Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Belajar SEO on page bagi blogger pemula

39 komentar

Belajar seo on page

Sebagai seorang blogger pemula tentu saja banyak hal yang harus dipelajari. Salah satunya adalah belajar SEO on page. SEO sendiri merupakan cara untuk mengoptimasi website supaya mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Secara sederhana SEO merupakan upaya agar website kita berada di halaman pageone. Ada dua jenis SEO yang pertama adalah SEO on page seperti tadi yang saya sebutkan diawal. Kedua adalah SEO off page. Seo on page merupakan langkah-langkah optimasi SEO yang dilakukan di dalam website. Sedangkan SEO off page adalah optimasi SEO yang dilakukan di luar website. 

Belajar Seo On page di kelas gratis 30 hari DA naik

Karena saya belum paham masalah SEO maka ketika menulis artikel hanya menulis saja kemudian posting. Sehingga tulisan saya memiliki trafik yang rendah dan terhempas entah ke halaman berapa mbah Google. Tetapi setelah saya belajar tentang SEO. Saya jadi tahu teryata ada teknik yang bisa kita lakukan supaya tulisan kita berada di halaman depan Google dan banyak pengunjungnya. 

Sebenarnya saya sudah mulai mempelajari SEO ini. Sudah cukup banyak artikel yang saya baca. Tetapi tetap saja saya belum paham dengan materi SEO on page ini. Malahan bikin saya tambah pusing. Beruntung sekali beberapa waktu yang lalu ada teman yang di berbagi informasi kepada saya mengenai kelas gratis 30 hari menaikkan DA. Saya segera mengisi Google form yang disebarkan tersebut. Selama beberapa hari saya harap-harap cemas menunggu informasi selanjutnya. Apakah ke angkut atau tidak? Besar sekali harapkan saya untuk bisa mengikuti kelas tersebut. 

Alhamdulilah setelah beberapa hari saya mendapat WA dari mas Irwin Andriyanto. Beliau adalah coach di dalam kelas gratis tersebut. Adapun isi WA-nya menginformasikan bahwa saya terpilih sebagai salah satu peserta dalam kelas tersebut. Mendapat informasi tersebut rasanya saya ingin lompat-lompat karena kegirangan. Oya selain ada mas Irwin ada  coach lainnya yaitu Om Pewe , kak Bahrul Ilmi, kak Ilham Sadli serta mbak Ria Kurniasih. 

Belajar SEO onpage bersama coach Bahrul Ilmi

Nah salah satu materi yang disampaikan dalam kelas gratis ini adalah materi SEO. Materi SEO ini disampaikan oleh coach Bahrul Ilmi. Beliau merupakan blogger yang berasal dari pontianak dan tinggal di pontianak. Saat ini beliau menempuh pendidikan di IAIN pontianak dengan mengambil jurusan Broadcasting. Sudah cukup banyak prestasi yang diraih diantaranya adalah Juara 1 dalam kategori Photoshop dan Public Speaking, dan Juara 1 dalam kategori Internet. 

Beliau merupakan coach yang cukup humoris jadi meskipun materinya serius terapi disampaikan dengan cara santai. Jadi sebagai peserta saya cukup mudah memahami materi yang diberikan. Beliau ini tidak pelit ilmu, setiap ada pertanyaan pasti dijawab dengan tuntas sehingga tidak menimbulkan tanda tanya lagi. Pokoknya coach Baim (panggilan akrabnya) ini orangnya sangat baik sekali, tidak lelah menjawab pertanyaan dari peserta yang cukup banyak sekali. Yang penasaran dengan beliau bisa kepoin akun sosmednya ya.. 

Berikut ini saya tuliskan beberapa hal yang saya dapat dari materi SEO yang disampaikan oleh coach Bahrul Ilmi. Materi yang disampaikan lebih berfokus pada SEO on page. 

Pertama, optimasi melalui judul 
Saya baru tahu ternyata ketika membuat judul itu harus mengandung unsur keyword. Awalnya, saya membuat judulnya itu yang penting menarik saja. Jadi sama sekali tidak mempertimbangkan keyword. Setelah dapat materi ini, sekarang ketika saya membuat judul harus ada unsur keywordnya dan permalinknya tidak boleh terpotong. 

Kedua, optimasi melalui gambar
Ternyata salah satu cara untuk melakukan optimasi SEO onpage bisa dilakukan melalui gambar. Sebelumnya ketika mengunggah gambar saya hanya asal mengunggah saja dan tidak memperdulikan optimasi seo. Jadi sekarang saya mulai perbaiki semua gambar yang saya upload. 

Ketiga, optimasi melalui meta deskripsi Rupanya dalam meta deskripsi juga harus ada keywordnya. Sebelumya dalam meta deskripsi saya hanya mengambil beberapa kalimat yang kemudian saya copy lalu disalin ke meta deskripsi. Setelah mendapatkan materi seo, saya juga akan mulai memperbaiki meta deskripsi dalam artikel saya.

Keempat, optimasi melalui share artikel ke media sosial
Ternyata share artikel ini merupakan salah satu cara untuk mengupayakan seo on page. Jadi kedepannya, setelah membuat artikel saya akan membagikan artikel saya melalui media sosial yang saya miliki. Selama ini, biasanya saya sangat jarang melakukan ini. 

Dari materi yang beliau sampaikan akhirnya saya mengerti bahwa ada cara yang bisa kita lakukan supaya artikel kita/web kita berada di halaman depan. Asalkan kita menerapkan optimasi seo on page secara benar maka website kita akan bisa berasa di halaman depan Google. Maka dari itu mulai saat ini ketika akan menulis saya akan memperhatikan teknik seo tersebut. 

Selain itu, dari penjelasannya materi yang disampaikan saya menyimpulkan bahwa seorang blogger harus menguasi seo. Adapun alasan kenapa materi seo penting bagi blogger adalah sebagai berikut

1. Untuk mengundang pengunjung
Seperti yang kita ketahui ketika mencari sebuah informasi. Maka web yang paling banyak dibuka adalah yang berada di halaman pertama. Sangat jarang pengunjung yang mengunjungi halaman ke dua dan seterusnya. Bahkan jika tidak menemukan artikel yang dicari tidak jarang pengunjung mengganti kata kunci pencarian. Melihat hal itu, sebagai seorang blogger wajib mengetahui teknik seo ini supaya websitenya bisa berada di halaman depan. 

2. Supaya website kita mudah ditemukan dengan keyword
Sebagaimana kita ketahui ketika seseorang akan mencari sebuah informasi, maka biasanya hanya menulis kata kuncinya. Ketika menerapkan teknik Seo dalam website kita, maka website kita akan mudah ditemukan melalui pencarian kata kunci. Misalnya jika ada orang ada yang mencari tentang kuliner tradisional. Maka website kita akan muncul dihalaman depan.

3. Membangun branding website
Dengan semakin mudah website kita ditemukan oleh mesin pencarian Google. Maka website kita akan bisa berada di halaman depan Google. Sehingga nantinya semakin banyak orang yang berkunjung ke website kita. Dengan banyaknya orang yang berkunjung ke website kita maka akan meningkatkan branding dari website kita. Bukankah orang lebih percaya terhadap informasi yang dibaca banyak orang dibanding dengan informasi yang sedikit pembacanya. Nah dengan menerapkan teknik seo ini maka branding dari website kita akan meningkat. Sehingga kita juga akan mudah untuk mendapatkan job dari advertising. Sebab advertising juga akan melihat kuantitas pengunjung dari sebuah website. 

Belajar seo on page untuk blogger pemula sangat penting. Supaya bisa mendatangkan trafik yang tinggi untuk websitenya. Sebab dengan memahami seo maka kita akan bisa mengupayakan supaya website kita berada di halaman depan Google. Sehingga nantinya blog kita akan banyak dikenal orang dan juga dikunjungi banyak orang. 

Tapi sebelum menerapkan seo hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah melakukan riset keyword. Adapun manfaat dari riset keyword ini adalah untuk mengetahui topik apa saja yang saat ini sedang ramai dibahas. Sehingga nantinya kita bisa menulis artikel yang berkaitan dengan topik tersebut. Harapannya juga, dengan riset keyword ini supaya mendatangkan trafik yang tinggi buat website kita

Untuk melakukan riset keyword ada beberapa cara yang bisa kita lakukan diantaranya melalui ubersuggest. Jadi cara menggunakan kita login dengan email kita. Selanjutnya tinggal kita masukan kata kunci yang ingin dicari. Setelah itu nanti akan muncul berapa banyak volume dari kata kunci yang kita cari. Selain itu juga kita akan mendapatkan informasi mengenai keyword turunan yang bisa kita gunakan didalam artikel kita. 

Nah itulah tadi sekilas tentang manfaat belajar materi seo on page yang saya dapat dari kelas gratis ini. Yang jelas kelas gratis ini menarik sekali, materinya daging semua. Kerennya lagi, supaya materi yang disampaikan benar-benar dipahami. Maka setiap ada materi selalu dilengkapi dengan tugas. Bagi blogger pemula seperti saya, materi dalam kelas ini sangat bermanfaat sekali. Memberikan petunjuk dan pencerahan bagaimana menjadi blogger yang handal dan berkualitas. Terima kasih banyak coach atas ilmunya. Jika tertarik untuk mendapatkan materi SEO dari ahlinya yuk gabung dengan kelas jago seo on page dalam 2 minggu. Yuk buruan daftar peserta terbatas. Bagi yang ingin segera daftar langsung saja klik gambar dibawah ya..



jago seo on page









Related Posts

There is no other posts in this category.

39 komentar

  1. Saya juga belum begitu paham tentang seo ini mbak. Sebagai newbie selama ini hany menulisa saja tanpa memperhatikan seo. Setelah baca postingan ini jadi pengin belajar lebih intenaif lagi tentamg seo ini. Ternyata ada kelas gratisnya juga ya, wah jadi tertarik ingin ikut nih mbak.

    BalasHapus
  2. Saya sebagai pemuala lumayan bingung memahaminya, masih perlu dan wajib belajar lagi. Ditunggu artikel selanjutnya tentang seo kak

    BalasHapus
  3. Saya sebagai pemuala lumayan bingung memahaminya, masih perlu dan wajib belajar lagi. Ditunggu artikel selanjutnya tentang seo kak

    BalasHapus
  4. Saya masih bingung seo, mba boleh saya minta berkunjung ke blog saya (warniatisuciati.blogspot.com) tolong dilihat apa sudah sesuai dengan aturan SEO atau belum.

    Terima kasih

    BalasHapus
  5. Sedikit demi sedikit saya mulai menerapkan seo untuk blog saya walaupun hasilnya belum seberapa. Tapi yang penting belajarnya, hehe. Nice post, mba!

    BalasHapus
  6. Mau dong jago SEO.. Setuju blogger juga harus update ilmu terus ya.. thanks infonya kak

    BalasHapus
  7. kereen, saya juga sedang mempelajarinya sekarang sedang pertengahan kelas. Karena kelas belum selesai jadi blum bisa optimasi hehehe.. emang lumayan puyeng sih he..

    BalasHapus
  8. Terimakasih sharingnya semoga blogku juga semakin terdepan

    BalasHapus
  9. Wah, makasih sekali sharing sekaligus link belajarnya. Useful bgt buat blog kami yg baru mau sebulan.

    BalasHapus
  10. Bermanfaat banget ini mbak buat para blogger yang belum paham SEO kayak saya wkwk. Saya juga sedikit" sedang mempelajari tentang SEO ini biar blognya bisa page one hehe

    BalasHapus
  11. Ini salah satu topik yang mau banget saya pelajari, tapi selalu t ertunda.. saya bintangin dulu ya, semoga nanti bisa mempraktekkannya

    BalasHapus
  12. nanti akalu sudah pandai, ajari saya yah, ini topik yang selalu jadi waiting list dalam daftar belajar saya

    BalasHapus
  13. makasih bnyk infonya kak. blogger memang harus tau ilmu basic ini. btw itu seatnya cuma 10 ya.. ga bisa banyak2?

    BalasHapus
  14. SEO memang harus dikuasai oleh blogger yang mau berkarir di bidang ini. Saya juga masih tertatih-tatih praktik SEO, terutama SEO off-page. Rasanya harus kerja keras banget deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi memang kalau belajar SEO ini harus mau praktik dan konsisten. Kalau belum bisa yang off-page seperti saya minimal bisa mempraktikkan SEO on page dulu. Terima kasih sharingnya, Mbak.

      Hapus
  15. Aku belum terlalu paham mengenai SEO , walau pernah diberi kisi-kisinya semoga bisa menambah ilmu SEO dengan baik , ditambah dengan membaca artikel ini jadi sedikit tambah pengetahuan.

    BalasHapus
  16. Emang penting sih ya mamak yg ngaku blogger katak kita paham SEO meskipun sedikit sedikit. Biar melek dikit blognya hehe

    BalasHapus
  17. Nah, iya, menarik banget materi tentang SEO ini, ya, Mbak. Alhamdulillah bisa ikutan juga kelas ini.

    BalasHapus
  18. terima kasih banyak ka untuk sharingnya, kebetulan aku lagi belajar SEO ini dan pelan-pelan memperbaiki sesuai dengan aturan SEO, dulu aku juga kalau bikin judul kayak ga merhatiin SEO, bikin gambar dan namanya juga suka ngasal, ternyata itu ngaruh banget ya kunjungan, semangat deh terus belajar SEO-nya buat ningkatin kualitas blog

    BalasHapus
  19. Kelas dari coach irwin, pewe dan bahrul ini emang keren banget ya mbak. Aku jadi makin tahu seluk beluk dunia pembloggeran Termasuk SEO. Biar gak asal nulis aja tapi juga bisa page one.

    BalasHapus
  20. Saya termasuk orang yang cuek dengan masalah SEO ini, dulunya.

    Sekarang setelah mengikuti perkembangan teknik-teknik SEO, maka sedikit demi sedikit mulai menerapkan tapi yaah gitu deh, masih belum berhasil.

    BalasHapus
  21. Dulu yuni mah nulis aja. nggak mikirin SEO. Hehehe... TErnyata eh ternyata ya.

    BalasHapus
  22. Semangat belajar, semangat page one. Hehehe.. biar makin banyak pengunjungnya, makin naik trafficnya, makin besar manfaat tulisan kita buat orang lain. Ya gak mbak?

    BalasHapus
  23. Aq juga beruntung banget bisa keangkut kelas ini mbak, DA q yang awalnya stay diangka 6 sekarang udah naik 2 kali lipat. Alhamdulillah bis belajar SEO juga. Seneng deh

    BalasHapus
  24. Wah kayanya butuh juga kelasnya. Sampai sekarang walau tahu sedikit soal SEO tapi belum optimal menerapkannya nih. Makasih infonya mba

    BalasHapus
  25. Artikelnya singkat padat. Jadi semakin ngerti pentingnya SEO. Gambar/ foto nih masih pe-er banget. Lupa engga dinamain sesuai keyword. Musti ubek-ubek artikel lama nih. Makasih sharingnya...

    BalasHapus
  26. Jadi tahu tentang CEO, next mau praktekin. Makasih kaka sharingnya.

    BalasHapus
  27. Aduh, aku maju mundur pengen ikut kelas menaikkan DA ini, belum sempet. Huhuhu

    BalasHapus
  28. Ah keren mbak sulis bisa masuk kelas ini...aku tidak berhasil. Terima kasih ya mau membagi ilmunya...pelan2 kumau ikuti supaya bs jago seo

    BalasHapus
  29. Ulasannya bikin kepengen ikutan kelas itu deh. Bulan lalu aku mau ikut kelas yang untuk naikin DA, tapi ada syarat yang tidak bisa aku penuhin.

    Kelas tentang SEO dan tentang DA aku lihat berbeda ya,Mbak? Benar tidak ya penilaian?

    BalasHapus
  30. Bersyukur sekarang banyak praktisi-praktisi SEO yang berbagi ilmu dari nol. Bahkan tidak sedikit yang kasih gratis. Sukses ya mba, untuk belajarnya dan untuk blognya :)

    BalasHapus
  31. Wah.. SEO bannyak caranya. Saya harus banyak belajar. Selama ini sekadar nulis aja di blog.

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah Saya udah lulus kelas SEO On page batch 1. Memang ilmunya ndaging bangeeet sih. Wajib banget ikutan yang pengen tahu lebih lanjut tentang per SEO an.

    BalasHapus
  33. Wah, keren dan mantap ya ilmu seo sekarang. Selamat page 1 mbak.

    BalasHapus
  34. Dulu pernah belajar SEO eh belum bisa eksekusi karna banyak banget kerjaan dan dan kurangnya info mendalam, sekarang mau urusin lagi ah

    BalasHapus
  35. Tipsnya oke banget nih untuk dicobain. Senang ya kalau bisa belajar tentang pernak-pernik yang menyertai dunia blogging langsung dari ahlinya. Aku jadi ikutan belajar nih dengan membaca artikel ini. Thanks ya mba.

    BalasHapus
  36. Keren ya mba.. pasti senng bisa dapat ilmu dari masternya langsung.. tinggal seberapa serius kita praktekin ya.. semoga kelasnya tambah menginspirasi..

    BalasHapus
  37. Wahh senangnya bisa ikutan kls spt ini secara gratis, mantap..
    Semangat trs ngeblognya ya mbak

    BalasHapus
  38. seneng kalau ikutan kelas materinya berbobot seperti ini, ilmu blogging pun nambah

    BalasHapus

Posting Komentar