Tips merawat kulit wajah yang terkena jerawat



Beberapa hari yang lalu saya terkena jerawat di wajah. Sebenarnya kulit wajah saya ini adalah normal dan cenderung ke kering. Namun meskipun demikian, disaat-saat tertentu jerawat menghampiri wajah saya. Biasanya hal ini terjadi jika menjelang menstruasi ataupun saat wajah lama tidak dibersihkan.

 Ada dua jenis jerawat yang menghinggapi wajah saya. Pertama adalah jerawat yang jumlahnya banyak tetapi ukurannya kecil-kecil. Kedua, jerawat dengan ukuran yang besar dan jumlahnya biasnya cuma satu. Dibandingkan dengan jerawat kecil yang jumlah banyak, jerawat besar yang hanya berjumlah satu ini lebih sakit. Biasanya untuk jerawat yang besar ini, saat akan muncul maka akan menimbulkan rasa nyeri. Sebaliknya jerawat yang ukurannya kecil biasanya tidak memunculkan gejala nyeri.

Biasanya saya juga memberikan perlakuan yang berbeda untuk jerawat yang ukurannya besar dan kecil. Untuk yang kecil biasanya saya hanya membiarkan saja, nanti jika sudah beberapa hari maka saya akan memencetnya supaya komedonya/nanahnya keluar. Setelah nanahnya keluar maka keesokan harinya kulit wajah bekas jerawat akan langsung sembuh. Jerawat yang ukurannya lebih kecil akan lebih cepat sembuhnya jika dibandingkan dengan jerawat yang ukurannya lebih bersar.

Untuk jerawat yang lebih besar yang memberikan perlakuan agak khusus. Berikut ini adalah beberapa langkah yang saya lakukan saat jerawat menghampiri wajah saya.

1. Saat pertama muncul gejala, saya tidak akan sering-sering memegang bagian wajah saya yang terkena jerawat meskipun terasa gatal. Karena berdasarkan pengalaman semakin sering di pegang maka rasa nyerinya akan semakin bertambah.

2. Saat mandi saya berusaha membersihkan bagian wajah yang terkena jerawat dengan pelan-pelan. Biasanya saya membersihkan memang saat pagi dan sore hari jadi saat siang ataupun malam maka saya tidak akan memegang-megang wajah saya yang terkena jerawat. Hal ini karena saat siang hari tangan biasanya kotor.  Jadi untuk menghindari agar jerawat tidak terkena kuman, maka saya berusaha sebisa mungkin untuk tidak memegang jerawat.

3. Tunggu beberapa hari supaya jerawatnya siap untuk dipencet (ada yang mengistilahkan tunggu hingga jerawatnya matang). Jangan dipencet sebelum jerawatnya matang karena biasanya akan mengeluarkan banyak darah selain itu biasanya sembuhnya juga akan lebih lama. Sebaliknya jika jerawat matang maka kita akan mudah mengeluarkan nanahnya. Setelah nanahnya keluar biasanya keesokan harinya jerawatnya akan kering dan beberapa hari kemudian akan sembuh.

Nah, itulah tadi beberapa langkah yang biasanya saya lakukan jika mengalami jerawat yang ukurannya besar. Dengan cara tersebut biasanya jerawat lekas sembuh selain itu juga tidak menimbulkan bekas luka. Semoga bermanfaat!

Comments

Post a Comment

Popular Posts