Menikmati proses dari sebuah usaha





Ketika kita memiliki sebuah keinginan, namun tak kunjung dicapai maka akan ada rasa kecewa dalam benak kita. Sebenarnya jika kita telusuri lebih lanjut rasa kecewa ini lahir dari besarnya ambisi kita namun kita enggan mengikuti prosesnya. Kita ingin segera agar semua cepat terwujud, tanpa perlu menunggu lama. Padahal di dunia ini segalanya membutuhkan proses sebelum kita bisa menikmati hasilnya.


Maka dari itu kita harus bisa menekan sebisa mungkin ego dan ambisi berlebihan yang kita miliki. Ambisi yang berlebihan hanya akan menghasilkan pikiran negatif. Sehingga hal ini akan menguras energi kita dan kita  menjadi tidak produktif. Nasehatah diri bahwa semua ada waktunya dan harus membutuhkan proses. Kita tidak bisa memaksanya langsung jadi ataupun langsung ada. Karena sesuatu yang dipaksa hasilnya pasti tidak akan baik.


Oleh karenanya, nikmatilah proses yang sedang kita lakukan. Dengan menikmatinya maka waktu serasa berjalan cepat. Namun jika kita tidak bisa menikmatinya maka rasanya akan terasa sangat lama. Hal ini karena pikiran kita hanya terfokus kepada satu hal yaitu menunggu. Tentu ketika kita menunggu maka yang ada dipikiran kita adalah tentang keinginan kita supaya cepat menjadi nyata. Sehingga pikiran yang seperti ini akan melahirkan ambisi yang sifatnya negatif. Kita malas melakukan hal lain dan hanya tertuju pada pemikiran agar keinginannya kita cepat terwujud. Jika ini yang kita alami maka kita akan mengalami kejenuhan dan menganggap waktu berjalan lambat sekali.


Hal ini tentu berbeda jika proses kita nikmati dengan melakukan bermacam-macam aktivitas. Karena banyaknya aktivitas maka tanpa disadari maka waktu akan berjalan dengan cepat. Mungkin kita pernah mendengar sebuah ungkapan bahwa waktu yang berjalan cepat itu artinya anda bahagia sebaliknya waktu yang yang berjalan terasa lambat itu menandakan bahwa hidup kita sedang tidak bahagia. Tidak dipungkiri memang benarlah adanya pepatah ini. Jika kita isi waktu dengan  berbagai macam kegiatan tanpa kita sadari rasanya waktu yang kita miliki seakan kurang. Sebaliknya waktu yang tidak digunakan rasanya lambat berjalan.


Maka dari itu isilah masa menunggu tersebut dengan melakukan banyak kegiatan. Misalnya saja dengan menulis, berkebun ataupun juga melakukan kegiatan yang menjadi kegemaran. Dengan demikian proses yang  bersanding dengan beragam aktivitas tidak akan melahirkan rasa jemu dalam menunggu hasil yang telah kita usahakan. Bahkan tidak terasa waktu berjalan dengan cepat dan ternyata tanpa disadari kita telah memperoleh hasil dari kerja keras kita.

Sumber gambar : Pixabay.com

Comments