Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Komponen yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

7 komentar


Agar motor tetap memiliki Performa  yang prima melakukan perawatan  rutin secara berkala merupakan hal yang harus dilakukan. Tidak hanya itu, dengan perawatan rutin kita juga bisa melakukan  perbaikan secepat mungkin terhadap kerusakan yang ada pada komponen  sepeda motor sehingga  biaya yang dikeluarkan  akan jauh lebih murah. 

Nah berikut ini beberapa  komponen  sepeda motor  matic yang harus dicek saat servis sepeda motor. 

8 Komponen yang Wajib Dicek Saat Servis Motor 

1. Oli Mesin

 Agar mesin tetap beroperasi secara optimal maka kita perlu melakukan pergantian mesin oli secara berkala. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas untuk melindungi bagian-bagian logam dari gesekan. Ini mencegah kontak langsung antara logam dengan udara atau air, serta membantu mencegah karat. Selain sebagai  pelumas oli mesin juga berfungsi  sebagai pendingin dan perlindungan mesin. 

                 Sumber : Planetban.com

Rata-rata pabrikan motor merekomendasikan  penggantian  oli mesin di 2500 km. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Oli gardan berfungsi untuk melindungi dan melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Maka dari itu pemeliharaan dan penggantian oli gardan secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja sistem gardan dan keselamatan pengendara. Adapun rumus penggantian oli gardan adalah 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli tarsan.

3. Busi

Busi merupakan  komponen utama dalam sistem pembakaran mesin. Hal ini karena digunakan untuk  menghasilkan lonjakan api listrik yang membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar, menciptakan tenaga yang membuat mesin menyala. Servis rutin mengganti busi yang aus akan memperbaiki efisiensi bahan bakar, dan terhundar dari masalah seperti sulit dinyalakan.

4. Kampas rem

Kampas rem merupakan kunci dalam sistem pengereman kendaraan. Maka dari itu kampas rem harus dicek secara berkala. Penggunaan rem secara terus menerus mengakibatkan abrasi pada kampas rem, mengurangi daya cengkeram dan efektivitas pengereman. Pengecekan berkala memungkinkan deteksi keausan atau kerusakan pada kampas rem yang dapat berdampak pada keselamatan. Mengganti kampas rem yang aus tepat waktu menjaga kemampuan pengereman optimal, menghindari risiko kecelakaan. Selain itu, pemeliharaan berkala kampas rem lebih ekonomis dibandingkan dengan mengganti seluruh sistem pengereman yang rusak akibat pemeliharaan yang tidak tepat. 

5. Filter udara

Filter udara perlu dicek berkala karena berfungsi menyaring udara yang masuk ke mesin. Seiring waktu, debu dan kotoran bisa menyumbat filter, mengurangi aliran udara dan efisiensi mesin. Pengecekan rutin memastikan mesin mendapatkan udara bersih untuk kinerja optimal dan konsumsi bahan bakar yang efisiensi.

6. Aki

Sebagai penyuplai listrik dalam sistem kendaraan, aki kendaraan perlu diservis berkala. Pengecekan rutin yang dilakukan meliputi tingkat air aki, kabel, dan koneksi, memastikan daya listrik yang konsisten untuk start mesin dan operasi elektronik. Perawatan rutin juga membantu mendeteksi tanda-tanda aki yang lemah atau aus sehingga dapat diganti sebelum mengalami kegagalan total. Servis berkala menjaga kinerja aki yang optimal, menghindari masalah start mesin dan gangguan elektronik yang bisa merugikan mobilitas kendaraan.

7. Ban

Ban harus diservis berkala karena berperan penting dalam keselamatan dan kinerja kendaraan. Pengecekan rutin membantu mendeteksi aus, kerusakan, atau tekanan yang tidak sesuai pada ban. Ban yang aus atau kurang tekanan dapat mengurangi traksi, meningkatkan risiko kecelakaan, dan mengurangi efisiensi bahan bakar. Pemeliharaan berkala juga memungkinkan rotasi ban untuk menghindari keausan tidak merata. Dengan servis berkala, Anda dapat memaksimalkan umur pakai ban, menghemat uang, dan menjaga keselamatan di jalan.

8. Servis motor tune-up

Servis motor tune-up adalah prosedur pemeliharaan yang melibatkan penyesuaian dan penggantian komponen-komponen tertentu dalam mesin sepeda motor untuk memastikan kinerjanya optimal. Ini mencakup tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Tune-up membantu memastikan mesin berjalan dengan efisien, meningkatkan kinerja, dan mengurangi emisi gas buang.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Tentunya kita menginginkan hasil servis yang bagus bukan? Untuk mendapatkan  hal tersebut pastinya harus diawali dengan pemilihan tempat servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel motor yang bisa kamu andalkan untuk mendapatkan  hasil servis yang bagus adalah Planet  Ban. Servis motor di Planet  Ban kamu akan mendapatkan  servis motor rasa mesin baru. Penasaran dengan apa itu Servis mesin rasa baru? Berikut ini penjelasannya.

servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Adapun tujuan melakukan jenis servis motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Dalam servis ini fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru adalah di bagian bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Lalu apa saja keuntungan servis motor dan ganti oli motor matic di Planet Ban? Yuk simak penjelasannya dibawa ini.

1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi  tinggi

Penggunaan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi meningkatkan performa motor dan melindungi mesin, sehingga mesin menjadi lebih awet dan jarang mengalami kerusakan.

2. Tarikan jadi enteng 

Kombinasi dengan penggunaan sparepart asli membuat pengalaman berkendara lebih nyaman, motor lebih tahan lama, mesin tetap dingin, dan tarikan menjadi lebih enteng.

3. Lebih hemat

Dengan jadwal penggantian oli setiap 5000km atau antara 4-6 bulan sekali, kamu tidak perlu sering pergi ke bengkel, yang berarti pengeluaran untuk servis menjadi lebih hemat.

Melalui pemeliharaan yang baik, kamu juga turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor dapat berkurang.

Jadi, melakukan servis di Planet Banget memiliki manfaat yang mencakup kinerja motor yang lebih baik, penghematan biaya, dan dampak positif pada lingkungan.

Perbedaan  antara  layanan  servis motor di Planet Ban dengan tempat lain

Perbedaan antara layanan servis motor di Planet Ban dengan tempat lain sangat signifikan. Ketika kita melakukan servis di tempat lain, seringkali masih ada kotoran, debu, dan residu pembakaran yang tersisa di beberapa bagian mesin motor. Bahkan, tidak jarang kita menemukan kotoran dan debu di dalam blok CVT yang membuat motor terasa berat.

Sebaliknya, jika kita melakukan servis motor secara rutin di Planet Ban, maka semua bagian atau komponen mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan bagian kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya akan dibersihkan dari residu pembakaran, debu, dan kotoran sehingga tampak seperti mesin yang baru. Hasilnya, servis motor di Planet Ban bisa membuat motor kita terasa seperti memiliki mesin yang baru.

Yang lebih menarik, hasil dari servis motor di Planet Ban adalah peningkatan performa motor yang signifikan. Tarikan motor menjadi lebih ringan, emisi gas buang turun lebih dari 70%, konsumsi bahan bakar lebih hemat, dan mesin benar-benar bersih.

Sementara itu, harga layanan servis motor di Planet Ban sangat terjangkau. Hanya dengan Rp20.000,- kita bisa melakukan servis motor injeksi, Rp19.500,- untuk servis CVT sekaligus rantainya, dan bahkan servis throttle body juga hanya Rp20.000,-. Ini adalah penawaran yang sangat menguntungkan bagi pemilik motor.

Nah sekarang  sudah tahu kan, apa saja yang harus dicek saat melakukan  servis motor. Perawatan  motor sangat penting karena sangat menunjang mobilitas harian kita. Dan untuk mendapatkan layanan  servis motor rasa mesin baru jangan lupa untuk servis  motor  di Planet  Ban. 

Related Posts

7 komentar

  1. Tambahan kak ngecek rangka ... hehehe ... selama ini aku biasa beki nontor bekas jadi gak ribet cek atau servis ... sekarang punya mintor baru takut ae telat klo servis ... terima kasih kak infonya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. Lengkap sekali jenis service yang ada di Planet ban ini, jadi konsumen gak perlu pindah2 bengkel kalau mau sekalian diperbaiki motornya dan segala aksesorisnya. Semoga cabangnya segera buka di Sumatera utara ya

    BalasHapus
  3. Wah aku baru tahu bisa service motor harga 20 ribu di planet Ban. Sayang dekat rumahku belum ada Mbak.

    BalasHapus
  4. Oli Gardan ini paling sering terlewat kalau service motor. Tapi pas di Planet Ban, abang montirnya selalu rutin cek olinya. Jadi g khawatir Oli gardan terlewat. Belum lagi harganya juga murah di kantong ❤️

    BalasHapus
  5. Servis rutin memang penting banget dan wajib tahu apa aja yang dicek. Walau sebenarnya buta tentang mesin motor tapi minimal harus tahu bagian-bagian yang dicek. Kadang bengkel ada yang nakal. Cari kerusakan tidak perlu atau tukar onderdil. Jadi harus waspada kalo mau servis. Nah, kalo Planet Ban ini salah satu pilihan bengkel yang bisa dipercaya.

    BalasHapus
  6. Bener banget mbak service CVT atay ganti ban di planet ban emang berkualitas banget. Baik produk atau pelayanannya. Alhamdulillah rutin kalo ganti CVT dan filter selalu di planet ban

    BalasHapus
  7. Bener banget mbak service CVT atay ganti ban di planet ban emang berkualitas banget. Baik produk atau pelayanannya. Alhamdulillah rutin kalo ganti CVT dan filter selalu di planet ban

    BalasHapus

Posting Komentar