Camilan nikmat yang tidak membuat berat badan bertambah





Gorengan adalah camilan/jajanan yang banyak digemari. Mulai anak-anak hingga orang tua menyukai jajanan gorengan ini. Namun sayangnya gorengan biasanya terbuat dari tambahan adanonan tepung. Dimana tepung yang digoreng akan menyebabkan kandungan lemak dan karbohidratnya meningkat. Sehingga jika kita konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kegemukan.


Nah, kali ini saya ingin berbagi resep tentang membuat camilan enak tanpa menggunakan tepung. Jadi kalau kita konsumsi kita tidak perlu khawatir akan adanya tumpukan lemak. Ide ini sebenarnya muncul karena saya sangat menyukai gorengan namun saya ingin agar gorengan yang saya konsumsi tidak membuat berat badan meningkat.


Beberapa hari ini saya seringkali membuat jus wortel. Dimana saya menggunakan blender untuk membuat jus ini. Sehingga setelah diperas menyisakan ampas. Karena sayang jika dibuang, maka ampas dari jus wortel ini kemudian saya simpan di kulkas. Setelah beberapa hari ternyata ampas wortelnya terkumpul hingga satu mangkuk. Kemudian saya terpikir untuk dibuat camilan.  Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah postingan yang membuat camilan semacam nugget dari bahan wortel tanpa menggunakan tambahan tepung terigu ataupun tepung tapioka dalam adonan nungget tersebut. Jadi tepungnya diganti dengan tepung agar-agar warna putih.


Berikut ini bahan yang digunakan untuk membuat nungget wortel
Bahan-bahan
1. 1 buat wortel
2. 1 butir telur
3. 1 buah tepung agar-agar ( gunakan 1/4 saja)

Bumbu
1. Bawang merah
2. Bawang putih
3. Merica
4. Garam
5. Penyedap

Cara pembuatan
1. Kupas kulit wortel, cuci kembali diparut dengan menggunakan parutan keju ( saya menggunakan ampas dari jus wortel)
2. Kupas bawang merah dan bawang putih selanjutnya  haluskan bersama dengan merica
3. Ambil mangkuk, masukkan wortel yang telah diparut dan juga bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan 1/4 tepung agar-agar dan satu butir telur. Kemudian diaduk-aduk hingga semuanya tercampur
4. Setelah adonan tercampur selanjutnya masukkan ke dalam plastik kemudian dikukus kurang lebih 20 menit. Setelah dingin kemudian dipotong-potong. Sebenarnya ini bisa langsung dimakan, tetapi juga bisa digoreng. Saya memilih digoreng karena menurut saya lebih gurih jika dibandingkan dengan yang tidak digoreng.


Nah itulah tadi resep membuat camilan yang sehat nikmat dan tidak perlu takut berat badan bertambah.


Sumber gambar : Dokumentasi Pribadi

Comments