Obat Batuk Kering Tradisional

Obat batuk tradisional

Dihampiri penyakit batuk,  memang sangat tidak menyenangkan. Terlebih pada malam hari tidak bisa tidur pulas karena terganggu dengan keinginan batuk. Begitupun disiang hari rasa gatal yang berada ditenggorokan membuat kita batuk terus-menerus. Bahkan saking sulit dihentikannya terkadang sampai menangis dan muntah. Selain itu juga perut akan terasa kaku karena hentakan dari batuk yang terus-menerus.


Penyebab batuk


Batuk adalah reaksi tubuh untuk menghadapi benda asing yang masuk ke dalam sistem pernafasan.  Batuk juga merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu.

Jenis-jenis batuk
Batuk berdahak
Batuk berdahak bisanya disebabkan oleh inveksi virus dan bakteri. Misalnya ketika sedang flu makan tubuh akan lebih banyak memproduksi lendir.  Tujuannya adalah untuk mengeluarkan organisme penyebab batuk. Sedangkan batuk sendiri berfungsi untuk mengeluarkan lendir yang ada ditenggorokan. Sehingga kita bisa bernafas dengan lebih lega.
Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan batuk berdahak adalah
Pneumonia
Merupakan peradangan yang terjadi di paru-paru karena infeksi virus, bakteri dan jamur. Gejala pneumonia diawali dengan batuk yang tidak berdahak. Selanjutnya setelah beberapa hari menjadi batuk berdahak yang bisa bercampur darah.
Bronkitis
Merupakan peradangan pada lapisan dalam dinding bronkus, ini adalah saluran yang berada dibawah tenggorokan yang menyambung ke paru-paru. Bronkitis menyebabkan penderitanya mengeluarkan dahak yang tebal.
Asma
Merupakan batuk yang disertai dengan sesak nafas dan merupakan penyakit menahun. Asma biasanya muncul saat cuaca dingin.
Batuk kering
Batuk kering biasanya tidak ada dahaknya, tetapi rasa gatal ditenggorokan yang memunculkan keinginan batuk secara terus menerus.

Penyebab batuk kering
Alergi
Salah satu cara tubuh bereaksi terhadap pemicu alergi adalah batuk. Batuk tersebut bertujuan mengeluarkan zat pemicu alergi.  Batuk karena alergi biasanya ditandai dengan gejala gagal, bersin-bersin dan juga pilek.
Asam lambung
GERD atau penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus. Asam lambung yang naik kemudian mengiritasi tenggorokan sehingga terjadi refleks batuk.
Asma
Selain memicu terjadinya batuk berdahak asma juga menyebabkan batuk kering. Penyebabnya adalah saluran pernafasan menyempit dan membengkak sehingga penderitanya sulit bernafas.
Infeksi virus
Setelah mengalami batuk berdahak karena infeksi virus. Biasnya setelah sembuh, kita mungkin akan mengalami batuk kering akibat infeksi saluran pernafasan.


Pengalaman mengalami batuk kering 


Dulu saat masih kuliah saya pernah mengalami batuk kering yang menurut saya cukup parah. Sehingga pengalaman sakit batuk tersebut terus melekat hingga sekarang dan tidak pernah saya lupakan. Ketika itu saya mengalami batuk terus-menerus, mungkin hanya jeda tiga menit setelah itu batuk lagi dan batuk lagi. Saya tidurpun tidak nyenyak begitupun dengan aktifitas lain. 

Awalnya saya sengaja tidak mengobati batuk kering yang saya alami karena beranggapan bisa sembuh dengan sendirinya. Sebab berdasarkan pengalaman biasa setelah dua hari batuk saya akan sembuh. Rupanya batuk kering yang saya alami kali ini berbeda hingga tiga hari batuk tidak kunjung pergi bahkan semakin parah.

Akhirnya saya memutuskan untuk pulang ke rumah. Oya waktu itu saya kos karena rumah ibu jauh dari tempat kuliah saya. Sesampainya dirumah saya segera bercerita ke ibu bahwa saya mengalami batuk yang tidak sembuh-sembuh. Setelah mendengar cerita saya, ibu segera membuat obat tradisional untuk saya. Ibu mengatakan bahwa obat tradisional yang dibuatnya ampuh untuk mengobati batuk. Semula saya agak ragu karena obat tradisional yang di buat ibu saya hanya berasal dari kencur tanpa tambahan apapun. Namun ibu terus menyakinkan saya untuk mencoba dahulu obat tradisonal tersebut.
Pohon kencur. Sumber gambar:  Pixabay.com


  • Cara pembuatan kamu tradisonal untuk batuk kering ini cukup mudah. 5 buah kencur diparut selanjutnya diperas. Kemudian langsung diminum. Saat itu dari 5 kecur dihasilkan satu sendok perasan. Sesaat setelah sampai tenggorakan ada rasa hangat, nikmat sekali. Jadi seperti rasa gatal yang kemudian digaruk. Begitupun rasa gatal yang ada ditenggorokan saya seperti ada yang menggaruk. Tidak lama setelah itu rasa gatal ditenggorokan perlahan-lahan mulai mereda. Sehingga batuk pun mulai jarang dan keesokan harinya  batuk semakin berkurang dan hari berikutnya benar-benar hilang.

Saya bersyukur sekali karena tidak perlu minum obat kimia. Hanya dengan kencur batuk kering segera sembuh. Nah,  bagi sobat yang mengalami batuk kering bisa dicoba obat tradisional parutan kencur ini. Kini, jika saya mengalami batuk saya akan menggunakan ramuan tersebut untuk mengobatinya.

Jadi, sebelum menggunakan obat-obatan kimia. Alangkah lebih baik jika kita menggunakan jamu tradisional untuk menyembuhkan keluhan kita. Sebab jamu tradisional terbuat dari bahan-bahan alami, bebas pengawet dan juga bebas dari efek samping. 

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment