Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Bank

Posting Komentar

 

Sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/faceless-woman-inserting-credit-card-into-subway-ticket-machine-5999936/

Dalam kehidupan kita sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan istilah bank. Lalu apa sih pengertian bank? Nah, artikel berikut ini akan membahas tentang pengertian bank, peran dan fungsinya serta jenis-jenis bank. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang perbankan kalian juga bisa mengunjungi website informasibank.com. Begitupun jika ingin mencari kode bank untuk keperluan transfer antar bank kalian juga bisa mengunjungi halaman website tersebut.

Pengertian Bank 

Kata bank secara bahasa berasal dari bahasa Italia banca yang memiliki arti tempat penukaran uang. Sedangkan menurut undang-undang perbankan, bank diartikan sebagai badan usaha yang punya kewenangan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada dana masyarakat. Dana yang dihimpun berupa simpanan dan disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian bank merupakan sebuah badan usaha di bidang keuangan yang berperan menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Dalam kehidupan sehari-hari bank berperan sebagai perantara keuangan, penyedia layanan keuangan dan menjalankan sejumlah fungsi vital yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas keuangan. Selain sebagai penghimpun dana dan pemberi pinjaman dana Bank juga menyediakan berbagai macam produk dan layanan keuangan lainnya seperti rekening giro, kartu kredit, investasi, dan layanan pembayaran.

Berbagai macam fungsi penting Bank sangat mempengaruhi kita dalam mengelola keuangan dan melakukan transaksi. Terlebih lagi dengan adanya digital bank, orang makin mudah untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan. Mulai dari pembayaran belanja online, transfer bank ataupun transfer antar bank. Untuk transfer antar bank caranya cukup mudah kita hanya perlu memasukkan kode bank dari bank yang akan kita transfer selanjutnya masukkan nomor rekening yang dituju.

Peran dan Fungsi Bank

Dalam sebuah negara lembaga perbankan memegang peranan penting dalam sistem keuangan. Tidak hanya sebagai tempat untuk penyimpanan uang tetapi lembaga Perbankan juga memfasilitasi kegiatan ekonomi lainnya misalnya investasi.

Berikut ini adalah beberapa fungsi penting bank dalam kehidupan sehari-hari;.

1. Sebagai tempat Penyimpanan dan Penarikan Dana

Bank memiliki Fungsi utama sebagai tempat menyimpan uang yang paling aman. Masyarakat bisa menyimpan dana mereka dalam bentuk tabungan, giro dan deposito. Selain sebagai tempat menyimpan dana, bank juga memberikan layanan penarikan dana baik secara tunai maupun melalui kartu ATM dan transfer elektronik.

2. Memberikan Kredit

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bank juga memberikan pinjaman dana. Pinjaman tersebut meliputi pinjaman untuk kepentingan pribadi, bisnis, hipotek dan keperluan lainnya. Kredit yang diberikan oleh bank dapat membantu meringankan pembiayaan berbagai macam keperluan mulai dari biaya pendidikan, investasi pembelian rumah dan sebagai modal bisnis.

3. Manajemen Aset

Sebagai manajemen aset bank menawarkan produk investasi seperti obligasi, reksa dana dan rekening pensiun. Semua itu tadi sangat membantu individu untuk mengembangkan aset investasi yang mereka lakukan.

4. Sebagai Penyimpanan kekayaan 

Melalui bank individu maupun pelaku bisnis dapat menyimpan dan mengamankan kekayaan mereka dalam bentuk uang atau aset-aset keuangan lainnya. Menyimpan kekayaan di bank memberikan rasa aman sebab bisa terhindar dari pencurian.

5. Perantara Keuangan

Sebagai perantara keuangan bank merupakan pihak yang menjadi perantara nasabah (pihak penabung) dan peminjam (Individu atau pelaku bisnis yang membutuhkan modal usaha). Di sini bank menghasilkan keuntungan melalui peminjaman dana yang disimpan nasabahnya.

6. Pengelolaan Risiko

Fungsi bank selanjutnya adalah sebagai pengelola risiko finansial. Melalui produk asuransi dan perangkat derivatif yang dikeluarkan oleh bank, membantu pebisnis dan individu untuk terlindung dari risiko kerugian finansial seperti kerugian investasi, perubahan suku bunga dan fluktuasi mata uang asing.

7. Pendukung Pembangunan Ekonomi

Dalam skala nasional peranan bank sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Bank menyediakan dan untuk pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Industri besar dan juga menyediakan dana untuk pembangunan infrastruktur. Melalui hal ini akan maka akan memungkinkan adanya lapangan pekerjaan baru, hasil produksi meningkat dan secara keseluruhan perekonomian akan mengalami pertumbuhan.

8. Transfer Pembayaran

Bank juga menyediakan layanan transfer uang baik antar individu dan keperluan bisnis. Layanan transfer uang ini meliputi transfer antar bank, antar rekening, layanan pembayaran melalui cek, kartu kredit dan layanan pembayaran digital lainnya. Sistem perbankan yang ada saat ini sangat memudahkan orang untuk melakukan transfer ke rekening bank lain, bahkan meskipun beda negara transfer uang bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan cepat. Tidak hanya itu, dengan adanya sistem perbankan pembayaran tagihan, pembelian online, dan pembayaran gaji juga sangat mudah dilakukan.

Jika saat ini kalian masih bingung untuk melakukan kegiatan transfer antar bank, kalian bisa mengunjungi website informasibank.com. Terdapat banyak penjelasan yang akan sangat membantu sekali buat kalian. 

Transfer ke sesama bank tidak memerlukan kode bank, tapi kalau ingin transfer ke rekening yang berbeda dibutuhkan kode bank yang akan ditransfer. Kalau kalian membutuhkan informasi kode bank website informasibank.com juga akan memberikan informasi tersebut. Kalian tinggal pilih kode bank apa yang akan dicari.

Jenis-jenis Bank Menurut Fungsinya

Berikut ini adalah Jenis Bank Menurut Fungsinya

1. Bank Perkreditan Rakyat

Bank Perkreditan Rakyat atau biasanya dikenal dengan nama BPR adalah bank yang kegiatan usahanya dilakukan secara konvensional atau berdasarkan prinsip-prinsip syariah dan dalam kegiatannya BPR tidak menyediakan jasa untuk lalu lintas pembayaran. Jika dibandingkan dengan bank umum kegiatan BPR ruang lingkupnya lebih sempit. Ini karena BPR dilarang menerima simpanan giro dari nasabah, melakukan kegiatan valas dan perasuransian yang biasa dilakukan bank secara umum.

2. Bank Sentral

Dalam sebuah negara, Bank sentral biasanya adalah lembaga yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter yang ada di negara tersebut. Bank sentral memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan nilai mata uang, sektor perbankan dan sistem keuangan secara menyeluruh. Adapun Fungsinya bangsa sentral yang ada di indonesia dilakukan oleh Bank Indonesia (BI). Untuk menjalankan Fungsinya dan perannya tersebut BI didukung oleh tiga pilar yang menjadi tugasnya yakni menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, menjaga dan mengatur kelancaran sistem pembayaran serta melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kinerja bank-bank.

3. Bank Umum

Bank umum adalah Bank yang dalam menjalankan kegiatan usahanya secara konvensional atau berdasarkan pada prinsip syariah. Perbedaannya dengan BPR, Bank Umum dalam kegiatannya menyediakan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bank umum sering disebut juga Bank komersial. Layanan yang diberikan oleh bank umum bersifat umum artinya dapat memberikan seluruh layanan perbankan yang ada di bank.

Kesimpulan 

Dalam masyarakat modern bank memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dan luas. Bank merupakan penyangga dalam sistem keuangan, memberikan fasilitas untuk melakukan kegiatan ekonomi, mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberikan akses kepada individu dan para pelaku bisnis untuk mengelola keuangan mereka. Selain itu juga hadirnya sistem Perbankan memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan seperti transfer uang, pembayaran tagihan dan kemudahan dalam melakukan investasi.

Related Posts

Posting Komentar