Friday, October 11, 2019

tips liburan supaya liburan menyenangkan


Tips liburan
               Sumber gambar : Pixabay.com

Dalam melakukan traveling wisata pasti semua menginginkan perjalanan yang santuy, nyaman dan menyenangkan. Terbebas dari segala hal yang menganggu kenyamanan.  Semisalnya mengalami mabuk perjalanan ataupun merasakan lapar saat perjalanan. Tentunya jika hal tersebut terjadi maka perjalanan kita akan terganggu dan tidak menyenangkan. Maka dari itu kita perlu mengetahui tips liburan supaya liburan kita menyenangkan.

Semua orang pasti berharap saat perjalanan bisa menikmatinya. Seperti bisa duduk santai dan mendengarkan musik sambil menikmati pemandangan saat perjalanan.  Ataupun juga bisa menikmati pemandangan sambil makan jajanan ringan.  Kenyamanan dalam melakukan perjalanan adalah hal penting karena akn sangat mempengaruhi kondisi fisik dan psikis kita.  Coba bayangkan jika selama perjalanan kita mengalami kelaparan ataupun kendaraan bermasalah.  Pastinya kita akan merasa kesal kecewa dan akibatnya rasa capek saat perjalanan bisa naik berkali-kali lipat.  Hal ini tentu akan berbeda jika perasaan kita senang.  Tentunya rasa capek tersebut tidak akan terasa karena terutupi dengan perasaan senang.

Supaya perjalanan kita santuy dan nyaman kita harus benar-benar mempersiapkan segala keperluan kita sebelum berangkat. Berikut ini tips liburan yang bisa kita lakukan sebelum berangkat liburan

5  tips liburan 

Nah,  berikut ini adalah beberapa hal yang harus kita persiapan supaya perjalanan kita menyenangkan.

1. Mendata semua keperluan yang akan dibawa
Kegiatan ini penting supaya barang-barang yang kita perlukan saat perjalanan tidak tertinggal.  Kita bisa mendata barang-barang yang akan dibawa dia atau tiga hari sebelum melakukan perjalanan.  Tujuannya adalah supaya jika ada barang yang belum ada kita bisa membelinya.  Jangan mendata barang bawaan menjelang keberangkatan karena bisa membuat kita kelelahan.  Hal disebabkan kita dikejar waktu sehingga mengerjakannya terburu-buru.  Tidak hanya capek tetapi juga berpotensi tidak terbawanya barang yang kita perlukan karena keterbatasan waktu dalam menyiapkan.

2. Menyiapkan barang yang akan dibawa
Usahakan barang yang dibawa anda barang-barang yang benar-benar dibutuhkan.  Karena hal ini akan memudahkan kita saat melakukan perjalanan.  Sebisa mungkin kita meminimalisir barang bawaan kita.  Jadi kita bisa menggunakan satu tas besar untuk baju, peralatan mandi dan juga barang bawaan lainnya tidak kita gunakan saat perjalanan. sedangkan untuk keperluan yang akan digunakan selama perjalanan semisal obat-obatan dan juga uang kita gunakan rasa kecil yang selalu kita bawa.  Dengan cara dipisah seperti ini akan sangat memudahkan kita karena kita tidak perlu membuka tas besar kita.  Adapun barang yang harus kita siapkan diantara adalah:
  • Baju
Kita mempersiapkan baju ganti jika perjalanan kita ini menginap namun jika perjalanan kita hanya sebentar dan tidak menginap tidak perlu membawa baju. Jika kita membawa baju ganti sesuaikan dengan lamanya kita bepergian.  Jangan terlalu banyak membawa baju karena ini akan merepotkan kita diperjalanan.
  •  Menyediakan perlengkapan mandi
Jika traveling kita menginap jangan lupa pula untuk menyiapkan perlengkapan mandi. Biar tidak terlalu banyak barang bawaan kita,  maka pilih peralatan mandi yang mudah dibawa. Seperti membawa pasta gigi yang kecil,  sikat gigi lipat,  sabun cair dan sampo sachet.  Barang ini ukuran cukup kecil sehingga tidak banyak memakan tempat didalam tas kita.
  • Obat-obatan
Bagi yang mengalami perut kembung ataupun mabuk perjalanan saat melakukan sebuh perjalanan harus mempersiapkan obat untuk perut kembung dan anti mabuk.  Sehingga nanti saat mengalami perubahan kembun dan perut kembung tidak lagi kerepotan mencari obat tersebut.
  •  Siapkan air minum dan makanan ringan
Mempersiapkan air minum dan makanan sangat penting sekali,  karena selama perjalanan pasti kita akan lapar dan  haus.  Dengan mempersiapkan air minum dan makanan dari rumah kita juga akan menghemat pengeluaran karena harga air minum dan makanan yang dijual saat kita melakukan perjalanan harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan harga dirumah.

3. Menyiapkan uang tunai
Sebelum kita berangkat kita harus juga menyiapkan uang tunai.  Hal ini untuk berjaga-jaga jika kita tidak menemukan ATM.  Karena saat perjalanan belum tentu kita bisa menemukan ATM atau juga ATM tersebut rusak. Dari pada nanti kerepotan mencari-cari ATM ditengah perjalanan kita alangkah lebih baik jika kita mempersiapkan uang tunai yang cukup selama perjalanan.

4. Isi penuh baterai handphone dan power bank
Satu hal yang tidak kalah penting untuk kita persiapkan sebelum melakukan perjalanan adalah mengisi penuh baterai handphone dan power bank.  Hal ini penting sekali deni kelancaran komunikasi saat kita melakukan perjalanan.  Selain itu juga saat perjalanan kita juga menggunakan handphone untuk mengusir kejenuhan sehingga baterai handphone lebih cepat habis.  Dengan mengisi penuh handphone dan power bank makan kita tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan baterai handphone.  Sehingga meskipun dalam perjalanan kita tetap bisa sepuasnya menggunakan handphone dan komunikasi pun tetap lancar jaya.

Usahakan agar power bank yang kita miliki memiliki kualitas yang bagus sehingga tidak cepat habis saat digunakan.  Jika saat ini belum punya power bank tidak usah takut karena kita juga bisa membelinya secara online.

5. Membawa Kamera

Untuk mengabadikan moment perjalanan kita,  jangan lupa untuk membawa kamera.  Dengan menggunakan kamera makan kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih bagus dan lebih fokus.

Nah,  itulah beberapa hal yang perlu kita persiapan sebelum melakukan travelling.  Dengan persiapan yang matang maka traveling akan sangat menyenangkan, jauh dari kejenuhan dan tentunya santuy.

5 tips liburan

Manfaat liburan

Adapun manfaat liburan yang bisa kita dapat adalah sebagai berikut;

1. Membuat bahagia
Ketika mengunjungi sebuah tempat baru tentu akan mendatangkan kebahagian tersendiri. Sebab ditemoat baru kita aka banyak betemu dengan hal baru yang sebelumnya tidak kita temukan ditempat tinggal kita. Misalnya menemukan kuliner daerah, menikmati pemandangan baru dan suasana baru. Tidak hanya itu perjalanan kita menuju tempat liburan juga akan membuat kita bahagia.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science, menyebutkan bahwa kebahagiaan liburan dimulai saat kita mulai melakukan persiapan liburan. Jadi sebelum sampai ditempat tujuan pikiran kita sudah bahagia. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang positif sebab membuat kita lebih bersemangat dalam menalani aktifitas harian.

2. Membuat pikiran lebih fesh
Ketika pikiran lagi jenuh maka salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuatnya segar kembali adalah dengan cara pergi berlibur. Sebab dengan berlibur rutinitas harian agar berubah. Hal ini sangat bermanfaat sekali supaya pikiran segar dan siap kembali untuk bekerja

3. Melahirkan inspirasi
Salah satu manfaat liburan adalah melahirkan inspirasi. Misalnya ketika kita pergi ke suatu daerah dan menenukan kuliner yang unik. Maka ini bisa menjadi ide untuk membuka usaha kuliner sejenis yang berada di daerah tempat tinggal kita.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat liburan yang bisa kita dapatkan.


Previous Post
Next Post

3 comments:

  1. Kalau aku masih bawa smartphone untuk foto-foto. Semoga suatu saat nanti bisa beli kamera biar bisa foto-foto dengan hasil yang bagus. Btw, salam kenal ya, kak.

    ReplyDelete
  2. Amin.Semoga diberikan kemudahan untuk segera memiliki kamera. Salam kenal kembali. Terima kasih telah berkunjung..

    ReplyDelete