Tips mengatasi kejenuhan saat bekerja



Dalam mengerjakan sesuatu pasti kita pernah mengalami kejenuhan. Sehingga membuat kita merasa kurang bergairah dalam menjalankan sebuah aktivitas. Dalam kondisi seperti ini kita akan merasa bosan dengan aktivitas yang kita jalani. Dan rasanya ingin melakukan hal-hal lain untuk menghilangkan sebuah kebosanan ataupun kejenuhan.

Memang tidak dipungkiri rasa jenuh akan kerap kali datang saat kita melakukan rutinitas kegiatan yang sama. Maka dari itu kita harus memiliki trik agar kita tidak jemu dalam melakukan kegiatan yang sehari-hari. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kejenuhan saat melakukan sebuah pekerjaan.

Pertama, melakukan refreshing.
Refreshing ini akan membuat pikiran kita akan kembali segar. Dan juga memberikan energi baru supaya kita lebih giat dalam melakukan sebuah pekerjaan. Saat refreshing ini tidak hanya otak kita yang segar tetapi panca Indra kita juga turut merasakan hal-hal baru yang membuat kita lebih bersemangat. Pemandangannya yang dilihat akan melahirkan kententaram dan kenyamanan. Sedangkan segarnya udara yang kita hirup membuat pikiran kita jadi lebih segar.

Kedua, melakukan hobby
Dengan mengerjakan hobby maka kita akan merasakan suasana baru. Sehingga rasa bosan yang ada akan hilang berganti dengan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu hobby yang kita lakukan juga akan membuat kita merasakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Dimana rasa bahagia yang muncul ini akan mengembalikan semangat dan energi. Sehingga kita akan siap kembali untuk melakukan rutinitas pekerjaan.

Ketiga, mencoba hal-hal baru
Saat kita mencoba hal-hal baru maka akan melahirkan sebuah kepuasan tersendiri buat kita. Terlebih jika kita bisa berhasil melakukan hal-hal baru tersebut dengan baik. Semisal saja kita membuat kerajinan dari bahan-bahan bekas. Saat kita bisa menghasilkan karya dari bahan-bahan bekas tersebut tentu kita merasakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Maka dari itu jika kita mulai mengalami kebosanan alangkah lebih baik jika kita melakukan hal-hal baru yang mengundang rasa penasaran.

Keempat, bergabung dengan teman-teman
Adakalanya saat kita melakukan pekerjaan kita jarang pergi bareng lagi dengan teman-teman kita. Hal ini memang wajar karena memang saat kita bekerja tubuh akan merasa capek sehingga kita lebih memilih untuk beristirahat dibandingkan harus bermain dengan teman-teman kita. Namun adakalanya, saat kita bosan bepergian dengan teman akan membuat sauana hati kembali menjadi gembira dan bahagia. Hal ini karena saat bersama teman kita bisa bercerita apa saja tentang apa yang kita rasakan. Dengan bercerita dengan teman maka perasaan akan menjadi lega. Selain itu teman kita juga bisa memberikan solusi dari masalah yang tengah kita alami. Berkumpul dengan teman-teman ini bisa kita agendakan misalnya satu Minggu sekali ataupun saat ada waktu luang.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kejenuhan yang kita alami saat bekerja. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular Posts