Tips membuat bakso yang kenyal dan gurih

      Sumber gambar : Pixabay.com

Bakso adalah kuliner yang sudah sangat familiar bagi lidah bangsa Indonesia. Makanan ini adalah favorit bagi semua kalangan. Tidak hanya anak-anak orang tua pun sangat menyukai kuliner  ini. Bakso sangat cocok dimakan dalam kondisi apapun. Baik hujan maupun panas. Saat hujan bakso bisa menghangatkan badan, saat kemarau memakan bakso bisa memberikan kesegaran. Selain itu bakso adalah makanan yang sangat ampuh untuk melegakan hidung yang sedang terkena flu.

Makanya tidak heran jika orang terkena flu maka makanan yang dipilih adalah bakso. Karena setelah memakan bakso maka badan langsung berkeringat lalu hidung yang tersumbat jadi lega.

Memang untuk mencari bakso tidaklah sulit karena hampir disetiap tempat kita bisa menemukan makanan bakso. Namun demikian, tidak ada salahnya juga jika kita membuat bakso sendiri. Karena dengan membuat bakso sendiri kita bisa menentukan kualitas bahan yang kita gunakan dan kita juga bisa menentukan rasa  sesuai keinginan kita.

 tips membuat bakso

Nah berikut ini adalah tips membuat bakso yang gurih dan kenyal

1. Perbandingan daging dengan tepung terigu
Banyak orang beranggapan bahwa membuat bakso sendiri lebih sulit karena sering hasilnya lembek dan bentuknya tidak bulat penuh. Padahal sebenarnya membuat bakso sangatlah mudah. Yang terpenting kita memahami caranya dengan benar. Untuk menghasilkan pentol bakso yang enak dan gurih perpandingan tepung terigu dan daging giling 1: 2. Jadi harus lebih banyak dagingnya dibanding dengan tepung terigu. Jika lebih banyak tepung terigu rasanya kurang enak.

2. Tambahkan baking soda untuk agar pentol kenyal
Selama ini ada yang menggunakan tepung kanji untuk membuat tekstur pentol kenyal. Sayangnya perbandingan yang tidak sesuai antara tepung terigu, daging giling dan tepung kanji justru membuat pentol bentuknya tidak beraturan dan sangat kenyal. Oleh karenanya, supaya lebih mudah kita bisa gunakan baking soda dan putih telur.

3. Tambahkan es batu
 Pada saat menggiling daging tambahkan es batu. Biar lebih mudah dan mesin penggiling tidak terlalu keras bekerja, sebaiknya es dipecah kecil-kecil atau diserut. Fungsi dari es batu ini adalah untuk menjaga suhu, karena saat digiling suhu daging akan naik. Suhu yang tinggi akan merusak kandungan protein, dengan menggunakan es batu maka suhu akan turun sehingga protein daging tidak rusak

4. Bumbu
 Dan untuk membuat rasa daging sapi semakin gurih tambahkan pula bawang goreng saat  penggilingan. Setelah daging giling selasai dicampur dengan teoung terigu dan juga bumbung. Selanjutnya bentuk bulat-bulat, untuk lebih mudah lapisi tangan dengan plastik.

5. Proses perebusan
 Lalu masukkan bulatan pentol ke air hangat, kemudian didihkan kembali. Tanda dari perilaku yang sudah matang adalah mengapung. Setelah itu angkat pentol selanjutnya masukkan kembali kedalam air es. Dengan cara ini maka pentol yang dihasilkan tidak akan lembek dan tetap kenyal.

6. Pembuatan kaldu
 kuah kaldunya rebus daging sapi dan juga potong tulang sapi. Selanjutnya tambahkan bawang merah, bawang putih dan merica yang telah dihaluskan. Supaya daging sapi cepat empuk,, maka sebelum direbus dipukul-pukul dulu daging tersebut supaya seratnya hancur. Semakin lama merebusannya maka akan semakin empuk dagingnya serta semakin gurih kuahnya

Comments