4 Ide Olahan dari Tempe

        Sumber gambar : Pixabay.com

Sebagai ibu rumah tangga salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah memasak. Kegiatan rutin ini terkadang membuat ibu rumah tangga kebingungan hal ini karena harus berpikir untuk menyiapkan menu berbeda setiap harinya. Karena menu yang monoton akan membuat selera makan keluarga menurun. Oleh karenanya ibu rumah tangga harus pandai-pandai menyiapkan menu yang bervariasi.

Mungkin sebagian dari kita berpikir menu yang bervariasi hanya bisa disediakan jika memiliki dana yang lebih. Tetapi sebenarnya dengan sedikit kreativitas saja bahan makanan yang sama bisa kita oleh menjadi masakan yang berbeda. Jadi intinya menu yang bervariasi tidak hanya tergantung pada dana yang dikeluarkan tetapi juga pada kreativitas kita dalam mengolah masakan.

 Olahan dari tempe

Nah berikut ini saya akan berbagi ide lauk makan yang bahan dasarnya menggunakan tempe.

1. Dibuat tempe penyet
Untuk membuat tempe penyet caranya cukup gampang. Tempe kita Potong-potong selanjutnya digoreng. Jika kita menginginkan tempe ada rasa sedikit asin dan gurih kita bisa gunakan bawang putih, garam dan penyedap untuk tempe goreng kita. Tapi jika digoreng tanpa bumbu pun tempe ini nanti rasanya akan tetap enak, karena tempe ini akan dipengaruhi diatas sambal. Kita ketahui sambal memiliki rasa yang pedas gurih, jadi tempe yang dipengaruhi tadi juga akan memiliki rasa yang pedas serta gurih.

2. Dibuat balado
Pertama potong kecil-kecil tempe atau juga bisa dipotong dadu. Setelah itu goreng tempe hingga benar-benar garing. Selanjutnya kita siapkan bumbunya. Bumbunya cukup sederhana saja yakni, cabai merah, bawang merah, bawang putih. Semua bumbu tadi dihaluskan kemudian digoreng. Setelah bumbu matang masukkan tempe tambahkan garam dan penyedapnya lalu aduk-aduk hingga bumbu merata. Setelah kurang lebih 15 menit angkat dan sajikan.

3. Dibuat semur
Jika dibuat semur tempe tidak usah digoreng hal ini supaya bumbunya bisa lebih meresap. Pertama yang kita lakukan adalah potong-potong tempe lalu sisihkan. Setelah itu siapkan bumbunya. Bumbu untuk membuat masakan ini adalah bawang merah, bawang putih, dan merica. Haluskan semua bumbu tadi selanjutnya kita goreng. Setelah bumbunya matang tambahkan air kira-kira 2 gelas. Lalu masukkan tempe, garam dan juga penyedapnya. Selanjutnya masak hingga mendidih.

4. Dibuat perkedel
Selain kentang tempe juga enak dibuat perkedel. Sebelumnya tempe dipotong-potong lalu dikukus setelah itu dihaluskan. Kemudian siapkan bumbunya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih dan merica. Haluskan semua bumbu tadi setelah itu masukkan bumbu ke mangkuk. Lalu masukkan tempe, sedikit tepung terigu, telur, garam dan penyedap. Aduk-aduk hingga semua tercampur. Setelah itu bentuk adonan bulat pipih, kemudian digoreng.

Nah itulah tadi beberapa ide olahan dari tempe. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Comments

  1. Tempe ini memang khas banget, selain murah juga enak dan bergizi. Satu olahan lagi mungkin tempe kecap mbak. Gurih dan manis, hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul banget....
      Terima kasih telah berkenan membaca...

      Delete
  2. saya juga aling seneng dg tempe, bahkan waktu kecil ngak mau makan klo nggak ada tempe,

    klo saya senengnya tempe di goreng gitu aja, pake sayur asem klintang (buah kelor) rasanya seger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, benar-benar mantap itu...
      Terima kasih telah berkenan membaca...

      Delete
  3. Replies
    1. Wah sama dengan keluargaku mbak...
      Terima kasih telah berkunjung...

      Delete
  4. Tempe penyet favorit banget gan.. Apalagi sama nasi panas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul, benar-benar mantap...
      Terima kasih telah berkenan membaca...

      Delete

Post a Comment

Popular Posts