain itu dengan mengikuti lomba menulis di blog aku merasa waktu luang yang aku miliki lebih berharga dan tidak berakhir sia-sia.

Dalam mengikuti lomba menulis blog Nodi ini, ada satu hal yang semakin membuatku termotivasi. Karena berdasarkan info yang kubaca, tulisan yang diikutkan dalam lomba ini akan mendapatkan kritikan langsung dari salah satu juri yakni Khrisna Pabichara. Tentunya ini adalah kesempatan yang langka dan tidak boleh terlewat begitu saja. Karena dari kritikan beliaulah nantinya aku bisa mengetahui kekurangan dari tulisan ini. Dan kedepannya kritikan tersebut akan menjadi pelajaran berharga agar aku bisa menulis lebih baik lagi. Aku berharap semoga kedepan semakin banyak blogger profesional mengadakan lomba seperti ini. Karena lomba seperti ini semakin membuat blogger pemula sepertiku lebih termotivasi  untuk  menulis. Selain itu  kompetisi seperti ini sangat bagus sekali untuk mengasah kemampuan menulis, sehingga kemampuan blogger pemula bisa meningkat.

Di tahun 2019 ini tentunya aku ingin melakukan perubahan dan perbaikan. Karena aku tidak ingin umurku hanya berjalan terus, tetapi masih jauh dari kebaikan dan kebermanfaatan. Aku ingin di tahun 2019 ini bisa lebih banyak menulis lagi, dan salah satu orang yang menginspirasiku untuk terus bersemangat dalam berkarya adalah Pak Nodi. Memang awalnya aku tidak mengenal siapa Pak Nodi tersebut. Lewat lomba blog Nodi inilah aku bisa mengenal beliau dan kemudian aku mengunjungi situs websitenya. Dari situs websitenya akhirnya aku ketahui bahwa  beliau adalah seorang blogger profesional yang telah banyak mendulang prestasi. Harapan kedepannya aku juga ingin bisa mengikuti jejak keberhasilan beliau. Aku tahu ini tidaklah mudah, tetapi aku akan belajar juga dari blog Pak Nodi. Di sana, ada banyak hal yang bisa aku pelajari. Aku bisa mempelajari tentang gaya bahasa, alur penulisan dan juga bisa menambah perbendaharaan kosa kata.



                                                       Sumber gambar : Pixabay.com
Era digital memudahkan orang untuk berbagi kebaikan melalui tulisan. Rasanya sayang jika aku menyia-nyiakan hal ini. Maka dari itu aku ingin agar tulisanku lebih berkualitas dan  bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Aku ingin bisa berbagi kebaikan melalui tulisan yang ku buat. Karena menurutku berbagi itu tidak hanya menggunakan materi. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi juga merupakan sebuah kebaikan. Hal tersebut bahkan bisa memberikan pencerahan, sehingga bisa membuat perubahan. Karena pada dasarnya ketika kita ingin melakukan sebuah perubahan, itu harus dimulai dari pola pikir dan dan untuk merubah pola pikir salah satunya adalah melalui sebuah tulisan. Mungkin kalimat Sayyid Qutb ini sudah tidak asing lagi bagi kita ”satu peluru mampu menembus satu kepala tetapi satu tulisan mampu menembus jutaan. Demikianlah keampuhan dari sebuah tulisan, ia mampu mempengaruhi pola pikir, menggerakkan lalu melakukan sebuah perubahan menuju perbaikan.



             Sumber gambar : Koleksi Pribadi

Selain itu juga aku ingin agar blog yang ku miliki ini juga menjadi salah satu jejak bahwa aku pernah ada. Aku ingin tulisanku menjadi ladang pahala setelah aku tiada. Dengan blog  ini aku juga ingin berbagi tentang ilmu yang ku miliki. Bagiku ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang ditularkan. Sedangkan ilmu yang hanya disimpan dan tidak diamalkan ia tidak akan memiliki kebermanfaatan. Ilmu tersebut akan hilang dan tenggelam bersama dengan jasad yang terpendam. Sedangkan ilmu yang diamalkan, ia akan  memberi kebermanfaatan dan akan terus mengalirkan pahala meskipun jasad kita telah tiada. Dengan karyanya seseorang tetap akan dikenang oleh penghuni dunia dan pahala juga akan terus mengalir baginya.

Kedepan akupun berharap tulisan ini juga bisa menjadi pengingat bahwa aku pernah punya mimpi untuk lebih produktif lagi dan menjadikan blog yang aku miliki lebih berkualitas serta memberikan manfaat bagi sesama. Dan aku pun berharap semoga tulisan ini nantinya tidak hanya sekedar resolusi yang akhirnya basi karena tertimbun dengan kemalasan diri. Tetapi tulisan ini akan selalu menjadi motivasi agar aku bisa mewujudkan resolusi menjadi cerita nyata yang menginspirasi.


Related Posts

2 komentar

Posting Komentar