Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Gardan

Posting Komentar
Perbedaan Oli Mesin dan Oli Gardan

Dalam menjaga performa dan keandalan kendaraan, oli mesin dan oli gardan memainkan peran penting. Hal ini karena kedua oli tersebut memberikan perlindungan dan kinerja optimal bagi mesin kendaraan. Sebagai cairan pelumas, keduanya memiliki peran yang sangat berbeda namun sama-sama penting dalam menjaga dan memastikan kelancaran operasi kendaraan kita.

Agar kita bisa memberikan perawatan yang tepat untuk kendaraan kita. Maka kita harus memahami secara mendalam perbedaan antara oli mesin dan oli gardan. Ada beberapa hal mendasar yang harus kita ketahui terkait perbedaan oli mesin dan oli gardan. Apa saja perbedaanya? Yuk simak tulisan berikut ini:

Inilah Perbedaan Oli Mesin dan Oli Gardan

1. Perbedaan dari segi fungsi

Oli Mesin fungsi utamanya  adalah mengurangi gesekan antara komponen bergerak dalam mesin, seperti piston dan silinder. Selain itu, oli mesin juga membantu mendinginkan suhu mesin dan melindungi dari kotoran dan endapan yang dapat merusak komponen internal kendaraan. 

Sedangkan oli gardan memiliki peran khusus dalam sistem transmisi dan gardan kendaraan. Oli gardan bertanggung jawab untuk melumasi gigi dan bearing di dalam gardan, yang merupakan bagian vital dari sistem transmisi. Dengan pelumasan yang baik, oli gardan membantu mengurangi keausan dan mencegah gesekan berlebihan, memastikan perpindahan tenaga yang efisien dari mesin ke roda.

2. Perbedaan dari segi warna

Oli mesin teksturnya lebih encer dan cenderung berwarna yang lebih terang, seperti kuning atau hijau muda. Hal ini karena tidak terlalu terpengaruh oleh partikel-logam.

Untuk oli gardan karena dirancang khusus untuk sistem transmisi dan diferensial, biasanya lebih kental dan memiliki warna cenderung gelap seperti coklat atau hitam. Hal ini karena mengandung partikel-logam dari gesekan komponen gardan.

3. Perbedaan dari segi komposisi

Oli mesin bisanya mengandung bahan dasar mineral, sintetis, atau campuran keduanya. Oli mesin dirancang untuk melumasi komponen dalam mesin, seperti piston dan bearing. Oli mesin juga mengandung aditif deterjen, dispersan, dan antioksidan yang berfungsi untuk membersihkan, menjaga kebersihan, dan melindungi mesin dari pembentukan deposit dan oksidasi.

Umumnya oli gardan terbuat dari bahan dasar mineral atau sintetis dengan tambahan aditif khusus. Oli gardan dirancang untuk menanggung beban ekstrem dan gesekan yang terjadi pada sistem transmisi dan diferensial. Oli gardan mengandung aditif antiwear dan ekstrem pressure untuk melindungi gigi dan bearing pada sistem transmisi.

4. Spesifikasi oli

Oli mesin biasanya memiliki viskositas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan oli gardan. Hal ini untuk memastikan aliran lancar di seluruh sistem mesin, terutama pada suhu start-up.

Sementara itu oli gardan cenderung memiliki viskositas yang lebih tinggi dibandingkan, hal ini karena oli gardan memiliki fungsi untuk menahan tekanan yang tinggi pada gigi-gigi transmisi.

5. Perbedaan dari segi takaran

Oli mesin memerlukan takaran yang lebih sedikit karena fungsinya terutama terkait dengan pelumasan komponen dalam mesin.

Sedangkan untuk oli gardan biasanya membutuhkan takaran yang lebih besar dibandingkan dengan oli mesin. Hal ini karena sistem transmisi dan diferensial memiliki kapasitas yang lebih besar dan harus mampu menahan tekanan dan gesekan yang tinggi.

6. Durasi pergantian oli

Oli Mesin memerlukan pergantian lebih sering dibandingkan dengan oli gardan. Interval umumnya berkisar antara 5.000 hingga 10.000 kilometer, tetapi bisa berbeda tergantung pada jenis oli, kondisi penggunaan, dan rekomendasi pabrikan.

Oli gardan umumnya memiliki durasi pergantian yang lebih panjang dibandingkan oli mesin. Pergantian biasanya dilakukan setiap 30.000 hingga 50.000 kilometer tergantung pada kondisi penggunaan dan rekomendasi pabrikan.

Kesimpulan

Untuk menjaga performa dan kinerja kendaraan tetap prima, pemahaman tentang peran oli mesin dan oli gardan sangatlah penting. Supaya kita dapat memberikan perawatan yang tepat untuk kedua oli tersebut. Hal ini karena perawatan yang tepat terhadap kedua jenis oli ini dapat memperpanjang umur mesin, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan mengurangi risiko kerusakan yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, penting bagi kita untuk memberikan perhatian khusus pada perawatan oli mesin dan oli gardan guna menjamin mobilitas yang lancar dan handal setiap saat.

Related Posts

Posting Komentar