Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

7 Hal Pemicu Munculnya Ciri-ciri Jerawat Punggung Lengkap Dengan Solusinya

Posting Komentar

 


Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami manusia. Studi menemukan jika hampir 10% populasi manusia mengalami masalah kulit ini. Jerawat menjadi masalah kulit yang sering kali bikin rasa percaya diri menurun. Salah satunya adalah jerawat di bagian punggung. 

Munculnya ciri-ciri jerawat punggung menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan. Makan yang terlalu banyak dan berlemak bisa memicu munculnya jerawat di area ini. Selain itu, baju yang kotor, berkeringat dan panas, meningkatkan munculnya jerawat di punggung.

Tentunya dengan adanya jerawat di punggung memang sangatlah mengganggu. Nah, dipembahasan kali ini akan memberikan beberapa informasi mengenai ciri-ciri jerawat punggung yang bisa kalian ketahui.

Pemicu Munculnya Jerawat Punggung

Gesekan pada Ransel

Dilansir dari Healthline, ciri-ciri jerawat punggung dipicu oleh gesekan, tekanan, ataupun udara panas yang datangnya dari luar.

Sehingga tidak heran bila jerawat punggung sering muncul setelah berolahraga berat atau menggunakan ransel ketika hari sedang panas.

Ini berbeda dengan jerawat vulgaris yang disebabkan oleh perubahan hormon ataupun kelenjar minyak yang terlalu aktif.

Hormon

Umumnya, jerawat muncul saat produksi hormon tertentu mengalami peningkatan secara signifikan, seperti saat pubertas (usia 10-13 tahun), dan pada wanita saat pubertas (usia 10-13 tahun), dan pada saat menstruasi dan kehamilan.

Selain itu, ketidakstabilan hormon pada penderita penyakit tertentu, misalnya ovarium polikistik, juga bisa memicu timbulnya jerawat.

Pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak, kemunculan jerawat akibat ketidakstabilan hormon cenderung lebih banyak, termasuk di punggung.

Orang yang menjalani terapi hormon atau mengonsumsi suplemen yang mengandung hormon juga bisa menjadi lebih berjerawat. Ini karena produksi minyak kulit mereka bertambah sehingga memicu timbulnya jerawat di punggung, wajah, maupun dada.

Tempat Tidur Kotor

Seprai, bantal, guling, serta Kasur wajib dibersihkan secara rutin. Jika ini tidak dilakukan, tempat tidur bisa menjadi kotor, lembap, dan berminyak sehingga disukai bekteri untuk tinggal dan berkembang biak.

Menjaga kebersihan tempat tidur merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya masalah kulit, termasuk jerawat punggung. Cuci seprai, sarung bantal dan guling setiap seminggu sekali untuk menjaga kebersihan tempat tidur.

Kebersihan Buruk

Seseorang yang memiliki kebersihan buruk juga umumnya akan lebih rentan mengalami jerawat punggung.

Misalnya, orang dengan rambut yang tidak bersih dapat mengalami jerawat ketika minyak dari rambut mereka bergesekan dengan punggung mereka.

Selain hal itu, penyebab jerawat punggung adalah bisa pengaruh oleh seprai, handuk, atau pakaian yang kotor.

Keringat

Punggung merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah berkeringat, terutama saat sedang beraktivitas. Jika keringat tersebut tidak dibersihkan dengan baik, pori-pori kulit akan tersumbat dan memicu timbulnya jerawat di punggung.

Orang yang memiliki kondisi hyperhidrosis (keringat berlebihan) memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami jerawat di punggung.

Masalah Genetik

Jika menderita jerawat punggung, itu mungkin merupakan tanda bahwa secara genetik cenderung mengalami masalah kulit. Terkadang, jerawat bukan kesalahan makan atau pakaian, bisa jadi itu adalah genetik, dan orang-orang dapat lebih rentan untuk melakukan kegiatan tertentu yang menyebabkan berjerawat.

Masalah dengan jerawat bisa diturunkan dalam keluarga. Konsultasikan pada dokter kulit untuk mengetahui apakah ada makanan atau rutinitas perawatan kulit yang memiliki pemicu potensial jerawat punggung.

Gunakan scrub pengelupasan kulit yang lembut dengan bahan-bahan seperti asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra dari kulit. Ini bisa membantu mengurangi jumlah kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori.

Penggunaan Shampo

Produk yang kamu gunakan pada rambut mungkin menyebabkan berjerawat. Sampo dan kondisioner dapat menjadi pemicu munculnya ciri-ciri jerawat punggung.

Sama seperti minyak alami tubuh yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, zat dalam rambut dan produk tubuh juga dapat memicu jerawat, menurut American Academy of Dermatology.

Membiarkan kondisioner rambut mengalir di punggung di kamar mandi juga dapat memberikan zat penyumbat pori dalam jumlah besar ke kulit. Pastikan untuk membilas rambut secara menyeluruh dan menggunakan produk yang memiliki label tidak akan menyumbat pori-pori, bebas minyak, non-komedogenik, dan non-aknegenik.

Jika kalian mendapatkan ciri-ciri jerawat punggung, jangan khawatir. Karena ada salah satu produk dari Dermies Clear Me yang dapat membantu hal tersebut. ia bernama Pimple Body Mist, produk ini Merupakan perawatan untuk jerawat punggung dengan kandungan Blue Lotus, salicylic acid 2%, hyaluronic acid, niacinamide 2%, allantoin, dan Aquaxyl.

Dapat menghilangkan jerawat di tubuh, mencerahkan kulit, dan mengontrol minyak pada kulit. Dermies Clear Me Pimple Body Mist bisa didapatkan melalui e-commerce resmi Dermies dengan harga Rp 75.000 untuk kemasan botol spray ukuran 100 ml.

Related Posts

Posting Komentar