Yuk, rencanakan liburan bebas cemas dengan asuransi perjalanan

           Sumber gambar : Pixabay. com

Berlibur adalah salah satu kegiatan yang membuat pikiran kembali segar dan rileks. Karena saat liburan akan melihat pemandangan baru dan juga suasana baru. Pengenalan terhadap lingkungan baru inilah yang memberikan sebuah kesenangan dan kebahagian tersendiri. Oleh karenanya saya  memilih berlibur ketika ada liburan kerja. Supaya pikiran kembali segar dan siap kembali untuk bekerja.

Untuk wilayah domestik salah satu tempat yang ingin saya kunjungi adalah pulau Sulawesi tepatnya adalah Wakatobi.  Saya ingin ke Sulawesi karena Sulawesi terletak di Indonesia bagian timur sedangkan saya tinggal di Indonesia bagian barat.  Sehingga saya ingin mengetahui bagaimana kebudayaan dan juga suasana di Indonesia bagian timur.  Tentunya akan ada banyak perbedaan yang saya temui mulai dari kuliner,  budaya hingga kondisi alamnya.  Hal ini pastinya akan memberikan kebahagiaan dan juga pengalaman yang sangat berkesan buat saya.

Sedangkan untuk luar negeri Salah satu tujuan tempat wisata yang ingin saya kunjungi adalah negara Malaysia.  Ada beberapa hal yang menyebabkan saya memilih Malaysia sebagai tujuan wisata.  Diantaranya andalah jarak yang dekat,  kebudayaan yang sama dan tentunya biayanya lebih terjangkau dibandingkan jika berwisata ke negeri Eropa.

Jika  ingin berwisata tanpa rasa cemas maka saya harus mempersiapkan segala dengan matang.  Jangan sampai liburan tanpa persiapan,  alih-alih mendapatkan kesenangan bisa jadi malah sebaliknya, memperoleh kerepotan dan keribetan.

Agar liburan saya tenang  dan menyenangkan.  Ada beberapa hal yang harus saya  lakukan.

1. Menentukan tujuan tempat berlibur
Menentukan tujuan tempat berlibur ini penting sekali karena ini terkait dengan dana yang aka saya keluarkan.  Karena jika tempat liburan saya  jauh makan dana yang dipersiapkan juga harus banyak dan perlengkapan yang dibawa juga harus banyak. Agar liburan nyaman tentunya tujuan liburan harus saya sesuaikan dengan dana yang ada.

2. Menentukan jenis transportasi
Setelah menentukan tujuan liburan, langkah selanjutnya adalah menentukan alat transportasi yang akan saya  gunakan.  Ada beberapa pilihan alat transportasi yang saya gunakan untuk melakukan perjalanan liburan.  Pertama, menggunakan kendaraan pribadi, kedua menggunakan kendaraan umum, dan ketiga menggunakan agen perjalanan wisata.

Adapun yang saya perhatian jika menggunakan kendaraan pribadi adalah kondisi kendaraan.  Saya harus memastikan bahwa mesin kendaraan  tidak bermasalah dan kendaraan dalam kondisi prima.  Tentunya menjadi hal yang tidak menyenangkan jika perjalan saya terganggu gara-gara mesin kendaraan mogok ditengah jalan.

Untuk yang menggunakan transportasi umum. Saya memilih alat transportasi yang memudahkan perjalanan saya ke tempat tujuan. Selain itu biaya naik transportasi umum jug saya pertimbangan.  Oleh karenanya,  saya memilih transportasi umum yang murah namun memudahkan saya mencapai tempat liburan.

Jika menggunakan agen perjalanan,  ada beberapa pertimbangan yang harus saya lakukan supaya tidak salah pilih. Saya tidak akan mudah tergiur harga yang murah,  tetapi saya akan  pastikan bahwa agen perjalanan tersebut benar-benar bertanggungjawab denga liburan saya. Berikut ini beberapa hal yang saya lakukan untuk memilih agen perjalanan
1. Melihat profil agen perjalanan
2. Melihat fasilitas yang diberikan
3. Melihat testimoni dari pengguna agen perjalanan

3. Menyiapkan keperluan obat-obatan
Obat-obatan yang harus saya siapkan adalah obat yang biasa saya gunakan saat melakukan perjalanan jauh.  Seperti minyak angin ataupun obat anti mabuk. Karena obat-obatan ini sangat membantu saya selama perjalanan agar tidak mengalami mabuk perjalanan.



4. Menyiapkan baju dan perlengkapan mandi
Baju yang saya siapkan harus disesuaikan dengan lamanya  liburan.  Jika hanya tiga hari berwisata saya cukup menyiapkan dua baju ganti saja.  Jadi saya tidak terlalu berat membawa baju.  Biar tidak kekurangan baju ganti saya akan  segera mencuci baju yang saya pakai sebelumnya. Namun jika saya  berencana membeli baju saat berlibur makan  baju yang dibawa jauh lebih sedikit.

Untuk perlengkapan mandi agar lebih praktis saya menggunakan  sabun mandi cair dan sampo sachetan. Saya juga akan membawa sikat dan pasta gigi. Sebenarnya perlengkapan ini bisa dibeli ditempat tujuan liburan.  Tetapi karena saya ingin lebih hemat maka saya membawanya dari rumah.

Dalam packing baju saya juga  harus cerdas,  biasanya semua barang bawaan  saya  masukkan dalam satu tas. Agar tas saya bisa membuat banyak, maka baju saya lipat dengan cara digulung. Sedangkan untuk dompet saya bawa dalam tas kecil yang akan saya kaitkan pada badan saya. Saya hanya membawa barang yang perlu saja dan benar-benar dibutuhkan. Dengan barang bawaan yang sedikit maka saya  akan lebih mudah memantau barang bawaan.  Selain itu juga,  supaya pergerakan saya mudah saat perjalanan. 

5. Menyiapkan kesehatan badan
Ketika akan melakukan perjalanan jauh hal yang harus dipersiapkan adalah kesehatan fisik.  Sebelum berangkat saya harus menyiapkan kondisi fisik agar fit. Sehingga tubuh sehat dan bugar saat melakukan perjalanan liburan.  Adapun hal yang saya lakukan agar kondisi badan sehat dan bugar adalah: 
1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi
2. Olahraga yang cukup
3. Istirahat yang cukup
5. Selesai semua pekerjaan

6. Menyelesaikan semua pekerjaan
Untuk mendapatkan ketenangan saat melakukan perjalanan, saya akan selesaikan semua pekerjaan sebelum berangkat liburan.  Jadi ketika semua pekerjaan sudah selesai, maka saat pulangliburan saya bisa langsung beristirahat. Tetapi hal ini akan berbeda jika saya berangkat liburan dengan meninggalkan beban pekerjaan. Ketika pulang liburan saya harus segera menyelasaikan pekerjaan yang tertunda tersebut.  Tentu saja, rasa capek saya akan naik berkali lipat. Oleh karennya, prinsip saya saat akan liburan adalah  tuntuskan segala pekerjaan setelah itu baru bersenang-senang. Senangnya liburan tanpa beban. 

7. Membawa makanan ringan
Hal yang tidak kalah penting saat melakukan perjalanan liburan adalah mempersiapkan makanan ringan.  Makanan ringan ini akan saya konsumsi saat perjalanan menuju ke tempat liburan. Karena biasanya saat perjalanan saya akan lapar dan angkutan yang saya naiki tidak bisa berhenti sewaktu-waktu.  Selain itu biasanya harga makanan saat melakukan perjalanan  jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga snack disekitar tempat tinggal. Maka dari itu,  demi menghemat biaya saya beli dirumah saja. 

Itu tadi adalah tujuh hal yang saya lakukan jika saya ingin berlibur.  Jika sobat ingin #LiburanBebasCemas, selain menerapkan langkah persiapan liburan, saya sarankan agar sobat mengikuti #AsuransiPerjalanan.  Dengan mengikuti asuransi perjalanan segala resiko yang terjadi saat sobat  berwisata, semua akan ditanggung oleh asuransi perjalanan.  Meskipun sebenarnya tidak ada satu orangpun yang menginginkan hal buruk.  Namun berjaga-jaga menghadapi segala resiko jauh lebih baik. Adapun asuransi yang bisa sobat jadikan sebagai #NewTravelPartner liburan adalah #TokioMarineIndonesia.  Adapun layanan yang diberikan adalah perlindungan kepada sobat dan keluarga selama dalam perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Perlindungan yang diberikan meliputi perlindungan kecelakaan diri, biaya pengobatan hingga perlindungan terhadap ketidaknyamanan dalam perjalanan yang mengakibatkan kerugin non- material. Bagi sobat yang penasaran dengan Tokio Marine bisa langsung mengikuti akun instagram @tmipartner.



Yuk sob,  lindungi liburan keluarga dari peristiwa tidak terduga dengan asuransi perjalanan.  Dengan asuransi perjalanan,  liburan menjadi tenang, nyaman dan berkesan.

Comments