Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Vitamin C sering kali kita jadikan andalan untuk mencegah penyakit. Misalnya saat badan mengalami gejala flu, maka vitamin C jadi pilihan pertama untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh maka tubuh membutuhkan asupan berbagai macam vitamin dan mineral. Vitamin C merupakan vitamin atau asam askorbat penting untuk menjaga fungsi tubuh. 

Konsumsi vitamin C memang mampu melindungi tubuh kita dari serangan penyakit. Vitamin C termasuk kelompok vitamin larut air. Karena tubuh kita tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Maka, kota perlu mencukupi kebutuhan vitamin C harian dari asupan makanan dan melalui asupan suplemen vitamin C. 

Manfaat vitamin C untuk tubuh kita

Selain dapat melindungi tubuh dari penyakit vitamin C juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat Vitamin C untuk kesehatan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh Vitamin C bekerja dengan cara mendorong produksi sel darah putih. Berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga menghambat risiko penuaan dini, perjalanan penyakit kanker, dan penyakit jantung.

Vitamin C juga bermanfaat untuk memperkuat pertahanan kulit. Sebagai organ terbesar tubuh kulit memiliki fungsi menghindarkan kita dari bakteri, jamur serta mikroba lain yang menjadi sumber penyebab penyakit

2. Menjaga kulit tetap sehat

Vitamin C bagi kulit berfungsi untuk memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang dibutuhkan untuk membantu program penyembuhan luka, memperlambat penuaan, mencegah kulit keriput, dan menjaga keremajaan kulit. Produksi kolagen dapat menurun karena penuaan dan radikal bebas yang berasal dari lingkungan. Dalam hal ini vitamin C akan membantu produksi kolagen sehingga kulit tetap sehat. 

3. Mencegah anemia defisiensi besi

Anemia defisiensi besi adalah penyakit yang terjadi ketika sel darah merah tidak memiliki cukup zat besi. Padahal untuk mengikat oksigen dan mengedarkan ke seluruh tubuh sel darah merah memerlukan zat besi. Kita dapat mencegah penyakit ini dengan menggunakan asupan vitamin C. Karena Asam askorbat dalam vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi. 

4. Membantu mengontrol tekanan darah

Bagi yang memiliki hipertensi dapat mencoba untuk menambahkan makanan yang kaya vitamin C. Sebab beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dapat menurunkan tekanan darah, bahkan pada penderita hipertensi. Seperti yang disampaikan jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan bahwa vitamin C dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg dan diastolik sebesar 1,7 mmHg. 

5. Menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C 500 miligram perhari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. LDL dan trigliserida adalah kolesterol jahat yang dapat memicu munculnya plak pada pembuluh darah. Untuk mencegahnya kita bisa mengkonsumsi vitamin C. 

6. Menurunkan risiko penyakit kronis

Vitamin C juga bermanfaat sebagai antioksidan alami. Sebagai antioksidan vitamin c bermanfaat untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Kurangnya antioksidan membuat tubuh rentan mengalami kerusakan atau mutasi berbahaya. Kerusakan yang dialami sel tubuh dapat menimbulkan sejumlah penyakit mulai dari penyakit jantung, pengerasan pembuluh darah hingga penyakit kanker. Untuk menurunkan resiko penyakit tersebut kita bisa menggunakan vitamin C. 

Selain hal di atas tadi menurut beberapa penelitian vitamin C dapat membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang dan gigi. Selain itu juga vitamin C dipercaya dapat mencegah penyakit katarak dan penyakit empedu. 

Mengonsumsi Vitamin C dengan Tepat

Karena tidak dapat diproduksi di dalam tubuh maka kita dapat memperoleh vitamin c melalui berbagai jenis makanan seperti buah dan sayur. Adapun buah dan sayur yang mengandung vitamin C adalah jeruk, pepaya, nanas, mangga, brokoli, paprika dan tomat. Selain itu kita juga bisa memperolehnya melalui konsumsi suplemen vitamin C dengan dosis yang tetap sesuai dengan anjuran dokter ataupun aturan pakai yang terdapat dalam kemasan produk. 

Untuk menjaga kesehatan, selain asupan vitamin C 1000, kita juga memerlukan tidur yang cukup. Bagi orang dewasa umumnya membutuhkan tidur 7-9 jam. Jika kebutuhan tidur yang tidak tercukupi, bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti terlihat lelah, tubuh terasa lemas, menguap sepanjang hari, dan sulit konsentrasi. 

Namun adakalanya ada beberapa orang mengalami gangguan tidur. Sehingga kebutuhan tidur tidak terpenuhi. Untuk mengatasi ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Misalnya saja menciptakan suasana yang nyaman sebelum tidur, membatasi waktu tidur siang, rutin berolahraga, hindari stress. Selain itu kita juga bisa mengatasi sulit tidur dengan mengkonsumsi obat tidur.

Memenuhi kebutuhan asupan vitamin C dan juga menjaga kualitas tidur merupakan dua cara mudah untuk menjaga kesehatan kita. Kesehatan yang terjaga membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sehingga kita tetap bisa menjalankan aktivitas dengan kondisi yang prima. 

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar