Inilah cara mengusir rasa malas

Tips
                            Pixabay.com
Pernah tidak megalamai rasa malas yang benar-benar malas? Inginnya rebahan terus. Jika pernah berarti kita sama. Biasanya rasa malas berlebih ini saya alami diakhir pekan. Karena senin-sampai sabtu biasanya bekerja. Jadi pas udah datang hari sabtu rasa malas mulai datang menghampiri. Jika dihari aktif biasanya selalu terburu-buru untuk beraktifitas karena takut terlambat kerja. Saat hari minggu karena tidak ada tuntutan masuk kerja jadi santai-santai saja. Bahkan terkadang masak pun sampai siang hari karena benar-benar menikmati waktu bersantai. Sehingga untuk sarapan biasanya saya membeli. 


Tips mengatasi rasa malas

Nah, menurut saya memang tidak ada salahnya kita bersantai. Tapi jangan sampai jadi pemalas. Karena ini akan menjadi bumerang bagi kita sendiri. Kita akan kerepotan dengan banyaknya pekerjaan yang kita tunda karena kemalasan kita. Agar waktu bersantai bisa benar-benar kita nikmati dan tidak menganggu pekerjaan kita.  Ada baiknya kita perhatikan hal-hal berikut sebelum bersantai ria. 

1. Pastikan semua pekerjaan terselesaikan
Jika kita ingin bersantai hendaknya semua pekerjaan kita selesaikan baik itu pekerjaan kantor ataupun pekerjaan rumah. Jadi usahain jangan menunda pekerjaan, karena membuat pekerjaan akan menjadi jadi beranak pinak. Memang terkadang butuh tenaga ekstra untuk menyelesaikan semua. Tetapi percayalah dengan terselesaikannya pekerjaan kegiatan bersantai yang kita lakukan akan sangat menyenangkan karena tanpa beban. 

2. Pilih waktu yang tepat untuk bersantai
Untuk bersantai kita juga harus memilih waktu yang tepat. Jangan saat dihari aktif kerja kita ber santai-santai. Karena hal ini akan merugikan diri sendiri . Kita Jadi kurang semangat bekerja sehingga produktifitas menurun. Selama hari aktif bekerja usahakan supaya semangat kerja terjaga. Jadi pilihlah hari libur jika ingin bersantai supaya pekerjaan kita tidak terganggu. 

Cara mengusir rasa malas
Terkadang rasa malas/ingin bersantai sering kali datang tanpa diundang. Bahkan saat hari aktif bekerja pun rasa malas ini sering kali menganggu semangat bekerja. Nah berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir rasa malas. 

1.Buat target
Dengan membuat target maka semangat kita akan terjaga. Jadi ketika rasa malas datang, ingatkan pada diri bahwa target kita belum tercapai. Dengan demikian maka rasa malas akan segera pergi dan kita akan bersemangat kembali. Karena tentunya kita menginginkan kegagalan dalam pekerjaan kita. 

2. Segeralah bergerak
Jika rasa malas datang maka kita bisa mengusirnya dengan beragam aktifitas. Misalnya segera memasak didapur,  berkebun ataupun membersihkan rumah. Semakin banyak gerak yang kita lakukan maka rasa malas akan segera pergi pula. Jadi ketika malas datang jangan dituruti dengan hanya duduk-dukduk saja.  Tetapi usir lah dengan cara melangkahkan kaki kita untuk bekerja. 

3. Ingatkan pada diri rasa malas akan merepotkan diri sendiri
Hal ini termasuk dalam self talk. Jadi saat kita mulai malas, katakan pada diri bahwa maksa akan merugikanmu. Karena akan membuat pekerjaan semakin bertumpuk-tumpuk. Misalnya saja saat jadwal mencuci namun karena malas maka tidak kita kerjakan. Akhirnya di hari berikutnya jumlah baju yang kotor akan berlipat jumlahnya. Sehingga saat mengerjakan tentu jauh lebih berat dibandingkan dengan hari yang dijadwalkan. 

Jadi intinya, jangan turuti rasa malas. Kalaupun ingin bersantai secukupnya saja, jangan berlebihan. Misalnya saat kita benar-benar capek karena banyak pekerjaan yang kita selesaikan. Dan pastika saat kita mau bersantai semua pekerjaan kita selesaikan semua. Sehingga kegiatan bersantai menjadi aktifitas yang berfungsi untuk merefresh pemikiran dan juga mengistirahatkan badan bukan bertujuan bermalas-malasan. 

Comments

  1. makasih ya, untk diri sendiri juag jadi point agar gak malas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung dan berkenan untuk membaca

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment