Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Pentingnya Peran Financial Management Dalam Keberlangsungan Usaha

Ilustrasi Pexels.com

Menjalankan sebuah usaha perlu untuk memperhatikan banyak hal yang tertangani dengan baik, sehingga membantu untuk mendapatkan manfaatnya bisnis yang bisa berjalan dengan lancar. Salah satu hal penting dalam membantu untuk keberlangsungan usaha adalah dengan mempunyai financial management atau pengelolaan keuangan yang baik. 

Peran Financial Management Dalam Keberlangsungan Usaha

Perlu diketahui bahwa manajemen keuangan merupakan pilar yang ada di dalam bisnis. Sebuah bisnis akan berjalan dengan lancar apabila peran dari pengelolaan keuangan dapat dijalankan dengan baik.

Karena tanpa pengelolaan keuangan yang tepat, keberlangsungan bisnis juga akan terganggu dengan mengalami kerugian dan pengelolaan yang buruk. Peran dari manajemen keuangan tersebut dapat untuk membantu kontrol keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau bisnis sehingga bisa mencegah terjadinya kerugian. 

Selain itu, peran dari manajemen keuangan di dalam bisnis juga mempunyai banyak sekali fungsi yang bisa dilakukan, yaitu memberikan peran seperti berikut ini:

Mengelola keuangan dari perusahaan

Peran yang utama dari manajemen keuangan adalah akan membantu untuk mengelola keuangan yang ada di perusahaan Anda. Perusahaan membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik, sehingga membantu untuk keberlangsungan usaha tersebut. Pengelolaan keuangan perusahaan meliputi banyak faktor yaitu dengan melakukan rencana keuangan dilihat dari pemasukan dan pengeluaran yang dipunyai oleh perusahaan. 

Untuk bisa menilai mengenai performa perusahaan bisa dilihat dari manajemen keuangan yang ada di dalam pengelolaan keuangannya. Pemasukan dan pengeluaran dana dalam periode tertentu akan menjadi pertimbangan yang dapat dilihat untuk mengetahui laba dan kerugian yang didapatkan oleh perusahaan. 

Dengan pengelolaan keuangan yang baik di perusahaan akan mengetahui mengenai anggaran dana yang keluar karena mempunyai catatan yang rinci. Anggaran tersebut bisa digunakan secara maksimal untuk rencana keuangan yang dilakukan sehingga bisa membantu untuk memprediksi keuangan perusahaan.

Mengendalikan keuangan yang dipunyai perusahaan

Peran selanjutnya dari financial management adalah dapat membantu untuk mengendalikan keuangan yang dipunyai perusahaan. Pengelolaan keuangan akan bisa membantu untuk melakukan perencanaan bisnis yang tepat. Sehingga bisa untuk melakukan evaluasi sehingga perusahaan akan mampu untuk mengendalikan keuangan perusahaan dengan lebih optimal. 

Pengendalian keuangan perusahaan ini dilakukan dengan mengikuti rencana keuangan awal yang dimiliki. Sehingga dengan mengikuti rencana tersebut bisa dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang tepat. Dengan manajemen keuangan yang dilakukan dengan baik akan bisa membantu untuk mengendalikan keuangan sehingga sesuai dengan rencana yang dibuat dengan mengetahui mengenai penggunaan keuangan yang disesuaikan dengan anggaran yang ada di dalam rencana keuangan yang disusun oleh perusahaan.

Memeriksa keuangan perusahaan

Fungsi selanjutnya dari manajemen keuangan yang baik adalah dapat untuk memeriksa keuangan perusahaan. Pemeriksaan keuangan dibutuhkan di dalam bisnis sehingga bisa membuat keberlangsungan perusahaan yang panjang. Keuangan perusahaan perlu untuk dilakukan audit sehingga bisa memastikan bahwa keuangan perusahaan sudah menjalankan sesuai dengan rencana keuangan yang dipunyai. 

Hal ini juga sejalan dengan fungsi pengendalian keuangan perusahaan yang perlu untuk dikelola dengan baik. Audit atau pemeriksaan keuangan bisa untuk memastikan bahwa tidak adanya penyalahgunaan data yang dilakukan, sehingga akan bisa menghindari terjadinya penyimpangan dana keuangan yang tidak sesuai dengan perencanaan bisnis yang dipunyai perusahaan.

Laporan keuangan perusahaan

Peran terakhir yang dipunyai manajemen keuangan yang bisa membantu untuk keberlangsungan perusahaan adalah dapat untuk membantu membuat laporan keuangan. Penulisan laporan keuangan diperlukan untuk dapat membuat perusahaan mempunyai data mengenai keuangan yang dipunyai dari rencana keuangan yang telah dibuat. 

Sehingga laporan keuangan tersebut juga bisa menjadi bahan untuk evaluasi menentukan langkah dan rencana keuangan kedepannya yang bisa dilakukan oleh bisnis. Dengan manajemen keuangan yang baik, perusahaan dapat mempunyai informasi mengenai keuangan dengan lebih terperinci yang didapatkan secara rutin dan bertahap.

Di atas merupakan peran pentingnya sebuah bisnis mempunyai financial management yang baik, sehingga membantu bisnisnya untuk dapat bertahan dan bisa berkembang di masa depan. Pelajari mengenai cara pengelolaan keuangan perusahaan dan bisnis dengan mengikuti pelatihan finansial bersertifikat yang bisa didapatkan di lembaga Prasmul-ELI. 

Ikuti pelatihan di kelas Prasmul-ELI yang bisa diikuti secara online dengan pendaftaran mudah di nomor +62 811 1991 1168 untuk mengembangkan kemampuan finansial untuk pengelolaan bisnis lebih baik.


Related Posts

Posting Komentar