Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer

Pexels

Lantai marmer selalu menjadi pilihan banyak orang. Meski pemasangannya membutuhkan keahlian dan lem keramik lantai yang berkualitas, material ini memiliki daya tarik pada tampilan mewah dan elegan. 

Motif marmer tidak mudah ketinggalan zaman, bahkan semakin populer dari waktu ke waktu. Namun, sebelum melakukan pemasangan Anda perlu mengetahui beberapa karakteristik meliputi kelebihan dan kekurangan lantai ini. Mari simak dan cermati!

5 Kelebihan Lantai Marmer

Keramik marmer adalah material yang telah melalui banyak proses dengan teknologi canggih. Motif yang ditampilkan memiliki nuansa yang mewah, natural, serta estetika yang tinggi. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih lantai ini. Apa saja itu? Mari ketahui sekarang!

Tahan Lama

Keramik marmer memiliki ketahanan yang lebih lama dari keramik biasa. Material ini juga tidak mudah tergores dan aus. Hal ini karena lapisan glazur yang melindungi permukaannya.

Lapisan ini juga meminimalisir pori-pori lantai sehingga tidak mudah dimasuki kotoran atau noda. Produk keramik ini juga tahan pada suhu yang berubah-ubah serta kelembapan cukup tinggi.

Hal tersebut tentu menjadi pilihan jika Anda menginginkan material yang tahan lama. Pemasangan material juga bisa didukung dengan penggunaan lem keramik anti pecah yang berkualitas. Masa pakai yang lama juga meminimalisir biaya renovasi karena minimnya kerusakan.

Memiliki Kesan Mewah

Pengaplikasian marmer bisa membuat kesan rumah atau bangunan menjadi lebih eksklusif. Kesan keramik marmer memang ditujukan untuk menghadirkan tampilan marble asli. Lantai marmer menjadi simbol kemewahan karena motif yang khas. 

Tidak hanya berperan sebagai material lantai, Anda juga bisa menerapkannya pada kitchen set untuk tampilan yang lebih elegan. Tentunya, dengan biaya yang dapat direncanakan secara matang.

Memberi Hawa Sejuk

Ubin marmer mampu menghadirkan hawa sejuk pada bangunan. Terlebih, jika rumah Anda berada di daerah yang panas. Nuansa dingin muncul karena konduktivitas termal yang tinggi pada material.

Lantai marmer bekerja dengan menyerap panas atau suhu yang tinggi dari permukaan lantai. Namun perlu menjadi perhatian, jenis lantai ini juga memberikan tingkat suhu yang lebih dingin dari seharusnya jika hunian berada di daerah dengan temperatur rendah.

Material ini memang menjadi pilihan yang ideal. Dengan pemasangan menggunakan lem keramik lantai pecah, hunian yang nyaman dan sejuk bisa Anda miliki.

Pexels

Banyak Pilihan Motif

Karakteristik dari motif marmer yaitu abstrak dan beragam. Hal ini malah menjadi nilai tambah, dimana tidak ada motif yang benar-benar seragam. Motif marmer juga membuat ruangan tampak unik dan berbeda.

Selain itu, Anda bisa memilih beragam warna yang bisa disesuaikan dengan interior. Umumnya, warna keramik marmer terdiri dari pastel, warna cerah, netral, hingga gelap. Anda juga bisa memilih antara tekstur glossy atau matte.

Mudah Dibersihkan

Material lantai ini cukup mudah dibersihkan. Anda bisa memakai pembersih lantai secara rutin. Pembersihkan yang rutin juga berfungsi untuk mempertahankan kilau lantai sehingga tidak kusam.

Itulah kelebihan dari lantai marmer yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Dalam pemasangan lantai, diperlukan lem keramik kuat untuk mendukung ketahanan material sehingga tidak terjadi kerusakan.

4 Kekurangan Lantai Marmer

Meski memiliki banyak kelebihan dan motif yang indah, terdapat kekurangan lantai marmer yang bisa Anda perhatikan. Mari simak berikut ini!

Harga yang Mahal

Meski tidak semahal marble asli, keramik marmer tetap memerlukan biaya yang besar. Produksi material ini memang memerlukan teknologi canggih dan tingkat kesulitan cukup tinggi. 

Selain itu, harga yang ada dipasaran sebanding dengan kualitas lantai yang tahan dengan paparan suhu, retakan, hingga goresan. Jadi, harga yang tinggi bukanlah penghalang jika Anda ingin memiliki lantai yang kuat dan tahan lama.

Lebih Mudah Licin

Permukaan yang mulus dan minimnya pori-pori membuat lantai mudah licin. Terlebih, pada area yang lembap dan basah. Oleh karena itu, keramik ini memang tidak disarankan untuk material lantai kamar mandi atau lantai dapur.

Harus Diganti bila Retak

Jika lantai mengalami keretakan, maka Anda harus mengganti bagian lantai dengan yang baru. Hal ini karena perbaikannya yang sulit. Oleh karena itu, penggunaan lem keramik lantai yang kuat saat awal pemasangan bisa menjadi solusi yang tepat.

Sebagai rekomendasi, produk Sika bisa menjadi pilihan tepat, seperti SikaCeram®-200 TA Tilefix. Produk ini memiliki daya lekat yang sangat baik, cocok untuk keramik ukuran besar, aplikasi pada area terendam air, aplikasi tile on tile, mudah digunakan dan diaplikasikan, dan hanya menambahkan air.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan SikaCeram®-850 Design sebagai perekat khusus keramik. Produk ini memiliki jarak lebar nat : 2–15 mm, mudah diaplikasikan menggunakan cartridge gun, 2-komponen cartridge ganda berdampingan dengan static mixer nozzle, aplikasi pada lantai dan dinding, tersedia banyak pilihan warna, penyusutan kecil, tahan abrasi, ketahanan yang baik terhadap kimia, workability bagus, dan tahan noda dan mudah dibersihkan.

Tidak perlu ragu soal kualitas, karena Sika sudah memiliki pengalaman selama 113 tahun dan telah meng-handle proyek global. Salah satunya di Indonesia yaitu project MRT. Selain itu, Sika juga merupakan pelopor waterproofing semen pertama di Indonesia.

Pemasangan oleh Profesional

Pemasangan marmer cenderung sulit dan memerlukan keahlian khusus supaya tidak mudah goyah dan retak. Selain itu, motif lantai juga bisa dipasang dengan lebih terkonsep.

Kekurangan di atas bisa Anda jadikan pertimbangan saat memilih material ini. Pemilihan material lantai memang memerlukan perencanaan yang matang.

Lantai ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Lantai marmer menjadikan ruang tampak mewah dan elegan. Tidak hanya itu, material ini kuat dan memerlukan perawatan yang mudah. Dengan pemasangan yang baik, maka hunian Anda tampak cantik dan lebih nyaman.

Berniat memasang lantai marmer? Anda bisa mengandalkan lem keramik lantai SikaCeram®-200 TA Tilefix atau SikaCeram®-850 Design. Kedua produk ini mampu memberi ketahanan dan kekuatan yang ideal pada keramik! Informasi lebih lanjut, klik di sini!


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar