Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Follow by Email

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Pentingnya Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Menstruasi, bagi kaum perempuan hal ini sudah tidak asing lagi. Tetapi kalau peringatan hari menstruasi dunia, mungkin belum banyak yang tahu. Termasuk saya salah satunya. Saya mengetahui hari menstruasi karena mengikuti webinar Sehat dan bersih saat menstruasi yang diselenggarakan oleh Oleh Perkumpulan Obstetri &Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia. 

Seminar ini diadakan dalam rangka menyambut hari kebersihan menstruasi. Seminar ini diikuti oleh 1000 perempuan Indonesia dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya manajemen kebersihan menstruasi. Senada dengan tujuan tersebut, Mundipharma juga menyelenggarakan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan oran kewanitaan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Dari webinar ini akhirnya saya juga tahu bahwa hari menstruasi di dunia di peringati setiap tanggal 28 mei. Lalu kenapa tanggal 28 dan bulan mei dipilih sebagai hari menstruasi. Alasan adalah tanggal 28 diambil dari siklus haid perempuan yang biasanya terjadi setiap 28 hari. Sedangkan tanggal 5 diambil dari panjangnya haru menstruasi yang berkisar sekitar 5 hari.

Pengertian menstruasi

Kalau istilah menstruasi sudah sering kita dengan, tetapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan menstruasi. Ada beberapa pengertian mengenai menstruasi yaitu 

1. Menstruasi adalah kondisi yang ‘normal’ terjadi pada seorang perempuan yang telah memasuki masa pubertas.

2. Menstruasi adalah Keluarnya ‘darah’ selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intimnya, satu periode setiap bulannya (setiap 28, atau 21 –35 hari)

3. Menstruasi pada awalnya menandakan seorang perempuan sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak), karena haid didahului oleh proses matangnya sel telur yang siap dibuahi

4. Pada saat menstruasi Darah yang dikeluarkan sebetulnya merupakan lapisan dalam rongga rahim yang dipersiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi, yang selanjutnya.

Ketika mengalami menstruasi kondisi resiko infeksi meningkat karena bertambahnya bakteri buruk di vagina, akibat turunnya keasaman vagina karena keberadaan darah haid. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH. Maka dari penting sekali menjaga kebersihan daerah kewanitaan saat mengalami menstruasi.

Penting menjaga kebersihan saat menstruasi dengan menerapkan manajemen kebersihan menstruasi

Ada beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika kita sudah mengetahui pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi. Dengan mengetahui manfaat ini maka kita akan lebih peduli lagi dan tidak lagi meremehkan dalam menjaga kebersihan.

Ketika kita sudah mengetahui pentingnya menjaga kebersihan, maka ketika menstruasi kita akan melakukan hal-hal sebagai berikut ini;

• Kita akan Menjaga kebersihan ekstra selama periode menstruasi. 

• Kita jadi lebih Mengetahui berbagai kondisi kesehatan yang dapat timbul akibat manajemen kebersihan menstruasi yang buruk. 

• Kita mengetahui cara mencegah kanker serviks, infeksi vaginal dan juga ketidaknyamanan (gatal, bau tidak sedap dan keputihan) yang terjadi dan hubungannya dengan manajemen kebersihan menstruasi yang buruk. 

• Kita akhirnya mengetaui bahwa manajemen kebersihan area kewanitaan yang dapat dilakukan sehari￾hari atau pada saat menstruasi. 

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

Kita sudah membahas tentang apa yang dimaksud dengan menstruasi dan juga pentingnya menjaga kebersihan dengan menerapkan manajemen kebersihan menstruasi. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan MKM. Berikut ini adalah penjelasan mengenai MKM

• Pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi. 

• Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi

• Memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi terjaga

Ketika kita tidak menjaga kebersihan saat menstruasi, maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan di organ kewanitaan. Adapun Masalah kesehatan akibat penjagaan kebersihan di masa menstruasi yang buruk adalah sebagai berikut

A. Infeksi saluran reproduksi

B. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan kondisi organ sistem/saluran kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi.

• ISK dapat memberikan gejala yang beragam, mulai dari demam, sakit di perut dan panggul, nyeri saat buang air kecil, muncul dalam dari urine, dan lain sebagainya.

• Apabila tidak ditangani dengan baik, dapat menimbulkan komplikasi serius hingga bisa membahayakan keselamatan.

• Salah satu faktor risiko dari penyakit ini adalah apabila perempuan memiliki kebersihan yang buruk, seperti pembersihan organ kelamin luar yang tidak tepat dan menggunakan produk yang tidak hiegenis.

C. Infeksi jamur

D. Peningkatan risiko kanker serviks

E. Vaginitis dapat terjadi bila kebersihan vagina saat menstruasi tidak terjaga

F. Vaginosis bakterialis

• Vaginosis bakterialis adalah infeksi vagina yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan jumlah bakteri alami (flora normal) di dalam vagina.

• Bukan merupakan kondisi berbahaya, tetapi dapat menimbulkan gejala yang menganggu, seperti keputihan dan gatal.

• Salah satu faktor risiko timbulnya penyakit ini adalah penggunaan berulang/jarang digantinya pembalut serta higienitas yang buruk.

G. Infeksi vaginosis bakterialis berhubungan dengan peningkatan risiko infeksi HIV, HPV (penyebab Kanker serviks) dan komplikasi persalinan.Kandidosis vulvovaginalis

• Kandidosis vulvovaginitis adalah infeksi saluran reproduksi wanita yang disebabkan oleh jamur Candida albicans.

• Penyakit ini dapat menyebabkan rasa gatal ekstrem dan pembengkakan pada vagina dan vulva serta keputihan yang menggumpal.

• Salah satu faktor risiko dari penyakit ini adalah higienitas wanita yang buruk, terutama saat

menstruasi. Kondisi organ reproduksi yang terlalu lembab serta iritasi pada penggunaan pembalut yang tidak tepat dapat menimbulkan infeksi ini.

• Penyakit ini dapat berhubungan dengan risiko HIV dan HPV Infeksi saluran kemih

Cara menjaga kebersihan masa menstruasi

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan saat menstruasi

-Buanglah pembalut yang sudah dipakai ke tempat sampah. Jangan dibuat saluran pembuangan air atau closed

- Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai sebelum dibuang lalu masukan ke dalam kantong plastik.

- Jika kita menggunakan pembalut cuci ulang, cuci pembalut tersebut setelah digunakan. Jangan ditunda

- Pembalut sebaiknya diganti setiap 4 – 5 jam sekali. Jangan tunggu pembalut penuh baru diganti.

-Rutin mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh. 

-Selalu cuci tangan pakai sabun ketika akan menggunakan dan mengganti pembalut. 

Dukungan pemerintah dalam manajemen kebersihan menstruasi

Kenapa perempuan harus diedukasi mengenai pentingnya manajemen kebersihan menstruasi. Hal ini karena mendapatkan fakta di lapangan bahwa 

1 dari 4 anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelumbmereka mendapatkan menstruasi pertama (UNICEF Indonesia)

1 dari 5 anak perempuan tidak megetahui bahwa menstruasi adalah tanda bahwa secara fisik mereka sudah bisa hamil (SDKI, 2017)

1 dari 2 anak perempuan yang mengetahui bahwa menstruasi itu adalah tanda fisik perempuan bisa hamil (UNICEF, 2019)

1 dari 6 anak perempuan terpaksa tidak masuk sekolah selama satu hari atau lebih pada saat menstruasi, alasan utama karena takut di bullying apabila ketika menstruasi darah tembus ke rok seragam (UNICEF, 2015)

HANYA 5 dari 10 anak perempuan Yang tahu apa yang harus dilakukan selama menarke

HANYA 5 dari 10 anak perempuanYang mengganti pembalut setiap 4 – 8 jam , sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari.

HANYA 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

Berangkat dari data inilah maka edukasi terhadap perempuan mengenai manajemen kesehatan menstruasi harus dilakukan. Harapan melalui edukasi semua perempuan memperoleh informasi yang cukup tentang bagaimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi supaya terhindar dari infeksi bakteri buruk. 

PROGRAM KESEHATAN YANG MENDUKUNG KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

Adapun program kesehatan yang diselenggarakan untuk mendukung kesehatan reproduksi remaja adalah sebagai berikut

UKS

Usaha Kesehatan Sekolah merupakan kolaborasi sekolah dengan puskesmas dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.

Posyandu remaja

Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber.

Aku Bangga Aku Tahu

Giat penyuluhan rutin ke sekolah terkait kesehatan reproduksi dan Penyakit Infeksi Menular Seksual.

Menjadi salah satu pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah dengan sasaran anak kelas 5 dan 6 SD untuk mengurangi resiko kanker serviks.

Ibu Bicara Menstruasi

Sebagaimana yang kita ketahui peran ibu adalah mendampingi tumbuh kembang anaknya. Termasuk juga ketika anak mulai beranjak remaja dan menunjukkan tanda-tanda pubertas. Tapi sayangnya pembicaraan mengenai menstruasi sulit untuk dilakukan. Adapun beberapa alasan mengapa pembicaraan menstruasi sulit untuk dilakukan

1. Tabu

Masah banyak anggapan bahwa pembicaraan mengenai menstruasi dianggap tabu.

2. Bingung memulai

Ibu bingung mau memulai pembicaraan menstruasi dari mana. Sehingga pembicaraan mengenai menstruasi tak kunjung dimulai.

3. Kurang pengetahuan

Karena kurangnya pengetahuan, maka ibu sulit untuk berbagi pengalaman ataupun informasi mengenai meski.

4. Remaja ragu

Jadi disini, remaja ragu terhadap kemampuan ibu dalam menjelaskan menstruasi.

Supaya pembicaraan mengenai menstruasi bisa mudah dilakukan, maka berikut ini adalah tips-tips yang bisa diterapkan

7 Tips bicara menstruasi

1. Ingat, ibu = paling diharapkan

Jadi disini ibu diharapkan menjadi sumber informasi yang pertama dalam menjelaskan menstruasi kepada anak perempuannya. Maka dari itu Ibu perlu membekali diri dengan pemahaman yang tepat tentang menstruasi, paham mana yang MITOS mana yang FAKTA tentang menstruasi, paham cara berrkomunikasi tentang ‘menstruasi’

2. Bicara menstruasi tidak tabu

Pembicaraan tentang menstruasi penting untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan generasi penerus bangsa

3. Lakukan berulang kali

Jangan berpikir topik ‘menstruasi’ bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan saja. Topik ‘menstruasi’ dapat dibicarakan sejak ada tanda-tanda awal pubertas, atau sebelumnya. Sesuaikan pembicaraan dengan usianya

4. Bersikap positif

Isu-isu pubertas (termasuk menstruasi) bisa merupakan topik yang sensitif buat remaja

5. Banyak bertanya & berdiskusi

Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan jawaban remaja, dibandingkan banyak menceramahi / menasihati.

Ibu bisa berbagi pengalaman pribadi secara positif.

Jika tak siap menjawab pertanyaan anak, katakan butuh waktu berpikir dulu. Setelahnya cari informasi dan jawablah

6. Jelaskan secara kongkrit

Gunakan gambar anatomi tubuh sederhana sembari menjelaskan.

Tunjukkan pembalut dan ajari cara menggunakannya

Dapat dilakukan dengan games, misalnya

Menstrual Maze (Tran & Choi, 2018)

7. Jelaskan juga kepada anak laki-laki

Kenapa menstruasi perlu dijelaskan juga ke anak laki-laki? Tujuannya agar anak laki-laki dapat lebih menghargai dan memahami perempuan

Anak laki-laki diharapkan tidak mengejek atau mempermalukan anak perempuan yang sedang menstruasi, namun dapat membantu

Bantuan misalnya dengan ikut menutupi teman perempuan yang mengalami ‘bocor menstruasi di roknya’ 

Contoh bantuan lain misalnya membawakan minuman hangat untuk teman yang lesu karena menstruasi.

Menjaga kebersihan area kewanitaan dengan Betadine



Betadine adalah produk yang digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi, dipercaya lebih dari 50 tahun diseluruh dunia. Betadine merupakan merek terpecaya untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan, infeksi kewanitaan serta untuk menghentikan masalah kecil supaya tidal meningkat menjadi masalah besar. Sedangkan Betadine Feminim Care adalah rangkaian perawatan lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan mulai dari  pembersih kewanitaan sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. 

Untuk sehari–hari, BETADINE® Feminine Wash dilengkapi dengan Prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari–hari. Untuk infeksi di area kewanitaan, BETADINE®  Feminine Hygiene dengan Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi. 

Rangkaian lengkap untuk menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan dari Betadine ini bisa kita dapatkan secara online di Shopee . Kalian juga bisa membelinya di Tokopedia


Related Posts

Posting Komentar