Review mengempukkan daging kambing dengan daun pepaya, buah pepaya dan nanas

 


Daging kambing merupakan salah satu sumber protein. Tetapi banyak orang yang menghindari mengkonsumsi kambing karena anggapan daging kambing menjadi penyebab kolesterol naik dan darah tinggi. Padahal sebenarnya jika diolah secara benar dan kita menerapkan pola hidup sehat maka konsumsi daging kambing tidak akan merugikan kesehatan. Maka dari itu disarankan mengkonsumsi daging kambing 1-2 porsi dalam satu minggu. Selain itu juga usahakan agar daging kambing tidak di goreng. Sebab jika di goreng akan meningkatkan kadar lemak dalam daging kambing. Oleh karenanya disarankan mengolah daging kambing dengan cara di bakar atau dibuat sup.

Mengempukkan daging kambing dengan daun pepaya, buah pepaya dan nanas

Tidak seperti daging ayam yang mudah empuk saat di masak. Jika cara pengolahan tidak benar maka daging kambing akan terasa alot saat dimakan.  Sebab daging kambing memiliki tekstur yang kasar dan seratnya lebih tebal. Tentu saja hal ini akan membuat gigi sakit dan tentu kenikmatan dari daging kambing berkurang.  Maka dari itu  perlu perlakuan khusus supaya dagingnya tidak alot saat dikonsumsi. 

Di masyarakat ada banyak cara yang dilakukan supaya bisa membuat daging kambing tidak alot saat dimasak. Di antaranya ada yang menggunakan daun pepaya, buah pepaya dan juga menggunakan nanas. Dari kesemua cara tadi saya sudah pernah lakukan. Nah, Berikut ini saya akan mereview penggunaan daun pepaya, buah pepaya dan juga nanas dalam mengempukkan daging kambing. 

Pertama menggunakan daun pepaya

Cara mengempukkan daging dengan daun pepaya adalah sebagai berikut

1. Ambil beberapa lembar daun pepaya kemudian potong-potong agak besar

2. Campurkan potongan daun pepaya bersama daging 

Review hasil penggunaan, ternyata setelah saya campurkan daun pepaya ke daging dan saya diamkan selama kurang lebih 1 jam. Hasilnya daging tetap alot dan susah untuk di kunyah. Jadi menurut saya daun pepaya kurang bisa mengempukkan daging kambing. Saya kurang tahu apakah karena daun pepaya kurang ataukah waktu mendiamkan kurang lama. Tapi menurut saya jika kita ingin masak daging kambing dalam waktu cepat, mengempukkan daging dengan daun pepaya tidak efektif. Jadi kita bisa memilih cara lain yang bisa mengempukkan daging kambing.

Kedua, menggunakan buah pepaya

Cara mengempukkan daging dengan daun pepaya adalah sebagai berikut

1. Ambil 2-3 buah pepaya muda selanjutnya kupas. Setelah itu potong jadi 4 atau 6 bagian

2. Campurkan potongan buah pepaya muda dengan daging kambing.

Review hasil penggunaan, ternyata penggunaan daun pepaya dan buah pepaya muda hasilnya hampir sama. Jadi tidak bisa mengempukkan daging dalam waktu yang cepat. Jadi saya sarankan supaya lebih cepat, kita bisa menggunakan kulit buah pepaya muda untuk mengempukkan daging. Adapun caranya adalah dengan menghaluskan kulit pepaya dengan menggunakan blender. Tidak perlu ditambahkan air saat menghaluskan kulit pepaya tersebut. Sebab kulit pepaya sudah cukup banyak mengandung air. Selain itu jika kebanyakan air maka efektivitas kulit pepaya dalam mengempiskan daging juga aksn berkurang. Setelah halus lalu campurkan ke daging kambing. Tunggu sekitar 20-30 menit. Cara mengempukkan daging kambing dengan buah pepaya memang cukup ribet tetapi hasilnya cukup efektif mengempukkan daging dalam waktu yang cepat.

Ketiga, menggunakan buah nanas

Cara mengempukkan daging dengan menggunakan buah nanas adalah sebagai berikut:

1. Ambil buah nanas, kupas selanjutnya diparut 

2. Campurkan parutan nanas dengan daging kambing

Review hasilnya, jika dibandingkan dengan daun pepaya dan buah pepaya buah nanas jauh lebih cepat bisa mengempukkan daging kambing. Maka dari itu ketika kita menggunakan buaj nanas jangan lama-lama kira 15-20 menit daging harus segera di olah. Sebab jika terlalu lama maka dagingnya bisa hancur. Terlebih jika daging tersebut akan di sate maka cukup balurkan parutan nanas setelah itu langsung di bakar. 

Jadi menurut saya cara yang cukup cepat dalam mengempukkan daging adalah dengan menggunakan kulit pepaya dan buah nanas. Karena dalam waktu kurang dari 30 menit daging sudah empuk. Selamat mencoba...



Comments