Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Peran Internet dalam Memantau Kondisi Kesehatan Tubuh Selama Berpuasa

Peran internet dalam memantau kondisi kesehatan tubuh selama berpuasa

Bulan Ramadan adalah bulan mulia yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Saat bulan Ramadan umat muslim diwajibkan untuk melakukan puasa selama satu bulan penuh. Ketika berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam.

Sebenarnya puasa memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan. Tetapi biasanya pada awal puasa mungkin sebagian orang akan mengalami beberapa masalah kesehatan. Hal ini terjadi karena tubuh masih melakukan penyesuaian dengan kondisi tubuh saat puasa. Selain itu juga permasalahan gangguan kesehatan bisa muncul karena pola makan yang salah saat buka dan sahur. Makanya penting bagi kita untuk menjaga pola makan agar puasa yang kita jalankan berjalan lancar.

Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Saat Puasa Ramadan

Di lansir dari sebuah situs teknologi beberapa keluhan yang biasanya sering muncul saat puasa adalah sebagai berikut:

1. Dehidrasi


Dehidrasi adalah masalah yang seringkali dialami selama puasa dan biasanya banyak dikeluhkan oleh orang. Dehidrasi bisa terjadi karena berkurangnya asupan cairan saat berpuasa. Selain itu aktivitas yang padat saat puasa juga dapat memicu dehidrasi karena tubuh banyak kehilangan cairan.

2. Asam lambung naik

Biasanya asam lambung naik karena kondisi perut yang kosong. Hal ini bisa menjadi parah jika kita tidak menjaga pola makan dengan baik ketika berpuasa. Karena makan makanan yang pedas serta asam saat sahur dan buka bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Selain itu, asam lambung naik bisa disebabkan karena terlalu banyak makan saat berbuka.

3. Sembelit

Saat berpuasa kita bisa saja mengalami sembelit, yakni susah buang air besar. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan serat dan cairan. 

Selain permasalahan di atas tadi beberapa permasalahan lain yang sering dialami saat berpuasa adalah sakit kepala, mual dan juga radang tenggorokan.

Tentu saja jika permasalahan tersebut tidak segera diatasi maka akan menganggu ibadah kita. Maka dari itu kita harus segera mencari solusi untuk mengatasi keluhan-keluhan tersebut.

Peran Internet Dalam Membantu Kondisi Tubuh Selama Puasa Ramadan

Kemajuan teknologi terutama internet telah banyak memberikan kemudahan dalam berbagai lini kehidupan. Tidak hanya mempermudah dalam bidang komunikasi tetapi juga mempermudah di bidang kesehatan. 

Nah, berkaitan dengan keluhan yang sering kita alami saat bulan puasa kita bisa mencari solusinya melalui internet. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan melalui internet untuk membantu menjaga kondisi kesehatan selama berpuasa;

1. Memudahkan kita memperoleh akses informasi

Dengan teknologi internet maka kita bisa lebih mudah dalam mengakses berbagai macam informasi. Termasuk mencari informasi yang berkaitan dengan puasa. Misalnya saja tentang tips menjaga kesehatan selama bulan puasa atau juga mencari informasi mengenai keluhan yang kita alami selama berpuasa dan cara untuk mengatasinya. Dengan adanya informasi tersebut maka akan sangat membantu sekali bagi kita agar bisa menjalani puasa dengan lancar.

2. Kemudahan dalam mengakses aplikasi kesehatan

Saat ini sudah banyak aplikasi kesehatan yang memudahkan kita untuk terhubung langsung dengan dokter tanpa kita perlu keluar rumah. Cukup dengan smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet lalu mengunduh aplikasi kesehatan melalui Play Store ataupun App Store. 

Jika saat puasa kalian mengalami gangguan kesehatan maka kalian bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi kesehatan tersebut. Tentu saja ini jauh lebih mudah dan praktis karena kita tidak perlu menunggu antrian yang panjang dan melelahkan.

3. Mencari resep menu sehat untuk sahur dan berbuka

Peran Internet dalam Memantau Kondisi Kesehatan Tubuh Selama Berpuasa

Menjaga pola makan sangat penting demi kelancaran dalam menjalankan puasa. Karena makanan ataupun minuman yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kebugaran tubuh saat puasa. Sekarang ini kita tidak perlu bingung lagi untuk mencari resep mengenai makanan dan minuman yang sehat untuk sahur dan berbuka berpuasa. Karena dengan internet kita bisa dengan mudah mencari berbagai macam resep makanan dan minuman yang sehat untuk sahur dan berbuka.
Peran Internet dalam Memantau Kondisi Kesehatan Tubuh Selama Berpuasa

Hal yang tidak kalah penting dalam kemudahan mencari berbagai macam informasi untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh saat berpuasa adalah koneksi internet yang cepat dan stabil. Salah satu internet provider yang bisa dijadikan pilihan adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. Karena provider internet IndiHome menggunakan teknologi fiber optik sehingga jaringan internetnya lancar tanpa gangguan. 

Dengan internet yang cepat dan stabil dari IndiHome maka berbagai macam aktivitas online yang kita lakukan akan berjalan dengan lancar. Mulai dari membaca berita terkini, bermain sosial media hingga mencari informasi untuk memantau kondisi kesehatan tubuh selama menjalani puasa.

Related Posts

Posting Komentar