Eksotisme wisata alam pantai dan hutan kera Nepa, salah satu wonderful Indonesia



Di Minggu Pagi itu saya bersama keluarga pergi untuk menikmati liburan di sebuah pantai yang berada disekitar tempat tinggal saya. Memang, perjalanan wisata sudah lama diinginkan oleh anak-anak saya. Namun karena beberapa kesibukan wisata keluarga ini baru bisa dilaksanakan. Karena lokasi wisata ini dekat sekitar dua kilometer jaraknya dari rumah. Maka saya sekeluarga pergi kesana dengan menggunakan sepeda motor.


Lokasi pantai ini berada di desa Batioh kecamatan Banyuates kabupaten Sampang Madura. Dari jalan raya provinsi masuk kurang lebih 1 km. Dijalan masuk menuju lokasi wisata terdapat sebuah gapura yang berisikan ucapan selamat datang di wisata pantai hutan kera Nepa. Gapura ini selain sebagai penyambutan awal masuk lokasi wisata, juga sebagai penanda arah jalan masuk ke lokasi wisata tersebut. Jalan menuju lokasi wisata ini cukup lebar, jadi mobil ataupun bus pariwisata bisa dengan mudah melewatinya.





                  Salah satu tempat berswafoto yang berlatarkan tulisan NEPA dan laut lepas

Hingga saat ini untuk menikmati keindahan pantai dan hutan di wilayah ini kita cukup membayar biaya parkir kendaraan saja. Sesampainya di lokasi maka mata kita akan langsung dimanjakan dengan pemandangan pantai dan pasirnya yang menghampar luas. Tampak pula sebuah papan yang berisi ucapan selamat datang yang dibuat oleh KKN dari universitas Airlangga. Anak-anak sayapun langsung bersorak kegirangan saat melihat indahnya pantai tersebut. Mereka segera berlarian menuju pasir yang menghampar. Sungguh pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang sudah terkenal hingga ke manca negara.


Pengunjung dari pantai ini cukup banyak, terlebih saat hari libur. Pengunjung bisa berkali lipat dari hari-hari biasanya. Para pengunjungnya pun tidak hanya berasal dari wilayah sekitar tetapi banyak pula yang berasal dari luar kota. Bagi pengunjung luar kota lokasi ini teramat sayang jika kedatangan mereka tidak diabadikan dengan kamera. Maka tak heran jika disana banyak orang yang berselfi ria memperlihatkan keberadaan di pantai yang eksotis ini.


                                          Salah satu tempat untuk berswafoto

Ada banyak fasilitas yang dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Mulai dari gazebo-gazebo yang berada di pesisir pantai dan juga sebuah lokasi yang rencananya akan dibuat menjadi sebuah musola. Selain itu juga terdapat jalan setapak yang berada dipinggir pantai. Jadi melalui jalan setapak ini kita bisa berjalan menyusuri keindahan pantai tersebut sambil menikmati sejuknya hembusan angin pantai.


Namun bagi yang ingin menikmati deburan kecil ombak pantai dan merasakan indahnya bermain pasir kita bisa langsung pergi ke pinggir pantai. Disana kita bisa merasakan sensasi bermain pasir layaknya dipantai-pantai terkenal yang ada di Indonesia. Untuk menambah pesona dari lokasi wisata ini. Maka pemerintah setempat membangun sebuah bangunan untuk berswafoto. Salah satu bangunan untuk berswafoto berada di pinggir pantai. Jadi, jika kita ingin berfoto maka kita harus menaiki tangga terlebih dahulu karena memang bangunan ini dibangun agak tinggi. Hasil berswafoto di tempat tersebut sangatlah bagus karena latar belakang dari tempat tersebut adalah sebuah tulisan NEPA dan hamparan laut yang luas. Banyak sekali pengunjung yang ingin berselfi ditempat karena rasanya sayang jika sudah sampai ditempat wisata ini tetapi tidak berswafoto ditempat tersebut. Selain tempat tersebut sebenarnya ada banyak sudut yang bisa diabadikan dengan kamera. Maka tak heran pula jika disana menjadi lokasi yang menyenangkan bagi pecinta fotografi.





                                           Suasana di hutan kera Nepa

Setelah menikmati indahnya pantai, maka kita bisa langsung menikmati keindahan suasana hutan. Karena lokasi bersebelahan langsung dengan pantai tersebut. Sesuai dengan namanya hutan kera, maka penghuni dari hutan ini adalah kera. Saat masuk ke hutan tersebut maka kita akan segera disambut dengan munculnya kera yang keluar dari rerimbunan hutan. Tidak perlu takut, karena kera disana tidak menganggu pengunjung. Biasanya mereka hanya duduk disepanjang jalan setapak yang ada ditengah hutan tersebut. Namun banyak pula yang bergelantungan dan juga berlarian dengan segerombolan kera lainnya. Suasana didalam hutan sangat sejuk sekali, jika kita ingin berlama-lama menikmati keindahan hutan ini kita bisa duduk-duduk ditempat yang telah disediakan.


Jadi, jika para sobat berkunjung ke pulau Madura, jangan lupa untuk mampir ke lokasi tersebut. Sebuah lokasi eksotis yang menyajikan dua keindahan pesona alam sekaligus yakni indahnya suasana pantai dan juga keindahan hutan.

Bagi sobat yang ingin berbagi tentang keindahan pesona alam daerah sekitarnya. Silahkan bagikan tulisan sobat di https://www.indonesia.travel dan jangan lupa untuk mengikuti lomba menulis worderfull Indonesia disini https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi

Comments

Post a Comment