Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tips Membeli Rumah Idaman

Posting Komentar
Sumber gambar : Pixabay.com

Siapa sih yang tidak ingin punya sendiri? Tentunya, banyak orang yang ingin punya rumah sendiri. Saat ini, rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal yang nyaman untuk keluarga tetapi memiliki rumah sendiri juga melambangkan kestabilan finansial dan keberhasilan dalam hidup. 

Ketika seseorang sudah memiliki rumah sendiri maka seseorang bisa menciptakan lingkungan nyaman yang sesuai dengan keinginan mereka dan preferensi pribadi mereka.

Memiliki rumah merupakan hal yang penting karena hal ini berkaitan dengan masa depan. Rumah tidak hanya untuk kita tempat tetapi atau investasi harapannya rumah tersebut bisa diwariskan kepada anak cucu. Maka dari itu perlu perencanaan yang matang agar keinginan tersebut bisa terwujud. 

7 Tips Membeli Rumah Idaman 

Bagi pemula biasanya memang suka kebingungan saat akan membeli rumah. Biar kalian tidak bingung dan punya gambaran apa yang harus kalian lalukan. Nah, berikut ini tips yang bisa kita lakukan sebelum membeli rumah agar kita bisa mendapatkan rumah idaman.

1. Tetapkan anggaran yang sesuai dengan kondisi finansial

Hal pertama yang kita lakukan sebelum membeli rumah adalah menentukan batas anggaran yang sesuai dengan kondisi keuangan kita. Hal ini penting kita lakukan agar kondisi keuangan kita tetap aman dan semua kebutuhan hidup tetap bisa terpenuhi. 

2. Cek harga pasaran di area tersebut

Untuk melihat harga pasaran di daerah yang akan kita beli, kita bisa melihatnya melalui iklan yang ada di agen properti  atau juga bertanya langsung kepada warga yang bertempat tinggal di wilayah tersebut. Setelah mengetahui harga permeter persegi, selanjutnya kita bisa mempertimbangkan berapa luas rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial.

3. Pilih lokasi yang strategis dan aman

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, kita perlu melihat apakah lokasinya strategis atau tidak. Usahakan lokasi yang kita pilih dekat dengan tempat kerja dan bisa diakses oleh semua alat transportasi. Untuk mengetahui ini, kita bisa melakukan survei langsung. 

Selanjutnya, pastikan keamanan lokasi tempat tinggal. Penting untuk menghindari daerah yang rentan terkena banjir atau tanah longsor.

Jika kawasan perumahan berada di zona banjir, ada risiko harga jual yang menurun di masa mendatang dan potensi kesulitan dalam menjualnya kembali. 

4. Pilih desain rumah yang sesuai keinginan

Ketika membeli rumah kita perlu mempertimbangkan desain rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Pastikan desain rumah yang kita pilih sesuai untuk semua anggota keluarga. Hal ini penting karena desain rumah yang sesuai dengan kebutuhan membuat kita semakin nyaman tinggal di dalamnya.

5. Lakukan penelitian untuk developer

Penelitian mengenai reputasi pengembang atau developer sangat penting dalam proses membeli rumah. Saat mempertimbangkan pembelian rumah pertama, penting untuk melakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai riwayat pengerjaan proyek rumah yang telah mereka kerjakan sebelumnya. Apakah developer ini reputasinya bagus dan bisa dipercaya atau malah sebaliknya. Hal ini penting untuk kita lakukan agar kita tidak tertipu oleh developer abal-abal. Untuk melihat reputasi developer kita bisa mencari informasinya melalui internet atau bisa bertanya langsung kepada orang-orang yang telah menggunakan jasanya.

6. Pastikan kelengkapan dokumen

Salah satu pertimbangan penting bagi calon pembeli sebelum membeli rumah adalah memeriksa dengan teliti kelengkapan dokumen dan legalitas rumah. Hal ini mencakup sertifikat kepemilikan, izin mendirikan bangunan (IMB), pajak bumi dan bangunan (PBB), serta skema pembayaran KPR sesuai ketentuan. Perlu di ingat jangan mudah tergoda oleh harga properti yang sangat murah.

Jika harga rumah semakin rendah, maka kita perlu melakukan penelitian yang mendalam. Takutnya ada sesuatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan.

Selanjutnya, pastikan rumah yang kita beli  memiliki dokumen jual-beli yang lengkap dan tidak terlibat sengketa. Oleh karena itu, penting untuk membaca dokumen dan surat-surat penting yang berasal dari penjual atau pengembang dengan teliti dan seksama.

7. Tentukan kredit perumahan yang sesuai dengan kondisi finansial

Ada dua cara membeli rumah yaitu secara kontan dan kredit. Jika kita membeli secara kredit maka kita harus memperhatikan pilihan program kredit perumahan (KPR) yang ditawarkan serta bank penyedianya.

Sebelum memilih program kredit perumahan yang ditawarkan ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan seperti seperti kelebihan program kredit perumahan yang ditawarkan, suku bunga, promo, dan penalti kredit perumahan dari berbagai bank. 

Untuk memudahkan penghitungan kredit perumahan dan mendapatkan gambaran mengenai besarnya angsuran, DP dan berbagai informasi penting mengenai kredit perumahan kita bisa menggunakan Mortgage Calculator UK.

Mortgage Calculator UK akan membantu kita untuk menentukan berapa besar kemampuan  kita untuk melakukan kredit kepemilikan rumah (KPR). Mortgage Calculator UK juga dapat  digunakan untuk membandingkan biaya, tingkat suku bunga pinjaman, jadwal pembayaran, atau membantu menghitung jangka waktu peminjaman misal dengan menambahkan jumlah uang muka. Saat ini Mortgage Calculator UK  memiliki banyak fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya salah satunya adalah https://www.mortgagecalculator.uk/affordability/

Cara menggunakan Mortgage Calculator UK juga sangat mudah. Kita cukup mengisi kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya tinggal klik enter atau calculat selanjutnya akan muncul angka hasil penghitungannya.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan sebelum membeli rumah. Semoga pembahasan tadi bermanfaat bagi teman-teman yang saat ini akan membeli rumah. Harapannya dengan tips tersebut kita bisa mendapatkan rumah yang tidak hanya sesuai dengan keinginan tetapi juga sesuai dengan kondisi keuangan.


Related Posts

Posting Komentar