Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Keuntungan investasi reksa dana

Keuntungan investasi reksa dana

Salah satu cara terbaiknya untuk mempersiapkan keamanan finansial adalah dengan melakukan investasi. Saat ini ada banyak jenis-jenis investasi yang bisa kita ambil. Melihat banyaknya jenis-jenis investasi kita sampai kesulitan untuk memutuskan jenis investasi yang akan kita ambil. Maka dari itu sebelum mengambil keputusan untuk melakukan investasi kita perlu mempelajari terlebih dahulu mengenai kelebihan maupun keuntungan dari masing-masing investasi. 

Inilah keuntungan investasi reksa dana

Nah jika kita memilih investasi reksadana, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang kita dapatkan:

1. Investasi dimulai dengan harga yang sangat terjangkau

Memulai investasi reksadana bisa dimulai dengan biaya 10.000. Dengan biaya awal yang cukup terjangkau kita tentu tidak takut jika akan mengalami kerugian. Selain itu dengan biaya yang cukup terjangkau kita akan lebih mudah pula untuk menyisihkan uang untuk melakukan investasi. Meskipun dana yang kita sisipkan nominalnya rendah tetapi jika dilakukan secara terus menerus maka hasilnya akan banyak juga.

2. Dana pengembalian besar

Menurut Bloomberg, sebuah situs bisnis ekonomi yang merilis perbandingan investasi reksadana dan investasi emas selam lima tahun. Hasilnya menyebutkan bahwa investasi reksadana obligasi memiliki dana pengembalian yang lebih tinggi beberapa persen dibandingkan investasi emas.

3. Mudah

Investasi reksadana cukup mudah, sebab kita tidak perlu banyak menghabiskan banyak waktu untuk mengurusi investasi yang kita lakukan. Sebab investasi ini akan dikelola oleh manager investasi. Jadi kita tinggal menunggu hasilnya. Tentu saja sebelum memilih manager investasi kita perlu mencari tahu terlebih dahulu track recordnya. Sehingga kita bisa memastikan bahwa perusahaan manager investasi yang kita pilih adalah terpercaya dan telah mendapatkan izin reami dari jasa keuangan.

4. Aman

Ketika kita menyetorkan dana investasi reksadana, dana tersebut tidak langsung dipegang oleh perusahaan manager investasi. Tetapi dana tersebut dititipkan pada rekening bank khusus yang dikenal dengan nama bank kustodian. Dengan demikian, kita tidak perlu khawatir jika dana kita akan hilang.

5. Risiko Bisa Diminimalisir

Investasi reksa dana dapat diinvestasikan ke dalam ratusan saham aatau obligasi yang biasa disebut "unit penyertaan. Dengan demikian secara tidak langsung  kita  mengurangi risiko investasi reksa dana. Sebab kita tidak hanya bergantung pada satu jenis investasi saja. Jadi, jika kita melakukan investasi reksa dana ke 30 perusahaan, lalu 5 diantaranya bangkrut. Maka kita masih bisa mendapatkan keuntungan dari 25 perusahaan lainnya.

6. Transparan

Investasi reksa dana akan dengan jelas memberikan informasi perkembangan investasi yang kita lakukan. Jadi kita bisa memantau keuntungan, biaya dan risiko setiap saat secara online. Di sini manajemen investasi sebagai pengelola reksa dana juga memiliki kewajiban untuk mengumumkan nilai aktiva bersih setiap hari di media cetak serta menerbitkan laporan keuangan dan juga prospektus yang dilakukan secara teratur.

7. Memiliki  Likuiditas Tinggi

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya. Jika perusahaan memiliki Likuiditas yang tinggi, maka tingkat kepercayaan perusahaan tersebut juga semakin tinggi. Sebab kemampuannya dalam membayar tanggung jawabnya juga semakin baik. Sehingga saat investor akan mencairkan kembali unit penyertanya bisa dicairkan sesuai dengan ketetapan yang buat oleh masing-masing reksadana.

8. Mudah Tersedia

Saat ini investasi reksa dana bisa dengan mudah kita beli, misalnya kita bisa langsung membelinya dari manajemen keuangan/perusahaan manajemen aset, atau juga dari agen-agen penjualan. Tetapi pastikan agen penjualan tersebut sudah bersertifikat dan memiliki sertifikat WAPERD/APERD dari OJK supaya investasi kita aman. 

Tips melakukan investasi reksa dana untuk pemula

Agar kita tidak mengalami kerugian, maka kita harus mengetahui cara investasi reksadana pasar uang yang menguntung untuk pemula. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar investasi reksa dana kita menguntungkan: 

1. Tentukan dulu platform investasi

Langkah pertama adalah menentukan dulu platform investasi reksa dana mana yang akan kita gunakan. Pilih platform reksadana online yang menjual beragam produk reksa fana dari banyak manager investasi, jadi banyak pilihannya. 

2. Pahami Macam-Macam Reksa Dana

Sebelum melakukan investasi reksa dana kita harus memahami terlihat dahulu macam-macam reksa dana. Misalnya reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran atau reksa dana saham. Masing-masing reksa dana harus kita pahami keuntungan dan kekurangannya supaya kita bisa memilih jenis reksa dana yang sesuai dengan keinginan kita

Reksa dana campuran mengalokasikan dananya di berbagai instrumen keuangan sekaligus, seperti deposito, surat utang (obligasi), pasar uang dan saham.

3. Tentukan waktu investasi

Jika kita membeli reksa dana untuk jangka waktu kurang dari setahun maka sebaiknya memilih reksa dana pasar uang. Sedangkan untuk investasi 1-3 tahun kita dapat memilih reksa dana pendapatan tetap. Untuk jangka waktu 3-5 tahun pilih reksadana campuran. Lalu untuk jangka waktu lebih dari 5 tahun pilih reksa dana saham. 

4. Langkah-langkah Investasi Reksa Dana

Jika ingin uang lebih aman dengan keuntungan yang terbatas, maka reksa dana pasar uang adalah jawabannya. Pendapatannya tetap dan terlindungi. Tetapi jika kita menginginkan keuntungan yang tinggi dan kita juga sanggup menerima risiko yang tinggi maka reksa dana campuran bisa menjadi pilihan. 

5. Pastikan Produk Reksa dana Ada Izin OJK

Untuk menghindari investasi bodong, pastikan dulu dan cek perizinan dari produk reksa dana yang akan kita beli. Reksa dana yang aman adalah yang memiliki izin dari OJK.  Tidak hanya produk reksadana yang harus memiliki izin tetapi manajemen investasi yang mengelola juga memiliki izin. 

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan supaya investasi reksadana kita mengalami keuntungan dan kerugian bisa diminimalisir. Selamat mencoba...

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar