Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Payment Link dari Midtrans, Solusi Pembayaran di Online Shop yang Aman, Mudah, dan Cepat

1 komentar

Seiring berkembangnya teknologi dan banyaknya toko online yang bermunculan, banyak masyarakat yang menggunakan pembayaran online untuk memudahkan transaksi jual beli. Meskipun banyak masyarakat yang sering melakukan transaksi online, ternyata banyak orang yang belum memahami pembayaran online atau online payment.

Apa itu sistem pembayaran online?

Online payment adalah sistem pembayaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan komputer, internet, dan layanan keuangan digital. Online payment disebut juga e-payment atau pembayaran elektronik.

Ketika menggunakan pembayaran online, kita tidak perlu lagi melakukan pembayaran manual. Dibandingkan dengan pembayaran manual, tentu saja online payment jauh lebih praktis, menghemat tenaga dan juga waktu. Karena kepraktisan inilah maka pembayaran online banyak diminati orang.

Online payment tidak hanya menguntungkan satu pihak, tetapi pihak penjual dan juga pembeli sama-sama mendapatkan keuntungan. Adapun keuntungan bagi pembeli adalah:

1. Transaksi jadi lebih cepat dan mudah

Bagi seorang pembeli, kemudahan dalam membayar bisa jadi poin tersendiri. Kemudahan dalam membayar membuat seseorang akan kembali lagi belanja di toko tersebut. 

2. Kesempatan mendapatkan promo lebih banyak

Sekarang ini banyak penyedia pembayaran online memberikan promo yang menarik bagi penggunanya. Melalui promo online tadi, pembeli bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Keamanan bertransaksi lebih terjamin

Dengan sistem pembayaran online, pelanggan bisa terhindar dari tindakan penipuan karena pembayaran baru akan benar-benar selesai jika barang telah diterima oleh konsumen.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh pemilik usaha dari penggunaan online payment.

1. Transaksi lebih cepat dan mudah

Ketika menggunakan online payment, transaksi akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Hal ini karena kita tidak perlu keluar rumah, cukup memberikan nomor rekening, virtual account, payment link, atau kode QR kepada pembeli. 

2. Tidak ada limit transaksi

Keuntungan lainnya adalah tidak ada limit transaksi, terutama jika kita menggunakan payment gateway. Dalam satu waktu, kita bisa menerima banyak transaksi karena payment gateway sudah mempunyai sistem pencatatan transaksi keuangan yang cukup baik dan akurat.

3. Pencatatan keuangan lebih mudah

Online payment secara otomatis akan mencatat setiap transaksi keuangan yang masuk ke rekening kita sehingga kita tidak perlu mencatatnya lagi secara manual.

4. Keamanan lebih terjamin

Pembayaran online akan menghindarkan kita dari penipuan atau transaksi palsu sebab pembayaran online telah dilengkapi dengan standar keamanan tertentu guna memverifikasi pembayaran.

​5. Tingkat kepercayaan pelanggan meningkat

Selain memudahkan pembeli dalam melakukan pembayaran, online payment juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Pembayaran online merupakan solusi untuk memudahkan kebutuhan bisnis kita, baik untuk pembayaran dari konsumen kepada kita maupun sebaliknya, dari kita kepada rekan bisnis kita. 

Saat online payment sedang tren di masyarakat. Jadi, sebaiknya ganti tren metode pembayaran online dengan yang bisa diakses oleh payment gateway. Misalnya, QR code, dompet digital, dan kartu kredit atau pembayaran di gerai ritel.

Semua metode/jenis pembayaran yang sudah disebutkan di atas bisa dilakukan melalui payment gateway.

Apa itu payment gateway?

Payment gateway adalah adalah layanan pembayaran online yang berfungsi mengotorisasi proses pembayaran setiap kali ada transaksi dari si pembeli ke si penjual.

Midtrans sebagai payment gateway

Midtrans adalah layanan payment gateway bagian dari ekosistem pembayaran Gojek Group. Sebagai perusahaan finansial berbasis teknologi, Midtrans sangat mendukung pertumbuhan berbagai lini bisnis online melalui solusi pembayaran komprehensif dan inklusif. Midtrans menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online untuk beragam entitas bisnis, mulai dari start-up, UMKM, hingga usaha besar. Jadi, tidak hanya bisnis dalam skala besar yang bisa menggunakan layanan Midtrans, industri rumahan ataupun individu juga bisa menggunakan layanan Midtrans.

Untuk menggunakan Midtrans sebagai payment gateway caranya cukup mudah. Langkah pertama yang kita lakukan adalah melakukan registrasi, yaitu mendaftarkan toko online kita. Setelah membuka halaman pendaftaran, selanjutnya isi data-data yang diperlukan, lalu siapkan juga kelengkapan-kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang dibutuhkan adalah KTP untuk metode pembayaran GoPay dan bank transfer dan dapat menambahkan NPWP beserta dokumen bisinis lainnya untuk metode pembayaran lainnya. Setelah tahap ini dilewati, maka berbagai layanan pembayaran seperti transfer bank, GoPay/QRIS, dan lainnya sudah langsung bisa kita gunakan melalui metode integrasi SNAP, Core API, Mobile SDK dan payment link. 

Midtrans menghadirkan fitur Payment Link sebagai bentuk dukungan terhadap para pelaku bisnis dalam mempermudah pembuatan dan pengiriman invoice. Dengan demikian, pelaku bisnis bisa fokus pada penjualan dan pengiriman barang.

Fitur Payment Link dari Midtrans

Saat ini cukup banyak orang membuka bisnis online. Salah satu alasannya, jangkauan pemasarannya jauh lebih luas jika dibandingkan penjualan secara offline. Bagi kita yang sedang mengembangkan bisnisnya, untuk kemudahan transaksi pembayaran maka kita bisa menggunakan fitur Payment Link dari Midtrans.

Sebab untuk menarik pelanggan, toko kita harus mampu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan. Semakin banyak opsi pembayaran yang ditawarkan, semakin mudah juga konsumen dalam berbelanja.

Jika belum paham apa itu Payment Link, berikut ini penjelasannya.

Payment Link adalah tautan sederhana yang mengarahkan pembeli untuk menuju ke halaman pembayaran. Untuk mengakses halaman Payment Link juga cukup mudah sebab tidak memerlukan login menggunakan media sosial atau website tertentu. 

Dengan Payment Link, penjual tidak perlu membuat invoice secara terpisah.

Cara Kerja Payment Link

Cara kerja Payment Link cukup sederhana, tetapi sangat detail. Jadi, Payment Link dibuat oleh penjual dengan mengisi detail identitas pembeli dan jumlah yang harus dibayarkan. Selanjutnya, penjual bisa langsung membuat link pembayaran khusus yang bisa dibagikan kepada pembeli melalui aplikasi chat, SMS, email atau media sosial. Setelah mendapatkan Payment Link, maka pembeli bisa klik link tersebut dan memilih metode pembayaran yang diinginkan lalu melakukan pembayaran. Ketika pembayaran dari pembeli terkonfirmasi, maka kedua belah pihak, baik penjual dan pembeli akan sama-sama menerima notifikasi bahwa pembayaran terselesaikan.

Yuk, bagi kalian yang punya bisnis apa pun, gunakan Payment Link untuk memudahkan transaksi keuangan. Karena tidak dimungkiri salah satu hal yang membuat bisnis berkembang adalah kemudahan dalam melakukan pembayaran.

Meskipun usaha kita masih skala kecil, kita juga bisa menggunakan Payment Link sebab penggunaan Payment Link akan membuat bisnis kita terlihat lebih profesional. 

Pelaku usaha yang punya bisnis restoran juga dapat menggunakan payment link untuk membuka berbagai kanal pembayaran, mulai dari transfer bank hingga e-wallet. Selain memberikan kemudahan untuk pembayaran, pembeli juga bisa menggunakan promo yang berlangsung di masing-masing e-wallet yang mereka gunakan. Tentunya ini akan sangat menyenangkan bagi pembeli karena bisa mendapatkan potongan harga.

Penggunaan Payment Link banyak memberikan keuntungan baik untuk pembeli maupun penjual. Apa saja keuntungannya? Berikut ini adalah penjelasannya.

 1. Terima pembayaran pakai link

Karena banyak manfaat yang didapatkan dari Payment Link, maka saat ini cukup banyak yang sudah menggunakan fitur ini. Tidak hanya membuat pembayaran lebih praktis, tapi juga lebih mudah karena tidak membutuhkan login dengan akun apa pun. Hanya perlu mengisi data, lalu periksa kembali jumlah yang harus dibayarkan, kemudian pembayaran akan segera dikonfirmasi ke pihak pembeli.

 2. Bisa menerima segala jenis pembayaran

Salah satu hal yang menyebabkan transaksi gagal adalah karena jenis pembayarannya tidak dimiliki oleh pembeli. Dengan menggunakan Payment Link, kita bisa menghindari hal tersebut karena fitur Payment Link menawarkan memberikan beragam metode pembayaran, mulai dari transfer bank hingga e-wallet.

Dengan Payment Link, tidak perlu khawatir lagi pelanggan tidak jadi membeli karena ketidaktersediaan metode pembayaran sesuai preferensinya.

3. Cepat dan aman

Semua orang pastinya menginginkan proses transaksi cepat selesai. Maka Payment Link didesain untuk memenuhi keinginan tersebut, Payment Link sangat mendukung sistem pembayaran yang cepat, pembeli dan penjual sama-sama menerima notifikasi langsung setelah melakukan pembayaran dilakukan. Selain itu, Payment Link juga dilengkapi dengan keamanan tinggi agar kita terhindar dari penipuan dan data kita juga aman.

Payment Link merupakan solusi awal dan cepat untuk pembayaran online saat kita baru memulai/merintis bisnis kita. Hal ini karena pencatatan transaksi keuangan bisa jauh lebih cepat, sehingga waktu kita tidak terbuang untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan secara manual. 

Dengan Payment Link, kita bisa menerima pembayaran hanya dengan membuat sebuah link. Selanjutnya, tinggal kita bagikan ke pembeli melalui WhatsApp, akun media sosial, SMS, dan juga email. Lalu, kita tinggal menunggu pembayaran dari pembeli. 

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menggunakan fitur Payment Link bisa lihat video di bawah ini.

Kesimpulan

Ayo lengkapi metode pembayaran bisnis kita bersama Midtrans! Sebagai penyedia payment gateway terintegrasi dan terfavorit di Indonesia, Midtrans menghadirkan fitur Payment Link yang memudahkan kita untuk menerima pembayaran online meskipun berjualan melalui media sosial atau aplikasi chat.

Bersama Midtrans, berbagai transaksi jadi lebih baik dan aman sehingga pelanggan merasa aman, nyaman, dan bisnis kita akan semakin berkembang. Tertarik untuk mencobanya?




Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

Posting Komentar