Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Review Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel untuk Menjaga Kebersihan Tangan Anak

 

Revisi Mama Choice Moisturizing Hand Gel

Tangan merupakan salah satu sumber penyebaran penyakit. Sebab tangan merupakan organ tubuh yamg paling sering menyentuh benda. Jika tidak melakukan cuci tangan dengan bersih maka kuman yang berada ditangan bisa masuk ke tubuh dan menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit. Menurut penelitian tangan merupakan bagian tubuh yang paling kotor, 98 % penyebaran kuman ditubuh berasal dari tangan. 

Bayi ataupun anak kecil sering sekali memegang benda-benda yang menarik perhatiannya. Bagi bayi, tidak jarang pula mereka memasukkan mainannya ke dalam mulut. Padahal di dalam mainan tersebut terdapat banyak sekali kuman. Bagi anak kecil kebiasaan bermain di luar rumah seperti bermain tanah. Juga menyebabkan tangan mereka terdapat kuman. Jika anak-anak kita tidak dijaga kebersihan tangannya. Maka anak kita berpotensi untuk terkena penyakit akibat tangan yang kotor tadi.

Penyakit akibat tangan kotor

Adapun penyakit yang disebabkan oleh tangan yang kotor diantaranya adalah;

1. Batuk

Salah satu penyakit karena tangan kotor adalah batuk. Penyebabnya adalah kuman batuk yang ada ditangan terbawa masuk saat kita memakan makanan dengan menggunakan tangan kotor tadi. Dengan cara ini kuman bisa mudah masuk ke tubuh dan melemahkan sistem imun. 

2. Terkena Diare

Diare adalah kondisi buang air besar dengan frekuensi yang tinggi, dan biasanya fesesnya lebih encer dari biasanya. Karena frekuensi yang tinggi, maka jika tidak segera ditangani diare bisa menyebabkan dehidrasi hingga demam.

Ada banyak penyebab diare, diantaranya keracunan makanan. Selain itu juga diare disebabkan dari paparan feses yang terinfeksi kuman. Maka dari itu setelah buang air besar kita harus mencuci tangan dengan sabun, supaya kita bisa terhindar dari diare.

3. Konjungtivitis

Tangan yang kotor banyak sekali mengandung virus dan juga kuman, jika digunakan langsung untuk menyentuh mata bisa memberikan dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah konjungtivitis. Konjungtivitis adalah sakit mata dengan gejala mata merah, terasa perih dan seperti ada pasir. Sehingga tangan seringkali ingin menguceknya. Maka sebelum menyentuh bagian mata hendaknya membersihkan tangan terlebih dahulu.

4. Dapat Terkena Berbagai Penyakit Kulit 

Tidak menjaga kebersihan tangan dapat meningkatkan penularan penyakit kulit. Hal ini karena bakteri yang menumpuk pada tangan dapat menyebabkan gatal-gatal, bentol-bentol hingga munculnya bisul. Selain itu juga, penyakit impetigo juga dapat menyerang kita akibat tangan kotor. Penyakit ini merupakan penyakit kulit yang disebabkan bakteri yang bentuknya seperti cacar. Sehingga banyak orang mengira sebagai penyakit cacar. 

5. Flu

Flu merupakan salah satu penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada saat 3-4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi. Flu disebabkan oleh infeksi virus influenza yang dapat menyerang hidung, tenggorokan hingga paru-paru. Maka dari itu cuci tangan setelah berinteraksi dengan pengindap flu sangat dianjurkan untuk mengurangi risiko penularan.

6. Infeksi saluran pernapasan 

Infeksi saluran pernapasan adalah infeksi yang menyerang saluran pernapasan. Infeksi ini disebabkan oleh kuman patogen seperti bakteri, virus, jamur dan parasit. Penularan penyakit ini busa terjadi ketika kita tanpa sengaja menghirup percikan cairan dari saluran pernapasan. Dimana percikan cairan tersebut dapat keluar ketika seseorang batuk atau bersin. Selain itu, penularannya juga bisa terjadi lewat tangan yang menyentuh benda-benda yang sudah terpapar bakteri atau virus penyebab infeksi saluran pernapasan. Selanjutnya tangan tersebut digunakan untuk memegang hidung ataupun mulut tanpa dicuci terlebih dahulu.

Saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi, beberapa bakteri menjadi semakin resistensi terhadap obat antibiotik. Salah satu contohnya adalah bakteri Multidrug Redistent Tuberkulosis. Karena resistensi terhadap antibiotik maka mempersulit proses penyembuhan jika kita terinfeksi penyakit akibat bakteri tersebut. Tetapi kita tidak usah khawatir, dengan menjaga kebersihan tangan kita bisa terhindar dari penyakit tadi. Menurut Centers fir Disease control tahun 2018, dengan menjaga kebersihan tangan bisa menurunkan resiko infeksi akibat kuman resisten akibat sebesar 40%. Tidak hanya itu cuci tangan juga merupakan cara termudah agar kita terhindar dari penularan penyakit covid-19.

Memilih hand sanitizer yang aman untuk anak

Sebagai orang tua, salah satu kewajiban kita adalah menjaga kesehatan buah hati, apalagi saat ini tengah pandemi covid. Salah satu cara menjaga kesehatan buah hati adalah menjaga kebersihan tangannya. Selain mencuci tangan, menjaga kebersihan tangan bisa menggunakan hand sanitizer. Tetapi untuk buah hati kita perlu hati-hati dalam memilih hand sanitizer. Sebab tidak semua produk cocok untuk anak. Produk hand sanitizer yang banyak beredar dipasaran mengandung 60 % alkohol yang dapat menyebabkan kulit kering, pecah-pecah dan kulit mengelupas. Duh tidak kebayang jika buah hati kita mengalami hal ini. Niat hati ingin menjaga kebersihan malah timbul masalah akibat hand sanitizer yang mengandung alkohol.

Selain hal diatas, penggunaan hand sanitizer berbahan dasar alkohol dapat meningkatkan resiko infeksi virus yang memicu radang saluran pencernaan dan juga mudah terbakar. Maka dari itu kita perlu memilih hand sanitizer yang tidak mengandung alkohol.

Kenapa tangan si kecil bisa mengalami iritasi jika menggunakan produk kebersihan yang tidak dibuat khusus bagi anak-anak? Sebab dalam produk tersebut ada dua bahaya yang sering dimasukkan dalam formulasi hand sanitizer, yaitu alkohol dan triclosan.

Apa dampak dari penggunaan bahan tersebut? 

1. Alkohol menyebabkan iritasi

Alkohol merupakan jenis antiseptik yang biasanya digunakan untuk membunuh kuman. Namun, alkohol bukanlah bahan pembersih yang baik. Adalah alasannya adalah penggunaan terlalu sering dapat menimbulkan terjadinya kulit kering dan menyebabkan timbulnya iritasi. Dijelaskan pula oleh Profesor Wega Trisunaryanti, seorang peneliti dan sekaligus dosen Departemen Kimia Fakultas MIPA UGM yang dikutip dan dilansir dari Tirto.id, bahwa hand sanitizer yang bahan utamanya alkohol sangat mudah terbakar. Maka untuk menjaga kebersihan tangan di rumah ia menyarankan menggunakan sabun dan air.

2. Triclosan Bahkan Sudah Dilarang Penggunaannya

Triclosan memiliki fungsi sebagai antibakteri dan anti jamur yang biasa terdapat dalam produk kebersihan. Walaupun efektif dalam membunuh kumam,  namun jika digunakan secara rutin bisa membahayakan si kecil. Karena triclosan disebut-sebut dapat menyebabkan kulit si kecil iritasi, mengurangi hormon tiroid yang memiliki peranan penting untuk pertumbuhan dan juga dapat menganggu perkembangan janin.

Penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa triclosan dapat merusak sistem endokrin tubuh. Lalu pada akhir tahun 2017 Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Food and Drug Administration (FDA) yang berada di Amerika Serikat bahkan sudah melarang penggunaan triclosan dalam produk kebersihan.

Selanjutnya FDA Amerika Serikat di tahun 2019 memperbarui kandungan yang diperbolehkan untuk produk hand sanitizer. Adapun kandungan yang disarankan dan terbukti efektif dalam membunuh kuman adalah etil alkohol atau etanol, isopropil alkohol (isopropanol) atau benzalkonium chloride.

Mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh hand sanitizer yang berbahan alkohol. Maka sebagai orang tua kita harus lebih hati-hati dan juga lebih teliti dalam memilih produk hand sanitizer untuk anak. Nah, Produk hand sanitizer yang bisa kita gunakan untuk melindungi kebersihan tangan anak adalah Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel. Produk ini adalah Gel tangan Anti bakteri dan dapat melembabkan kulit. Selain itu, produk ini juga melembutkan dan menciptakan lapisan pelindung pada kulit dari bakteri serta menenangkan kulit yang iritasi.

Ada beberapa alasan kenapa Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel sangat cocok untuk digunakan untuk menjaga kebersihan tangan anak kita. Berikut ini adalah alasannya;

1. Hand sanitizer ini bebas alkohol dan triclosan, dengan anti bakteri benzalkonium chloride sesuai dengan rekomendasi FDA. Efektif menghambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri serta tidak menyebabkan iritasi..

 2. Tanpa pewangi buatan, wangi alaminya berasal dari lemon oil. 

 3. Hypoallergenic dan dermatologically-tested, artinya produk Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel tidak menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Jadi sangat recommended bagi bayi memiliki kulit sensitif, 

4. Mengandung bahan alami seperti aloe vera dan centella asiatica. Aloe vera berfungsi untuk meningkatkan integritas kulit dan melembabkan kulit. Sedangkan centella asiatica berfungsi untuk mempercepat penyembuhan, selain itu juga berfungsi untuk melembabkan kulit.

5. Bersertifikasi halal

Review Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel 

Bersyukur sekali saya bisa bertemu dengan produk Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel ini. Saya jadi tenang sebab produk ini aman bagi buah hati saya. Berikut ini adalah review saya mengenai produk Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel.

Tekstur

Sesuai dengan namanya hand sanitizer ini berbentuk gel. Karena bentuknya gel, maka saya tidak khawatir produk ini akan tumpah saat saya bawa keluar rumah ataupun saat dibuat mainan oleh anak saya. Jadi produk ini cukup aman untuk dibawa kemana-mana. Sebab meskipun kondisi botol terbalik isinya tidak keluar. Meskipun bentuknya gel tetapi sangat mudah diratakan dan sama sekali tidak lengket.

Aroma

Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel ini memiliki aroma lemon yang menyegarkan. Tetapi aromanya memang tidak begitu kuat, namun setelah kita gunakan lalu kita cium maka aroma lemonnya akan semakin terasa. Aroma lemonnya ini benar-benar menyegarkan. Saking segernya setelah saya beri Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel ini anak saya langsung mencium tangannya hingga berkali-kali.

Kemasan

Saya suka sekali dengan kemasan ini, bentuk botolnya kecil sehingga sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam tas dan dibawa kemana-mana. Bahkan cukup mudah untuk ditaruh disaku baju. Selain itu warna botolnya yang transparan memudahkannya saya untuk melihat isinya. Jadi kalau isinya tinggal sedikit saya bisa segera beli lagi untuk persediaan. Selain itu juga tutup botol yang menggunakan flitop jadi sangat mudah dibuka dan di tutup. Tidak hanya itu, model tutup botol yang seperti ini tidak menyebabkan tutupnya hilang.

Tangan terasa lembut dan harum

Setelah menggunakan Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel ini tangan saya yang awalnya terasa kasar langsung terasa lebih halus dan lembut. Dari sini saya semakin yakin bahwa produk ini benar-benar aman untuk anak saya. 

Kesimpulan

Setelah menemukan produk han sanitizer yang aman untuk anak saya sekarang jadi lebih mudah dalam menjaga kebersihan tangan anak saya. Biasanya saya selalu mencuci tangan anak saya setelah ia memegang mainannya. Meskipun bermainnya didalam rumah dan tangan tidak tampak kotor saya selalu mengajarkan agar cuci tangan. Tetapi hal ini kadang juga menyulitkan sebab baju anak jadi basah semua. Setelah cuci tangan akhirnya ganti baju dan cucian saya semakin menumpuk. Ketika ada produk Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel ini akhirnya saya terbantu sekali untuk menjaga kebersihan tangan anak saya. Produk ini sangat praktis dan juga sangat mudah untuk digunakan.

Dulu saat bepergian ke luar saya suka khawatir dengan si kecil. Sebab si kecil suka sekali memegang benda-benda yang ada disekitarnya. Saya suka kebingungan untuk mencari tempat cuci tangan. Namun sekarang dengan adanya Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel saya jadi lebih mudah untuk menjaga kebersihan tangan si kecil saat saat tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan.

Nah, bagi bunda yang penasaran dengan produk Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel dan ingin tahu lebih lanjut tentang produk Mama’s Choice bisa langsung mengunjungi websitenya di www.mamaschoice.id dan akun media sosialnya di IG @mamaschoice. 


Related Posts

1 komentar

Posting Komentar