Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Cara Pasang GA4 di Blogspot

Sebentar lagi sudah memasuki bulan Juli dan Universal Google Analytics tidak bisa bisa digunakan lagi karena sudah diganti ke Google Analytics 4. Oya, saya tahu informasi mengenai hal ini karena setiap membuka halaman google Analytics ada tulisan untuk segera bermigrasi ke Google Analytics 4.

Maka dari itu mau tidak mau saya harus belajar kembali bagaimana caranya memasang Google Analytics 4 ke blog. Dulu saat memasang Universal Google Analytics saya belajar secara otodidak dan bersyukur sekali sekarang BRT mengadakan kelas blogger. Mengenal GA4  kelas Mas Pewe membuat saya lebih mudah untuk memasang GA4 di blog saya. 

Tentunya dengan adanya kelas cara pasang GA4 kelas  BRT Network ini saya sangat senang sekali karena bisa bertanya langsung jika ada materi yang tidak dipahami. 

Dalam tulisan kali ini saya akan berbagi tulisan mengenai cara pasang GA4 di blog hasil dari mengikuti kelas blogger yang diselenggarakan oleh BRT. Sebagai ibu rumah tangga yang banyak sekali pekerjaan yang harus dikerjakan dan banyak sekali yang dipikirkan jadi saya cukup lambat dalam memahami materi. Jadi mohon maaf jika masih banyak kekurangan.

Cara Pasang GA4 Di Blogspot

Berhubung saya pengguna blogspot maka saya akan menuliskan cara menautkan Google Analytics 4 ke blogspot.Nah berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buat dan setting akun di Google Analytics 4

Pertama yang kita lakukan adalah membuka halaman google Analytics selanjutnya klik tulisan selesaikan halaman penyiapan GA4. 



Setelah halamannya terbuka selanjutnya klik tulisan buat properti. Isi dan lengkapi data yang dibutuhkan.

2. Setelah akunnya berhasil di buat klik setelan properti

Kemudian isi semua kolom sesuai dengan data blog yang kita miliki. Setelah semua diisi kemudian klik simpan.

3. Selesai klik simpan kemudian klik aliran data kemudian tambahkan aliran data. 


Kemudian akan muncul halaman aliran data. 

Selesai menyiapkan akun dan menyelesaikan tahapan di akun G4 selanjutnya kita membuat akun dan melakukan setting di Google Tag Manager.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka Google Tag Manager kemudian klik buat akun

2. Selanjutnya isi semua kolom berdasarkan data yang dibutuhkan. Setelah semua terisi klik buat.

3. Kemudian akan muncul halaman seperti ini selanjutnya klik ya


4. Setelah itu akan muncul 2 kode script yang harus kita copy di blog. Script yang atas dipasang dibawah head. Sedangkan script yang kedua dipasang dibawah body. Tapi sebelumnya harus diparse dulu. Setelah diparse baru di pasang ke blog kita.

Oya, sebelum kode script di pasang di blog kita kembali dulu dihalaman ruang kerja GTM kemudian klik Tag baru.


Lalu klik konfigurasi tag kemudian dipilih jenis Tag pilihan Google Analytics konfigurasi G4.


Selanjutnya masukkan ID pengukuran dari G4 lalu pada bagian pemicuan klik all pages kemudian klik simpan.

Setelah proses di GTM selanjutnya kita buka halaman dasbhoard blog. Di halaman dasbhoar kita klik tema. 


Kemudian klik kata sesuaikan lalu pilih edit html. 


Kemudian cari kode head setelah ketemu paste code script yang pertama yang sudah diparse sebelumnya. Setelah selesai selanjutnya cari kode body kemudian taruh code script yang kedua dibawah tulisan body tersebut. Selesai semua script dipaste lalu klik simpan. 

Untuk mengecek apakah kita sudah benar memasang G4 di blog kita bisa mengeceknya melalui Google Tag Manager. Di Google Tag Manager tersebut kita pilih ruang kerja lalu klik pratinjau di halaman pratinjau tersebut selanjutnya kita klik tulisan connect. Jika kita sudah berhasil maka akan muncul gambar kecil bertuliskan tag Assisten di halaman blog kita. 

Kelebihan dan kekurangan kelas blogger cara pasang GA4

Kalau menurut saya ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh kelas ini. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut:

1. Gratis

Ini merupakan hal yang sangat menyenangkan sekali buat saya. Tidak perlu mengeluarkan uang tapi dapat ilmu, hanya bermodalkan semangat dan kemauan untuk bisa. Karena kelas ini gratis maka saya harus belajar sungguh-sungguh dan tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan.

2. Langsung praktik

Saya ini termasuk orang yang tidak bisa cepat dalam menerima materi. Tetapi bersyukurnya di kelas ini, saat kelas dimulai juga langung sekaligus praktek. Selanjutnya juga ada sesi tanya jawab dan pemateri cukup telaten dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh peserta. Sehingga saya bisa secara langsung mengetahui tahapan-tahapan dalam memasang Google Analytics 4. Senangnya lagi saya juga bisa belajar dari teman-teman yang sedang belajar karena rata-rata permasalahan yang dihadapi sama.

3. Ada grup WA

Adanya grup WA dalam kelas blogger cara pasang GA4 ini sangat membantu sekali karena tidak dipungkiri saat materi di google classroom itu ada beberapa materi yang benar-benar belum saya pahami. Kemudian melalui grup WA tersebut saya bisa lebih memahami materi sebab banyak sekali pertanyaan mengenai kesulitan yang dialami saat memasang Google Analytics 4. Pertanyaan-pertanyaan yang ada grup tersebut kurang lebih sama dengan permasalahan yang saya hadapi.

Kekurangan

Tentunya selain kelebihan ada juga kekurangan yang dimiliki oleh kelas Google Analytics 4 ini. Menurut saya kekurangannya adalah kekurangan waktu dalam menyampaikan materi. Terlebih lagi materinya harus dibagi 2 yakni untuk yang blogspot dan wordpress. Tapi menurut saya kekurangan tersebut telah tertutupi dengan adanya grup WA kelas blogger, karena teman-teman bisa bertanya langsung secara realtime.

Jika di tanya apakah dalam kelas blogger ini apakah ingin lanjut atau remidial? Saya pilih kelas remidial. Jujur pemahaman saya belum maksimal mengenai cara pasang GA4. Harapannya dengan mengikuti kelas remidial saya bisa lebih paham lagi cara pasang GA4 di blogspot.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar